www.beningpost.com

Intel hari ini (4/9) meluncurkan jajaran prosesor x86 yang paling efisien yang pernah ada, yaitu prosesor Intel® Core™ Ultra 200V series.

Seri ini memberikan performa yang luar biasa, terobosan dalam efisiensi daya x86, lompatan besar dalam performa grafis, kompatibilitas aplikasi tanpa kompromi, keamanan yang ditingkatkan, dan komputasi AI tanpa tandingan.

Teknologi ini akan menghidupkan AI PC terlengkap dan tercerdas dalam industri, dengan lebih dari 80 desain konsumen dari lebih dari 20 mitra manufaktur top dunia, termasuk Acer, ASUS, Dell Technologies, HP, Lenovo, LG, MSI dan Samsung.

Pre-order dimulai hari ini (9/4) dengan sistem yang tersedia secara global on-shelf dan online di lebih dari 30 retailer global mulai 24 September. Semua desain yang menampilkan prosesor Intel Core Ultra 200V series dan menjalankan versi terbaru Windows berhak mendapatkan fitur Copilot+ PC sebagai update gratis mulai bulan November.

“Prosesor Intel Core Ultra terbaru menetapkan standar industri untuk performa mobile AI dan grafis, dan menghilangkan miskonsepsi mengenai efisiensi x86. Hanya Intel yang memiliki skala tersebut melalui kemitraan kami dengan para ISV dan OEM, dan ekosistem teknologi yang lebih luas, untuk memberikan konsumen pengalaman AI PC tanpa kompromi,” ujar Michelle Johnston Holthaus, Intel executive vice president dan general manager, Client Computing Group.

Konsumen hari ini semakin banyak menciptakan, menghubungkan, bermain, dan belajar saat dalam perjalanan. Mereka membutuhkan sistem yang menawarkan performa luar biasa, durasi baterai tahan lama, kompatibilitas aplikasi tanpa kompromi, dan keamanan yang lebih baik – dan yang bisa memanfaatkan hardware AI berkat pemberdayaan software yang luas.

Prosesor Intel Core Ultra 200V series didesain dengan mempertimbangkan semua hal tersebut, terdepan dalam konsumsi daya yang rendah untuk AI PC dengan daya yang lebih rendah hingga 50%, hingga total 120 platform TOPS (tera operations per second) di seluruh central processing unit (CPU), graphic processing unit (GPU), dan neural processing unit (NPU), untuk menyediakan pengalaman AI yang paling kompatibel dan berkinerja tinggi.

NPU generasi keempat hingga 4x lebih powerful dibandingkan generasi sebelumnya dan ideal untuk menjalankan beban kerja AI secara berkelanjutan tapi tetap efisien dalam konsumsi daya. Platform TOPS yang terdepan di industri ini diaktifkan di lebih dari 300 fitur terakselerasi AI, yang dimungkinkan melalui kerja sama Intel dengan lebih dari 100 integrated software vendors (ISVs) dan pengembang sebagai bagian dari AI PC Acceleration Program.

Prosesor terbaru ini memberikan performa yang efisien dan mengesankan melalui penyempurnaan pengelolaan daya, Performance-core (P-core) yang sepenuhnya didesain ulang untuk dioptimalkan pada performa per power per area. Dan Efficient-cores (E-cores) Intel yang paling kuat saat ini, bisa memuat lebih banyak beban kerja tetapi performanya tetap sejuk dan senyap.

Prosesor Intel Core Ultra 200V series menandai debut Xe2 graphics microarchitecture baru dari Intel yang memberikan lompatan yang signifikan dalam performa grafis mobile dengan peningkatan performa rata-rata sebesar 30%. Intel® Arc™ GPU bawaan dilengkapi dengan delapan 2nd Gen Xe-cores, delapan ray tracing units yang ditingkatkan, dukungan untuk hingga tiga monitor 4K dan mesin Intel® Xe Matrix Extensions (Intel® XMX) AI bawaan baru dengan hingga 67 TOPS, untuk mendukung aplikasi kreatif dan mendorong performa gaming berkat kernel XeSS yang ditingkatkan.

AI PC yang hebat, pertama dan yang terpenting, haruslah PC yang luar biasa. Prosesor Intel Core Ultra 200V series merupakan penopang produktivitas dengan peningkatan performa per thread hingga 3x dan performa puncak hingga 80%, yang luar biasa ini merepresentasikan evolusi selanjutnya dari AI PC.

Melalui kemitraan dengan ISV terkemuka, dukungan ekosistem luas, dan lebih dari 500 model AI yang optimal, PC yang ditenagai prosesor Intel Core Ultra terbaru ini akan memberdayakan pengguna untuk memanfaatkan semua yang bisa ditawarkan oleh AI. Dengan sejumlah mesin AI berkinerja tinggi, prosesor baru ini memberikan:  

  • Kreasi Konten:
  • Kerja yang lebih cepat dengan secara otomatis mendeteksi perubahan dalam scene video untuk penyuntingan video yang lebih mudah dan lebih cepat.
  • Mengembangkan kreativitas Anda dengan menghasilkan vektor yang mengesankan dan raster art dengan perintah teks.
  • Keamanan:

o   Verifikasi jika video online sudah diubah dengan deteksi deep-fake AI lokal.

o   Melindungi data pribadi yang disimpan di PC dengan pemindaian AI, mengidentifikasi dan mengamankan file penting dari aplikasi dan pengguna berbahaya.

  • Produktivitas:

o   Menghemat waktu dengan merekam presentasi video satu kali, tanpa melakukan perekaman kembali dengan menghasilkan audio baru dan video dengan dialog baru.

  • Gaming:

o   Meningkatkan performa frame per detik dan meningkatkan pengalaman gaming dengan menggunakan AI untuk menghasilkan gambar upscaled berkualitas tinggi. 

Tentang Intel® Evo™ Edition yang ditenagai oleh Prosesor Intel Core Ultra Terbaru: Sebagian besar desain dengan prosesor Intel Core Ultra 200V series merupakan laptop Intel Evo Edition, dirancang bersama dengan para mitra Intel dan melalui pengujian yang ketat untuk memberikan pengalaman AI PC terbaik.

Dengan menggabungkan teknologi platform utama dan optimasi sistem, laptop-laptop ini dirancang untuk membantu mengurangi lag, meminimalkan distraksi dan mengurangi ketergantungan pada pengisi daya baterai – sehingga memastikan pengalaman yang luar biasa dari mana saja. Baru di tahun ini, desain Intel Evo harus memenuhi metrik yang ditingkatkan untuk performa yang lebih sejuk dan lebih senyap.  

Fitur-fitur di antaranya:

  • Performa yang lebih sejuk, lebih senyap dan responsif dalam desain yang ultra tipis.
  • Durasi baterai yang benar-benar panjang.
  • Keamanan bawaan yang membantu mencegah serangan malware dan meminimalkan kerentanan.
  • Grafis Intel® Arc™ bawaan untuk gameplay yang lebih cepat dan lebih mulus, bahkan saat dalam perjalanan.
  • Konektivitas secepat kilat dengan Intel® Wi-Fi 7 (5 Gig).
  • Kemampuan untuk menghubungkan PC ke beberapa monitor, mentransfer file dan mengisi daya PC dengan Thunderbolt Share.
  • Pengaktifan secara instan dan pengisian daya cepat.
  • Standar keberlanjutan tertinggi dengan sertifikasi EPEAT Gold.

Apa Selanjutnya: Perangkat konsumen didukung oleh prosesor Intel Core Ultra 200V series tersedia untuk pre-order mulai hari ini. Sedangkan perangkat komersial yang dibangun di platform Intel vPro® tersedia pada awal tahun depan.

(rr/Syam)