www.beningpost.com

Hari ini di Computex, Intel mengungkapkan teknologi dan arsitektur termutakhir, yang dipersiapkan untuk mengakselerasi ekosistem AI secara luar biasa – mulai dari pusat data, cloud dan jaringan, hingga edge dan PC.

Dengan kekuatan pemrosesan yang lebih besar, efisiensi daya yang luar biasa, dan total cost of ownership (TCO) yang rendah, pelanggan kini bisa menangkap peluang dari sistem AI yang lengkap.

“AI sedang mendorong salah satu era inovasi yang paling penting dalam industri,” kata CEO Intel, Pat Gelsinger. “Keajaiban silikon sekali lagi menghadirkan kemajuan yang luar biasa dalam komputasi, yang akan mendorong batas-batas potensi manusia dan kekuatan ekonomi global dalam tahun-tahun mendatang.”

Gelsinger melanjutkan, “Intel adalah satu-satunya perusahaan di dunia yang berinovasi di seluruh spektrum penuh peluang pasar AI – mulai dari manufaktur semikonduktor hingga PC, jaringan, edge dan sistem pusat data. Platform Xeon, Gaudi dan Core Ultra terbaru kami, digabungkan dengan kekuatan ekosistem hardware dan software kami, menyediakan solusi yang fleksibel, aman, berkelanjutan dan hemat biaya yang dibutuhkan pelanggan untuk memaksimalkan peluang sangat besar di masa yang akan datang.”

Intel Menghadirkan AI Everywhere

Saat menyampaikan paparannya di Computex, Gelsinger menyoroti manfaat dari standar terbuka dan ekosistem kuat Intel dalam membantu mempercepat peluang AI. Dia bersama dengan tokoh terkemuka dan perusahaan terdepan dalam industri yang menyuarakan dukungan mereka, di antaranya Acer Chairman & CEO Jason Chen; ASUS Chairman Jonney Shih; Microsoft Chairman & CEO Satya Nadella; dan President Inventec Jack Tsai.

Gelsinger dan yang lainnya menyampaikan dengan jelas bahwa Intel sedang merevolusi inovasi AI dan menyediakan teknologi generasi berikutnya dengan lebih cepat. Hanya dalam enam bulan, perusahaan sudah bergerak dari peluncuran prosesor 5th Gen Intel® Xeon®, hingga memperkenalkan anggota pertama keluarga Xeon 6; dari memberikan pra-tinjau Gaudi AI accelerator, hingga menawarkan pelanggan enterprise pelatihan dan sistem inferensi AI generatif (GenAI) yang hemat biaya dan berperforma tinggi; dan memelopori era AI PC dengan prosesor Intel® Core™ Ultra ke lebih dari 8 juta perangkat, hingga mengungkapkan arsitektur client yang akan datang yang dijadwalkan untuk diluncurkan akhir tahun ini. 

Dengan pengembangan ini, Intel mempercepat eksekusi sekaligus mendorong batas inovasi dan kecepatan produksi untuk mendemokratisasi AI dan mengkatalisasi industri.

Memodernisasi Pusat Data untuk AI: Prosesor Intel Xeon 6 Meningkatkan Performa dan Efisiensi Daya untuk Beban Kerja Densitas Tinggi dan Berskala Besar

Ketika transformasi digital berakselerasi, perusahaan menghadapi tekanan besar untuk memperbarui sistem pusat data mereka yang lama demi menghemat biaya, meraih target keberlanjutan, memaksimalkan lantai fisik dan ruang rak, dan menciptakan kemampuan digital baru di seluruh perusahaan.

Seluruh platform Xeon 6 dan lini produk prosesor dikembangkan dengan tujuan untuk mengatasi tantangan tersebut, memanfaatkan SKU E-core (Efficient-core) dan P-core (Performance-core) yang memenuhi kebutuhan berbagai kasus penggunaan dan beban kerja, mulai dari AI dan kebutuhan komputasi performa tinggi lainnya untuk mengembangkan aplikasi cloud-native. Baik E-cores dan P-cores dibangun pada arsitektur yang kompatibel dengan software stack yang sama dan ekosistem vendor hardware dan software yang terbuka.

Prosesor Xeon 6 pertama yang diluncurkan adalah Intel Xeon 6 E-core (kode nama Sierra Forest), yang tersedia mulai hari ini. Xeon 6 P-cores (kode nama Granite Rapids) diharapkan akan dirilis kuartal depan.

Dengan densitas core tinggi dan performa per watt yang luar biasa, Intel Xeon 6 E-core memberikan komputasi yang efisien dengan biaya daya yang jauh lebih rendah. Performa yang lebih baik dan efisiensi daya yang meningkat ini sangat sesuai untuk beban kerja yang paling demanding dengan densitas tinggi dan dalam berskala besar, termasuk aplikasi cloud native dan content delivery network, network microservices, dan layanan digital konsumen.

Selain itu, Xeon 6 E-core memiliki keuntungan berupa densitas yang sangat besar, memungkinkan rack-level consolidation 3-to-1, yang memberikan pelanggan rack-level performance hingga 4,2x dan performa per watt hingga 2,6x saat dibandingkan dengan prosesor 2nd Gen Intel® Xeon® pada beban kerja media transcode.1 Menggunakan daya dan ruang rak yang lebih sedikit, prosesor Xeon 6 membebaskan kapasitas komputasi dan infrastruktur untuk proyek AI yang baru dan inovatif.  

Menghadirkan GenAI Berperforma Tinggi dengan Total Cost yang Jauh Lebih Rendah dengan Intel Gaudi AI Accelerator

Saat ini, pemanfaatan kekuatan AI generatif menjadi semakin cepat dan lebih terjangkau. Sebagai pilihan infrastruktur yang dominan, x86 beroperasi pada skala besar di hampir semua jenis pusat data, berfungsi sebagai fondasi untuk mengintegrasikan kekuatan AI sekaligus memastikan interoperabilitas yang hemat biaya, dan memberikan manfaat besar dari ekosistem terbuka untuk pengembang dan pelanggan.

Prosesor Intel Xeon adalah head node CPU yang ideal untuk beban kerja AI dan beroperasi dalam satu sistem dengan Intel Gaudi AI accelerator, yang didesain khusus untuk beban kerja AI. Bersama, keduanya menawarkan solusi yang powerful, yang dengan mulus terintegrasi ke dalam infrastruktur yang sudah ada.

Sebagai satu-satunya alternatif benchmark MLPerf untuk Nvidia H100 untuk pelatihan dan inferensi large language models (LLM), arsitektur Gaudi memberikan performa GenAI yang dicari pelanggan dengan keuntungan price-performance yang memberikan pilihan dan waktu deployment yang cepat dengan total biaya operasional yang lebih rendah.

AI kit standar termasuk 8 Intel Gaudi 2 accelerator dengan universal baseboard (UBB) yang ditawarkan kepada penyedia sistem pada harga US$65.000, diperkirakan hanya sepertiga dari harga platform kompetitor yang sejenis. Satu kit dengan 8 akselerator Intel Gaudi 3 dengan UBB memiliki harga US$125.000, diperkirakan dua pertiga dari harga platform kompetitor yang sebanding. 

Akselerator Intel Gaudi 3 akan memberikan peningkatan performa yang signifikan untuk tugas-tugas pelatihan dan inferensi pada model GenAI terkemuka, membantu enterprise meraih value dari data proprietary mereka. Intel Gaudi 3 di cluster 8.192-accelerator diperkirakan menawarkan lebih dari 40% time-to-train lebih cepat versus cluster Nvidia H100 GPU yang setara dan throughput pelatihan yang 15% lebih cepat untuk cluster 64-accelerator versus Nvidia H100 pada model Llama2-70B. Selain itu, Intel Gaudi 3 diperkirakan menawarkan rata-rata inferencing 2x lebih cepat versus Nvidia H100, yang menjalankan LLM populer seperti Llama-70B dan Mistral-7B.

Untuk menjadikan sistem AI ini tersedia luas, Intel berkolaborasi dengan setidaknya 10 global system provider terkemuka, termasuk enam provider baru yang sudah mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan Intel Gaudi 3 ke pasar. Kolaborator baru hari ini meliputi Asus, Foxconn, Gigabyte, Inventec, Quanta, dan Wistron, memperluas penawaran produksi dari system provider terdepan yaitu Dell, Hewlett-Packard Enterprise, Lenovo, dan Supermicro.

Mengakselerasi AI pada perangkat untuk laptop PC; Arsitektur Baru Memberikan 3x Komputasi AI dan Efisiensi Daya yang Luar Biasa

Selain pusat data, Intel memperluas jejak AI-nya di edge dan PC. Dengan lebih dari 90.000 pemasangan di edge dan 200 juta CPU yang dikirimkan ke ekosistem, Intel telah melayani enterprise selama beberapa dekade.

Hari ini, kategori AI PC sedang mengembangkan setiap aspek pengalaman komputasi, dan Intel berada di garis depan momen penciptaan kategori ini. Ini bukan lagi tentang kecepatan pemrosesan atau desain yang lebih ramping, namun tentang menciptakan perangkat edge yang mampu belajar dan berevolusi secara real time – mengantisipasi kebutuhan pengguna, beradaptasi dengan preferensi mereka dan menandai era baru produktivitas, efisiensi, dan kreativitas.

AI PC diproyeksikan mencapai 80% dari pasar PC hingga 2028, menurut Boston Consulting Group. Sebagai respons, Intel sudah bergerak cepat dengan menciptakan platform hardware dan software terbaik untuk AI PC, memungkinkan lebih dari 100 independent software vendors (ISVs), 300 fitur dan mendukung 500 model AI di seluruh platform Core Ultra.

Dikembangkan dengan manfaat yang tidak tertandingi, Intel hari ini mengungkapkan detail arsitektur Lunar Lake – prosesor flagship untuk AI PC generasi berikutnya. Dengan lompatan besar dalam grafis dan kekuatan pemrosesan AI, dan fokus pada performa komputasi yang hemat daya untuk segmen thin-and-light, Lunar Lake akan memberikan daya SoC yang 40% lebih rendah dan komputasi AI lebih dari 3 kali. Prosesor ini diharapkan akan dikirimkan pada kuartal ketiga 2024, bersamaan dengan musim belanja liburan.

Arsitektur baru Lunar Lake akan memungkinkan:

  • Performance-cores (P-cores) dan Efficient-cores (E-cores) baru yang memberikan performa yang signifikan dan peningkatan dalam efisiensi energi.
  • Neural processing unit (NPU) Intel generasi keempat dengan performa AI yang mencapai hingga 48 tera-operations per second (TOPS). NPU yang powerful ini memberikan hingga 4x komputasi AI dibandingkan generasi sebelumnya, sesuai dengan peningkatan pada AI generatif.
  • Desain GPU baru, dengan nama kode Battlemage, menggabungkan dua inovasi baru: Xe2 GPU cores untuk grafis dan Xe Matrix Extension (XMX) array untuk AI. Xe2 GPU cores meningkatkan performa gaming dan grafis sebesar 1,5x dibandingkan generasi sebelumnya, sementara XMX arrays terbaru memungkinkan AI accelerator kedua dengan performa hingga 67 TOPS untuk throughput yang luar biasa dalam penciptaan konten AI.
  • Island rendah daya termutakhir, sebuah cluster komputasi baru, dan inovasi Intel yang menangani background dan tugas produktivitas dengan efisiensi yang besar, memungkinkan daya baterai laptop yang luar biasa.

Ketika yang lain baru bersiap untuk memasuki pasar AI PC, Intel sudah melakukan pengiriman dalam skala besar, mengirimkan lebih banyak prosesor AI PC selama kuartal pertama 2024 dibandingkan semua kompetitor. Lunar Lake siap mendukung lebih dari 80 desain AI PC yang berbeda-beda dari 20 original equipment manufacturers (OEMs). Intel memperkirakan akan mengirimkan lebih dari 40 juta prosesor Core Ultra ke pasar tahun ini.

Seperti yang pernah diucapkan Gordon Moore, “Whatever has been done, can be outdone,” dan Intel menjadi pelopor dari upaya mengejar kemajuan tanpa henti ini. Dengan client, edge, pusat data dan cloud dalam skala global, ekosistem yang kuat berdasarkan standar terbuka, dan solusi yang kuat serta hemat biaya, Intel tidak hanya mendukung AI di mana saja tapi sekaligus membentuk masa depannya. Pengumuman hari ini bukan hanya tentang lompatan teknologi, namun undangan bagi pelanggan dan mitra untuk menangkap peluang-peluang baru ini dan mempelopori era selanjutnya dari inovasi mereka sendiri.

Forward-Looking Statements

Rilis ini berisi pernyataan berwawasan ke depan yang melibatkan sejumlah risiko dan ketidakpastian, termasuk yang berkaitan dengan roadmap produk Intel dan penjualan serta daya saing produk yang diantisipasi, serta pertumbuhan yang diperkirakan dan tren di pasar yang relevan dengan bisnis Intel.

Pernyataan tersebut melibatkan banyak risiko dan ketidakpastian yang dapat menyebabkan hasil aktual kami berbeda secara material dari yang dinyatakan atau tersirat, termasuk yang terkait dengan:

  • tingkat persaingan yang tinggi dan perubahan teknologi yang cepat dalam industri kami;
  • investasi jangka panjang yang signifikan dan berisiko yang kami lakukan untuk fasilitas R&D dan manufaktur yang mungkin tidak menghasilkan keuntungan yang menguntungkan;
  • kompleksitas dan ketidakpastian dalam mengembangkan dan menerapkan produk semikonduktor baru dan teknologi proses manufaktur;
  • kemampuan kami untuk menentukan waktu dan skala investasi modal kami dengan tepat dan berhasil mengamankan pengaturan pembiayaan alternatif dan hibah pemerintah yang menguntungkan;
  • menerapkan strategi bisnis baru dan berinvestasi dalam bisnis dan teknologi baru;
  • perubahan permintaan akan produk kami;
  • kondisi ekonomi makro dan ketegangan serta konflik geopolitik, termasuk ketegangan geopolitik dan perdagangan antara AS dan China, dampak perang Rusia terhadap Ukraina, ketegangan dan konflik yang memengaruhi Israel dan Timur Tengah, dan meningkatnya ketegangan antara China daratan dan Taiwan;
  • pasar yang terus berkembang untuk produk dengan kemampuan AI;
  • rantai pasokan global kami yang kompleks, termasuk dari gangguan, penundaan, ketegangan dan konflik perdagangan, atau kekurangan;
  • cacat produk, ralat, dan masalah produk lainnya, terutama saat kami mengembangkan produk generasi berikutnya dan menerapkan teknologi proses manufaktur generasi berikutnya;
  • potensi kerentanan keamanan dalam produk kami;
  • ancaman keamanan siber dan risiko privasi yang semakin meningkat dan berkembang;
  • risiko IP termasuk yang terkait litigasi dan proses regulasi;
  • kebutuhan untuk menarik, mempertahankan, dan memotivasi talenta utama;
  • transaksi dan investasi strategis;
  • risiko terkait penjualan, termasuk konsentrasi pelanggan dan pemanfaatan distributor dan pihak ketiga lainnya;
  • pengembalian modal kami yang berkurang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir;
  • kewajiban utang kami dan kemampuan kami untuk mengakses sumber modal;
  • undang-undang dan peraturan yang kompleks dan terus berkembang di banyak yurisdiksi;
  • fluktuasi nilai tukar mata uang;
  • perubahan tarif pajak efektif kami;
  • peristiwa bencana;
  • peraturan terkait lingkungan, kesehatan, keselamatan, dan produk;
  • inisiatif dan persyaratan hukum baru kami terkait masalah tanggung jawab perusahaan; dan
  • risiko dan ketidakpastian lain yang dijelaskan dalam rilis ini, Formulir 10-K 2023 kami, dan pengajuan kami lainnya kepada SEC.

Mengingat risiko dan ketidakpastian ini, para pembaca diperingatkan untuk tidak terlalu bergantung pada pernyataan berwawasan ke depan tersebut. Para pembaca disarankan untuk meninjau dan mempertimbangkan dengan teliti berbagai pernyataan yang dibuat dalam rilis ini dan dalam dokumen lain yang kami ajukan dari waktu ke waktu kepada SEC yang mengungkapkan risiko dan ketidakpastian yang dapat memengaruhi bisnis kami.

Kecuali jika dinyatakan sebaliknya secara khusus, pernyataan berwawasan ke depan dalam rilis ini didasarkan pada ekspektasi manajemen pada tanggal rilis ini, kecuali tanggal yang lebih awal ditetapkan, termasuk ekspektasi berdasarkan informasi dan proyeksi dari pihak ketiga yang menurut manajemen memiliki reputasi baik. Kami tidak berkewajiban, dan secara tegas menolak kewajiban apa pun, untuk memperbarui pernyataan tersebut, baik sebagai hasil dari informasi baru, perkembangan baru, atau lainnya, kecuali sejauh pernyataan yang diwajibkan oleh hukum.

(rr/Syam)