foto: beningpost.com/paramuda

M. Nasruddin - BeningPost

Lembaga legislatif di banyak negara kerap menjadi ‘duri’ bagi kemajuan negara. Tidak mengherankan jika tingkat kepercayaan dan dukungan publik terhadap lembaga ini seringkali sangat rendah.

Di Amerika Serikat, misalnya, tingkat dukungan publik tertinggi terhadap kongres yang merupakan lembaga legislatif dalam 120 poling yang dilakukan ABC News sejak 1988 dan oleh Gallup sejak 1974 hanya mencapai sekitar 38%.

Sementara itu, berdasarkan poling-poling yang dihimpun oleh Real Clear Politics, dukungan publik AS terhadap kongres AS saat ini hanya 13%. Menurut ABC News, ini merupakan tingkat dukungan publik paling rendah dalam hampir 40 tahun terakhir!

Penyebab utamanya, menurut ABC News, adalah sikap partisan dari para anggota kongres, terutama dari partai Republik sebagai partai oposisi, yang membuat banyak inisiatif pemerintah untuk memperbaiki perekonomian AS tidak jalan.

Bagaimana dengan Indonesia? BeningPost tidak bisa memperoleh angka  dukungan publik terhadap lembaga legislatif yang up to date. Tapi dengan pekerjaan  mereka yang berkutat di sekitar politisasi kasus (Century, KPK), mark up proyek (mulai dari mega proyek seperti pembangunan gedung DPR baru hingga proyek ‘recehan’ seperti WC DPR) dan berbagai skandal yang mendera para wakil rakyat ini, BeningPost berani memberi nilai merah (1-4) kepada lembaga yang mengaku mewakili aspirasi rakyat ini  dan bertekad untuk mengajak masyarakat untuk tidak memilih kembali para wakil rakyat bermasalah. Kalaupun terpilih kembali, biarlah mereka ‘re-elected with disgrace’ karena hanya diuntungkan oleh nomor urut atas tanpa dukungan publik yang kongkret.

Sebagai langkah kongkret, Beningpost mangajak pembaca tercinta untuk membuat ‘Daftar Anggota DPR yang Tidak Layak Dipilih Kembali’di Facebook. Pembaca yang beruntung akan mendapat satu unit Netbook Lenovo IdeaPad S100 dan 10 voucher nonton di Satin Class , Blitz Megaplex Grand Indonesia.

Caranya:

1.       Sebutkan anggota DPR RI yang bermasalah  dan asal partai politiknya di komentar lomba ini di Facebook BeningPost

2.       Sebutkan masalah yang melibatkan anggota DPR bersangkutan (harus up to date berdasarkan pemberitaan di media, bukan dari ‘bisik-bisik tetangga’)

3.       Setiap peserta hanya boleh menyebutkan satu nama (biar kesempatan untuk menang sama untuk seluruh pembaca) dan nama yang sudah dipilih tidak boleh dipilih ulang.

4.       Seluruh nama anggota DPR dalam daftar akan dikocok sehingga diperoleh 6 nama.

5.       Ke-6 pembaca yang mengusulkan nama tersebut menjadi kandidat pemenang utama

6.       Ke-6 nama tersebut dikocok ulang untuk mendapat 1 pemenang hadiah utama berupa satu unit netbook Lenovo IdeaPad S100

7.       Ke-5 peserta sisanya masing-masing akan memperoleh 2 voucher nonton di Satin Class – Blitz Megaplex Grand Indonesia. Untuk pemenang di luar Jakarta, voucher nonton akan diganti dengan uang tunai yang akan ditransfer ke rekening yang bersangkutan.

8.       Keputusan juri Beningpost tidak bisa diganggu gugat.

9.       Batas keikusertaan tanggal 14 Februari 2012 dan pengumuman tanggal 21 Februari 2012.

 

Jadi silakan ajukan nama-nama anggota DPR yang layak digusur Untuk Indonesia yang Lebih Baik!