www.beningpost.com

Keppel Land Limited (Keppel Land), melalui anak usahanya, PT Sukses Manis Indonesia, menandatangani perjanjian dengan perusahaan pengembang properti terkemuka di Indonesia, PT Metropolitan Land Tbk (Metland), untuk mengembangkan proyek perumahan seluas 12 hektar di kawasan Metland Menteng di Jakarta Timur, Indonesia.

Keppel Land dan Metland masing-masing akan memiliki 50% kepemilikan dari kerja sama operasi yang akan menghasilkansekitar 500 unit rumah dengan ruko pendukung. Kontribusi dari kedua pengembang ini meliputi total biaya pengembangan proyek yang diperkirakan mencapai Rp 1.2 triliun. Keduanya akan mengelola proyek tersebut bersama dan mengembangkannya secara bertahap. 

Kesepakatan ini merupakan lanjutan dari Perjanjian Kerja Sama Keseluruhan yang telah ditandatangani sebelumnya oleh Keppel Land dan Metland untuk berkolaborasi dalam bagian dari proyek-proyek perumahan yang dimiliki dan dikelola Metland di Jabodetabek. Proyek ini juga menandai kerjasama kedua antara Keppel Land dan Metland setelah The Riviera at Puri, sebuah kawasan pemukiman tepi sungai di Tangerang dengan 500 unit rumah. Proyek tersebut mendapat respon positif, dengan hampir 90% dari unit yang dibangun terjual pada akhir November 2018.

Goh York Lin, President (Indonesia) Keppel Land  mengungkapkan, “Indonesia merupakan salah satu pasar utama bagi Keppel Land dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan keberadaan kami di negara ini dengan berfokus pada kawasan Jabodetabek. Kami percaya Indonesia, dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil, peningkatan urbanisasi dan pertumbuhan kelas menengah yang terus meningkat, akan terus menciptakan permintaan perumahan berkualitas tinggi.”

“Dengan memanfaatkan jaringan luas dan pemahaman mendalam Metland mengenai pasar properti lokal, serta pengalaman di kancah internasional dan pelaksanaan yang sangat baik oleh Keppel Land, kami yakin pengembangan proyek baru ini akan sangat menarik bagi konsumen yang mencari perumahan dengan lokasi strategis dan rancangan yang baik, serta bagi para investor yang mencari investasi yang menguntungkan.”

Thomas J. Angfendy, Presiden Direktur Metland mengatakan, “Kami sangat antusias dengan kian eratnya kemitraan bersama  Keppel Land khususnya untuk proyek perumahan kedua ini. Pembangunan yang akan datang ini berlokasi strategis dengan kemudahan akses ke kawasan pusat bisnis Jakarta dan fasilitas umum lainnya seperti rumah sakit dan sekolah, serta berbagai fasilitas gaya hidup lainnya.”

Lokasi pemukiman ini terletak di daerah hunian yang aman dengan adanya beberapa pembangunan perumahan lainnya. Para penghuni perumahan ini nantinya akan menikmati banyak fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, rumah makan, dan fasilitas rekreasi lainnya seperti AEON Mall, Carrefour, Giant dan juga IKEA yang akan dibangun. Sekolah-sekolah bereputasi baik seperti Global Mandiri dan Santo Yoseph, dan fasilitas layanan kesehatan seperti rumah sakit Mayapada dan Citra Harapan terletak di sekitar lokasi perumahan.

Kawasan ini juga memiliki kemudahan akses menuju pusat kota Jakarta melalui tol Jakarta Outer Ring Road, yang gerbang terdekatnya hanya berjarak dua kilometer. Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga hanya berjarak 60 menit berkendara melalui Jalan Tol Tanjung Priok. Selain itu, kawasan ini juga dekat dengan akses menuju ruas tol Dalam Kota Timur-Baratyang saat ini sedang dibangun dan stasiun Mass Rapid Transit Ujung Menteng. 

Seluruh transaksi di atas tersebut tidak berdampak pada asset dan laba dari Saham Keppel Corporation Limited untuk tahun berjalan.

(rr/DZ)