EDGE2, Fasilitas Pusat data 23 MW Resmi Beroperasi di Jantung Kota Jakarta

PT Ekagrata Data Gemilang ("EDGE DC"), penyedia pusat data (data center) terkemuka di Indonesia, hari ini meluncurkan fasilitas keduanya di pusat kota Jakarta, yang dikenal dengan nama EDGE2. Dilengkapi dengan teknologi canggih untuk memenuhi kebutuhan hyperscale dan Artificial Intelligence (AI) yang meningkat, layanan ini telah dirancang untuk menetapkan standar baru dalam konektivitas dan keberlanjutan di pusat data, dengan menghadirkan kapasitas infrastruktur data kritikal yang sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. EDGE DC adalah anak perusahaan dari PT Indointernet Tbk ("Indonet") dan merupakan perusahaan Digital Edge.

Intel Menghadirkan AI Everywhere di Seluruh Jaringan, Edge, dan Enterprise

Di MWC 2024, Intel mengumumkan platform, solusi, dan layanan baru yang mencakup jaringan dan edge AI, prosesor Intel® Core™ Ultra serta AI PC, dan banyak lagi. Di era di mana kemajuan teknologi merupakan bagian integral untuk tetap kompetitif, Intel menghadirkan produk dan solusi bagi pelanggan, mitra, dan ekosistemnya yang luas untuk memanfaatkan peluang yang muncul dari AI dan otomatisasi bawaan, guna meningkatkan total cost of ownership (TCO) dan efisiensi operasional, serta memberikan inovasi dan layanan baru.

Dengarkan Pengalaman Audio Cerdas nan Immersif dengan Pembaruan Terbaru dari Galaxy Buds Series

Galaxy S24 Series yang baru saja dirilis membuka berbagai kemungkinan baru untuk terhubung melintasi perbedaan budaya berkat terobosan dari Galaxy AI. Pengguna pun bisa mengatasi hambatan bahasa–semua berkat kehadiran on-device AI yang aman. Kini, lewat pembaruan terbaru, Galaxy Buds Series membuat fitur-fitur pintar tersebut jadi semakin seamless.

Hidden Features Galaxy A15 untuk Maksimalkan Harimu

Sebagai perangkat teknologi, smartphone menghadirkan banyak kemudahan dalam hidup penggunanya. Walaupun demikian, terkadang fitur-fitur yang kerap digunakan tak menggambarkan seluruh potensinya. Ada fitur-fitur yang seakan tersembunyi padahal dapat memaksimalkan aktivitas harian kita.  “Mulai dari meningkatkan daya baterai, nge-boost performa, sampai memudahkan kamu mencari informasi, Samsung Galaxy A15 menyimpan banyak potensi yang bisa kamu gali untuk memaksimalkan hari-harimu dengan prosesornya yang kuat, layar luas 6,5 inci Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz, dan baterai yang pasti awetnya. Smartphone ini memang dirancang dengan fitur yang pasti-pasti untuk menjadikan pengalaman digital kamu makin kekinian setiap hari,” kata Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia. 

Red Hat Developer Hub Kini Tersedia Secara Umum

Red Hat, Inc., penyedia solusi open source terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan ketersediaan umum Red Hat Developer Hub, internal developer platform (IDP) kelas enterprise berbasis Backstage, proyek open source Cloud Native Computing Foundation (CNCF). Dengan portal layanan mandiri, template software terstandarisasi, manajemen plug in yang dinamis, enterprise role based access control (RBAC), dan support premium, Red Hat Developer Hub memberikan tool dan kemampuan untuk mengatasi bottleneck DevOps kepada perusahaan, serta mengatasi masalah kompleksitas, kurangnya standarisasi, dan beban kognitif. Balaji Sivasubramanian, senior director, Developer Tools Product Management, Red Hat mengatakan, “Platform developer internal adalah tempat terbaik di mana pengetahuan domain dan praktik terbaik bersinggungan dengan tooling dan proses yang terstandarisasi, untuk meningkatkan pengalaman developer yang menghasilkan produktivitas lebih tinggi, time-to-market yang lebih cepat, dan jalur yang lebih efektif menuju inovasi. Red Hat Developer Hub memungkinkan perusahaan mengadopsi IDP dengan lebih cepat dan mengembangkannya di perusahaan dengan cara yang fleksibel, lebih aman, dan mendapatkan dukungan penuh.”

5 Ide Malam Mingguan Bareng Samsung The Freestyle 2.0

Ada banyak cara untuk menikmati kebersamaan dengan orang-orang terkasih dalam suasana yang romantis di malam minggu. Yang penting, bagaimana menciptakan suasana dan momentum yang membuat kamu dan pasangan tambah nyaman dan dekat. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah menikmati hiburan bersama. Aktivitas semacam ini dapat menciptakan momen-momen berharga dan meningkatkan kedekatan hubungan. Kalian bisa gunakan Samsung The Freestyle 2.0 untuk menciptakan momen-momen tersebut.

Sharp Rayakan Hari Jadinya ke-111 Tahun di Dunia Gelar Pameran Sharp Greenovation di Bandung

Sharp sebagai produsen elektronik dunia merayakan ulang tahun nya ke-111 tahun di dunia dengan menggelar serangkaian kegiatan, salah satunya adalah pameran Sharp Greenovation di Main Atrium Trans Studio Mall Bandung yang berlangsung dari tanggal 31 Januari – 4 Februari 2024. Mengangkat pesan pelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik, Sharp mengajak konsumen setianya untuk turut melakukan pelestarian lingkungan melalui penggunaan produk-produk elektronik yang ramah lingkungan dan konsisten dalam melakukan aksi menjaga lingkungan.

Exabytes Catat Kenaikan Pengguna WordPress Hingga 50%

Di tengah berkembangnya ragam CMS (content management system), WordPress masih memiliki daya tarik tersendiri bagi para pemilik website di Indonesia. Semangat komunitas yang erat di kalangan pengguna WordPress terlihat di event Web Challenge WordPress NextGen Jakarta 2024 yang diadakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada tanggal 27 Januari 2024 kemarin.

Tips Share Konten Pasti Estetik di IG Story dengan Galaxy A15 5G

Instagram adalah platform media sosial terfavorit nomor 2 di dunia setelah WhatsApp. Platform ini diakses oleh 2 miliar pengguna aktif setiap bulan, yang rata-rata menghabiskan waktu 12 jam setiap bulan. Di Indonesia, rata-rata pengguna menghabiskan waktu 14 jam 9 menit setiap bulan untuk mengakses Instagram. Dengan popularitasnya ini, Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang tepat untuk kamu yang senang berbagi cerita melalui konten. Apalagi, platform ini punya fitur IG story yang merupakan salah satu yang terpopuler. Rata-rata 500 juta pengguna Instagram menggunakan fitur ini setiap hari. 

ZTE, MASTEL, CIC, dan Telkom University Menandatangani MoU untuk Pengembangan Ekosistem Digital

ZTE Corporation (0763.HK / 000063.SZ), penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di dunia, telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan China Institute of Communications (CIC), Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), dan Telkom University dalam hal pengembangan ekosistem digital di Indonesia dan Tiongkok. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini menjadi rangkaian acara "Indonesia-China Cooperation for Digital Ecosystem Development" yang diselenggarakan di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Cisco Berbagi Lima Tren Bisnis dan Teknologi Terdepan yang akan Membentuk Indonesia di 2024

Ketersediaan tool generative AI untuk publik pada tahun 2023 telah menciptakan perhatian lebih besar terhadap peluang baru AI, yang akan semakin cepat di tahun baru ini.  Pasar generative AI di Indonesia diperkirakan akan mencapai US$212,6 juta pada 2023 dengan laju pertumbuhan tahunan sebesar 27%. Di tahun mendatang, perusahaan-perusahaan di Indonesia harus bisa menyertakan AI ke dalam organisasi mereka secara efektif, sekaligus menangkap peluang dari tren-tren baru lainnya untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka. 

Intel Core Ultra Memperluas AI PC ke Enterprise dengan Platform Intel vPro Baru

Hari ini di MWC 2024, Intel memperluas benefit AI PC bagi pelanggan komersial dengan platform Intel vPro® yang baru. Fitur-fitur yang ditingkatkan pada prosesor Intel® Core™ Ultra dan ketersediaan Intel® Arc™ GPU bawaan, serta prosesor 14th Gen Intel® Core™ akan mengantarkan enterprise, UKM, sektor publik termasuk pendidikan, serta edge, untuk merasakan pengalaman PC yang baru.

Riset CleverTap: Perusahaan eCommerce dengan Personalisasi Real-Time Memperoleh Pembelian 7x Lebih Banyak daripada yang Tidak

CleverTap, platform interaksi all-in-one, hari ini merilis hasil riset data-science industri mereka Navigating Personalization: A Balancing Act for eCommerce yang menunjukkan pentingnya strategi personalisasi yang disesuaikan di berbagai aplikasi e-commerce. Riset ini didasarkan pada analisis terperinci terhadap 500.000 pesan di 43 perusahaan e-commerce global. CleverTap mendapati bahwa perusahaan e-commerce yang memanfaatkan strategi personalisasi berbasis use-case mendapatkan pembelian 6X lebih banyak dibandingkan rata-rata industri ini, dan 7x lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan yang mengandalkan strategi personalisasi yang bersifat umum.

Lebih dari 70% Peritel Asia Pasifik Menghadapi Tantangan Penyusutan Stok

Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), penyedia solusi digital terdepan yang memungkinkan berbagai perusahaan menghubungkan data, aset dan manusia secara cerdas, hari ini mengumumkan temuan dari studi 16th Annual Global Shopper Study, yang menegaskan adanya tantangan omnichannel yang dialami oleh para peritel, terutama dalam mengelola retur barang secara online dan mengurangi penyusutan stok akibat pencurian, penipuan, dan faktor-faktor lainnya. Secara global, delapan dari 10 peritel setuju bahwa meminimalkan penipuan/penyusutan adalah tantangan yang besar (82%) dan kemampuan untuk memperkirakan kebutuhan atau demand sangat penting bagi perusahaan mereka (86%). Di Asia Pasifik, respon peritel masing-masing 74% dan 89%.

Cisco Luncurkan Motific, Memudahkan Perusahaan Menerapkan Generative AI

Cisco (NASDAQ: CSCO) hari ini mengumumkan Motific, produk SaaS pertama dari Cisco yang memudahkan perusahaan menerapkan generative AI (GenAI) yang dapat dipercaya dan sesuai standar. Sebagai produk dari Outshift, inkubasi bisnis Cisco, Motific memberikan pandangan sentral mengenai seluruh perjalanan GenAI. Produk ini akan memberdayakan tim IT dan keamanan di pusat untuk secara cepat menghadirkan kemampuan GenAI yang dapat dipercaya di seluruh perusahaan, yaitu mengontrol data sensitif, keamanan, AI yang bertanggung jawab, dan biaya.

Akamai Menghadirkan Komputasi Cloud di Jaringan Edge

Akamai Technologies (NASDAQ: AKAM), perusahaan cloud yang mendukung dan melindungi kehidupan online, hari ini mengumumkan rencana untuk menanamkan kemampuan komputasi cloud ke dalam jaringan edge masifnya. Generalized Edge Compute (Gecko) mempercepat strategi Akamai untuk menjadi platform komputasi cloud bagi perusahaan yang ingin memberikan pengalaman yang lebih baik dengan cara mendekatkan workload ke pengguna, perangkat, dan sumber data.

Samsung SmartExchange, Solusi Mudah Buang Sampah Elektronik

Sampah elektronik (e-waste) membutuhkan penanganan yang spesifik karena dapat mencemari dan membahayakan lingkungan apabila dibuang sembarangan. Di Indonesia, menurut laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, timbunan sampah elektronik mencapai 2 juta ton. Selain itu, membuang barang elektronik lama membutuhkan biaya dan usaha yang lebih, mengingat ukurannya yang cukup besar.  Sebagai wujud kontribusi dalam pelestarian lingkungan dan memberikan solusi nyata bagi konsumen yang ingin membuang atau menjual produk elektronik lama mereka, Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan SmartExchange.

Revolusi Teknologi Retail - Bagaimana Menghadirkan Pengalaman Terintegrasi Terbaik di Toko

Shobhan Lakkapragada, Senior Director of Product Management, Edge Computing, Red Hat mengungkapkan bahwa tahun 2024 telah tiba dan keriuhan holiday shopping sudah kita lewati. Apakah Anda berhasil membeli semua kado sebelum musim libur tiba, atau Anda adalah tipe yang belanja di detik-detik terakhir, saya yakin ada beberapa pesan yang Anda ingin sampaikan kepada para peretail agar pengalaman berbelanja Anda lebih lancar lagi. Apakah pengalaman berbelanja di dalam toko kacau? Apakah Anda bisa menggunakan layanan self-checkout? Apakah ada pilihan untuk berbelanja online dan pengambilan di toko yang menyediakan informasi inventori terbaru? Ini adalah pertanyaan yang kita tanyakan kepada diri sendiri sebagai pembelanja, namun bagaimana para peretail mewujudkannya?

Cisco Beri Dampak Positif bagi Masyarakat Global

Cisco berhasil mewujudkan misinya setahun lebih cepat dari target untuk membawa perubahan nyata dan signifikan bagi kehidupan masyarakat global. Dengan kolaborasi era tantara SDM dan teknologi yang dimiliki, Cisco mampu memberikan masa depan yang inklusif bagi satu miliar orang di seluruh dunia. Pada tahun 2016, Direktur Utama dan CEO Cisco Chuck Robbins berjanji agar Cisco dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan satu miliar orang pada tahun 2025. Hari ini, Cisco telah mencapai misi besar tersebut.

Mengantisipasi Peningkatan Serangan Siber Berbasis AI pada 2024

Trend Micro Incorporated (TYO: 4704; TSE: 4704), pemimpin keamanan siber global, dalam laporan terbarunya mengenai Critical Scalability: Trend Micro Security memperingatkan bahwa generative AI (GenAI) berpotensi menjadi alat yang digunakan para pelaku kejahatan siber untuk meningkatkan serangan siber pada tahun 2024. Salah satu yang diprediksi oleh laporan tersebut adalah kemungkinan terjadinya ‘tsunami’ taktik social engineering yang canggih dan pencurian identitas yang menggunakan GenAI tersebut.

Tinjauan Cloudera Mengenai Data Privacy Day 2024

Dalam sebuah tulisannya, Sherlie Karnidta, Regional Vice President, Cloudera for Indonesia menjelaskan bahwa kecerdasan Buatan Generatif (Generative Artificial Intelligence) telah menjadi berita utama di tahun 2023 ketika perusahaan-perusahaan berlomba-lomba untuk menerapkan teknologi tersebut. Di Indonesia, AI diperkirakan akan memberikan kontribusi sebesar US$366 miliar terhadap perekonomian di tahun 2030. Hal ini bersamaan dengan upaya pemerintah yang secara aktif mendorong pemanfaatan teknologi disruptif, seperti AI dan Internet of Things, di seluruh industri. Upaya ini akan mendorong pertumbuhan transformasi digital dan mencapai 

Tren dan Prediksi Red Hat Asia Pasifik untuk 2024

Inilah saatnya ketika kita berharap memiliki bola kristal untuk melihat masa depan di tahun 2024. Dunia sudah terpikat oleh perbincangan mengenai kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), ChatGPT, dan banyaknya kemajuan teknologi pada 2023. “Ini seharusnya tidak dilihat sebagai tantangan namun peluang untuk membuka berbagai kemungkinan besar yang dibawa teknologi baru tersebut,” ujar Vony Tjiu, Country Manager, Indonesia, Red Hat.


Ibrahim, Orang Dianggap “Gila” yang Jadi Nabi

Hartono Kohar, Penyuka Ziarah Kubur

Nabi Ibrahim dikenal sebagai bapaknya tiga agama Samawi: Islam, Kristen dan Judaism, maklum pembawa ketiga agama tesebut adalah keturunan nabi Ibrahim. Islam yang diterima Nabi Muhammad SAW adalah keturunan Nabi Ismail, anaknya Ibrahim lewat istrinya Siti Hajar yang konon seorang budak wanita berkulit hitam, sementara Kristiani dan Judaism diterima oleh keturunan Ibrahim lewat istrinya Siti Sarah yang seorang wanita bangsawan cantik berkulit bersih. Jangan heran, kalau sebagian penganut Kristiani dan Judaism merasa mereka lebih tinggi dan memandang rendah kaum muslimin mengingat Nabi mereka lahir dari istri Nabi Ibrahim yang seorang bangsawan.

 

Jill Abramson

Agar Menang, Clinton Harus Meniru Jiwa Perjuangan Sanders

Jill Abramson, Kolumnis politik untuk media `The Guardian`, Editor senior di `New York Times`

Apa yang Bernie Sanders perjuangkan? Selain pidato inspiratif, seorang calon presiden Amerika Serikat (AS) harus memiliki rencana kebijakan dan program kerja yang jelas. Namun, pada suatu pertemuan dengan dewan redaksi New York Daily News, Sanders tidak dapat menjelaskan rencana kebijakannya secara spesifik dan jelas, tanpa membuat negara bangkrut.


Mengapa New York Penting bagi Sanders dan Clinton?

Clinton telah memenangkan lebih banyak negara bagian, mayoritas suara, dan delegasi, namun Sanders memiliki momentum. Sanders memenangkan 7 dari 8 pemilihan pendahuluan terakhir, termasuk pemilihan pendahuluan Wisconsin dan kaukus Wyoming pekan lalu. Namun, pemilihan pendahuluan New York tanggal 19 April dan serangkaian negara bagian lainnya pada 26 April memberikan kesempatan bagi Clinton untuk mengubah wacana, baik secara praktis maupun psikologis.

Jeremy W. Peters

Pemilih Biasa Merasa Tersisihkan oleh `Superdelegate`

Jeremy W. Peters, Koresponden kanal kampanye Pilpres 2016 untuk The New York Times

Selama bertahun-tahun, baik Partai Demokrat maupun Republik telah menggunakan proses berbelit untuk memilih calon presiden, proses yang hanya melibatkan pemilih biasa secara tidak langsung. Ketika rakyat Amerika berbondong-bondong memilih kandidat dari luar partai, gerakan ini dibatasi oleh aturan main partai, dan mereka disadarkan dengan realitas. Kebingungan dan kemarahan mereka menambah kerentanan pemilihan umum atas tuntutan keadilan dan kesetaraan.

 


Tekanan Donald Trump terhadap Imigran akan Menjadi Bumerang

Bakal calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, telah mengemukakan detil rencana pembangunan tembok perbatasan antara AS dan Meksiko, jika ia menjadi Presiden AS. Trump menyampaikan, Meksiko harus membayar $5-10 millar untuk pembangunan tersebut, jika tidak, Trump berencana untuk memblokir pengiriman uang tenaga kerja Meksiko ke negara asalnya.

Nick Gass

Sanders Kalahkan Clinton di Wisconsin, Apakah Berpengaruh?

Nick Gass, Penulis di portal berita Politico.com

Bernie Sanders menang telak di pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Wisconsin, hari Selasa (05/04) lalu, yang merupakan kemenangan ketujuh dari delapan pertarungan melawan Hillary Clinton menuju pertarungan penentu di New York pada 19 April nanti. Kemenangan Sanders dalam dua minggu berturut-turut ini berperan penting untuk membuktikan bahwa ia bisa menjadi ancaman serius bagi Clinton sampai konvensi Partai Demokrat pada bulan Juli di Philadelphia.


Apakah Sanders bisa Mengejar 988 Suara Lagi untuk Memenangkan Nominasi Partai Demokrat?

Setelah kemenangan besar berturut-turut di Washington, Alaska, dan Hawaii pada Sabtu lalu—hari terbaik sepanjang masa kampanyenya—Bernie Sanders mempersempit margin dengan Hillary Clonton. Namun, Sanders masih memiliki pekerjaan rumah yang panjang. Sanders membutuh 988 suara lagi—hampir 57% untuk memenangkan mayoritas suara pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Christina Wilkie

Kartu As Donald Trump untuk Fox News

Christina Wilkie , Wartawan politik, The Huffington Post

Ketika bakal calon presiden Partai Republik Donald Trump menyerang Fox News dan pembawa beritanya, Megyn Kelly, musim panas lalu, banyak pengamat politik melihat manuver tersebut sebagai awal kampanye Trump. Mengapa orang yang mengejar nominasi presiden dari Partai Republik menyerang jaringan media yang memiliki pengaruh besar terhadap elektorat Partai Republik?

 

Dadang Kusnandar

Bukan Buih

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

SETIAP lembaga/ organisasi/ institusi pasti ada saatnya untuk memperbarui kepengurusan/ kepemimpinannya sesuai dengan AD/ART masing-masing. Pembaruan kepengurusan secara regular itu menandakan bahwa lembaga tersebut melaksanakan mekanisme kepengurusannya dengan baik. Sebaliknya jika kepengurusan suatu lembaga tidak berubah, konstan, atau tetap diisi wajah-wajah lama, mempertahankan status quo --maka lembaga tersebut mengalami stagnasi serta gagal dalam hal kaderisasi kepengurusan. Tidak terkecuali lembaga agama seumpama Muhammadiyah. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Cirebon 2010-2015 telah berakhir masa baktinya pada Sabtu 19 Maret 2016 dan Minggu 20 Maret 2016  menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di SMK Muhammadiyah Kota Cirebon di Jl. Syarif Abdurahman (dulu bernama Jl. Bahagia). 

Dadang Kusnandar

Gaduh

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

Presiden Joko Widodo disarankan untuk mengambil langkah yang bijak untuk meredam kegaduhan di kabinet. Tak perlu langsung menindak semua pihak, Jokowi harus lebih dulu menentukan mana menteri yang sebenarnya salah. Jangan sampai kegaduhan berakhir begitu saja, ya sudah yang penting diam. Atau semua yang ribut diganti, tapi perlu dicari siapa yang benar siapa yang salah, kata Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pereira awal Maret 2016 yang baru lalu.