www.beningpost.com

Perusahaan pengembang YestarLand (PT Yestar Karya Utama) pada hari Rabu (31/8) secara resmi meluncurkan dimulainya pembangunan proyek kawasan niaga terpadu “Superblok Cilegon Center”di Cilegon, Banten.

Proyek superblok ini diperkirakan akan menelan investasi hingga Rp1 triliun terdiri dari mall, hotel, apartemen, ruko, pusat kesehatan dan sekolah. 

Peresmian ditandai dengan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan mall “Cilegon Center Mall” yang dilakukan oleh Walikota Cilegon Tubagus Iman Aryadi, Executive Chairman Yestar International James Hartono, Komisaris PT Yestar Karya UtamaNelly Chandra, Presiden Direktur PT Yestar Karya Utama Rico Hartono dan Direktur PT Yestar Karya Utama Sutiono T.

“Superblok Cilegon Center” dibangun dengan konsep mixed use, yaitu sebuah kawasanyang terintegrasi antara residential, komersil, dan ruang publik. Keberadaan”Superblok Cilegon Center”  akan menjadi kawasan mandiri yang pertama dan satu-satunya di kota Cilegon saat ini.

Proyek Kawasan Niaga Terpadu seluas 7 Ha dan berlokasi di Jl Ahmad Yani Km3, Cilegon, Banten ini merupakan proyek pertama Yestar Land, yang rencananya akan terdiri dari mall, hotel, apartemen, ruko, sekolah dan medical center (pusat kesehatan).

Tubagus Iman Aryadi menyambut baik kehadiran pihak swasta seperti Yestar Land dalam turut serta mengembangkan pembangunan infrastruktur khususnya dalam memenuhi kebutuhan akan hunian residential dan komersial yang semakin meningkat di kota Cilegon.

“Kami harapkan kehadiran proyek superblok Cilegon Center ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Cilegon,” tambahnya.

Sementara Rico Hartono menjelaskan, SuperblokCilegon Center adalah  solusi bagi kebutuhan  akan sarana residential dan komersial yang sangat tinggi di Cilegon, diantaranya termasuk memenuhi kebutuhan para ekspatriat yang bekerja di kawasan industri di Cilegon.  

“Terinspirasi oleh semboyan kota Cilegon yaitu “Cilegon Mandiri”, maka kami menghadirkan sebuah kawasan yang memiliki banyak fungsi dalam satu lokasi yaitu Superblok Cilegon Center,” ujar Rico Hartono dalam siaran persnya kepada BeningPost.com, di Jakarta, Jumat (2/9).

Rico Hartono berharap Cilegon Center dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Cilegon di masa mendatang. Karena kami menilai bahwa Cilegon adalah kota yang sangat potensial dengan pertumbuhan ekonomi dan penduduk yang baik.”

Sebagai langkah awal, YestarLand melakukan pembangunan Cilegon Center Mall yang akan berdiri di atas lahan seluas 2 Ha. Mall yang akan memiliki luas 59.525 m2 dan terdiri dari 6 lantai ini akan mengusung konsep Green Architecture.

“Kami harapkan seluruh proyek akan selesai dalam waktu 5 – 7 tahun. Dan kami yakin bahwa Superblok Cilegon Center akan menjadi kawasan yang nyaman dan memiliki nilai investasi tinggi,” jelasnya.

Sementara Sutiono memaparkan, pembangunan mall diharapkan dapat selesai dalam waktu 18 bulan ke depan.

Menurut Sutiono, pihaknya telah mengadakan pembicaraan yang mendalam dengan salah satu peritel terbesar di Indonesia untuk menjadi anchor tenant kami. Adapun beberapa anchor tenant yang telah siap bergabung saat ini adalah Cinema XXI, Fun World dan Food Hall.

Pada tahun ini, pihak Yestar Land telah mulai memasarkan ritel mall kepada beebrapa tenant dengan cara sewa. Selain itu, proyek ruko pun telah mulai dipasarkan dengan cara jual langsung kepada calon konsumennya. 

Nantinya, setelah proyek mall selesai maka akan dilanjutkan dengan pembangunan proyek ruko, apartemen dan fasilitas lainnya seperti pusat kesehatan dan sekolah.

(rr/Syam)