foto: beningpost.com/paramuda

Muhammad Sholich Mubarok - BeningPost

Untuk memperingati hari Relawan Internasional, sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Relawan Indonesia Volunteers for Disaster Relief bersama Warga Bantaran Kali Ciliwung kawasan Kalibata-Kampung Melayu, Jakarta, Minggu (4/12) melakukan aksi membersihkan sampah yang mengendap di sepanjang Kali Ciliwung.

Aksi kemanusiaan ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Jakarta, khususnya yang berada di bantaran Kali Ciliwung untuk mengantisipasi adanya bencana langganan, yakni banjir.

"Relawan ini bertujuan untuk membantu juga untuk memberikan pemahaman serta kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan. Selain itu juga menegur pemerintah agar lebih fokus pada kinerjanya" tutur Joko Ardi, ketua pelaksana aksi membersihkan sampah.

Selain bersih-bersih, juga ada agenda menyusuri Kali Ciliwung menggunakan perahu karet. Sejauh pengamatan BeningPost, Kali Ciliwung masih tak ada perubahan seperti sebelumnya. Banyak sampah yang mengambang, menggantung di pohon, bahkan menggunung di pinggiran kali.

Maka tak ayal banjir selalu menjadi langganan tiap musim hujan tiba. Pemerintah Daerah dalam hal ini Fauzi Bowo pun kerap melakukan 'kunjungan' ke lokasi.

"Iya, Pak Fauzi selalu datang ke sini tiap kali ada banjir. Bahkan bisa dibilang rutin."ucap warga sekitar yang tak menyebutkan namanya.

Sejauh ini, kata laki-laki berusia lima puluhan itu, Foke hanya melakukan kunjungan saja.

Foke, begitu sapaan akrab Fauzi Bowo, belakangan berjanji siap menghadapi banjir, padahal banjir harus dicegah dan diatasi bukan dihadapi.