www.twitter.com

Gelandang Real Madrid James Rodriguez menemukan sentuhannya bersama timnas Kolombia dalam ajang Copa America Centenario di Amerika Serikat.

Ia menjadi motor bagi keberhasilan Kolombia menembus perempat final lebih dini di ajang yang memperingati 100 tahun penyelenggaraan Copa America.

Kemenangan di dua laga pertama Grup A telah membuat Rodriguez dkk menjadi pemuncak klasemen grup itu sekaligus merebut satu tiket ke fase gugur.

Inilah untuk kali pertama, timnas Kolombia berhasil meraih kemenangan dalam dua pertandingan pertama sejak 2004 silam.

Rodriguez pun memiliki andil lewat gol-gol dan assist-nya untuk dua kemenangan tersebut.

Seperti dilansir CNNIndonesia, pada pertandingan terakhir, melawan Paraguay di Rose Bowl, Pasadena, Kolombia menang 2-1. Kemenangan itu didapat lewat assist dan gol Rodriguez.

Buah sepak pojoknya pada menit ke-12 berhasil dimanfaatkan Carlos Bacca untuk mencetak gol ke gawang Paraguay. Rodriguez kemudian berhasil mencetak gol setelah merebut bola liar di dalam kotak penalti Paraguay pada menit ke-30.

Tak hanya itu, seperti dilansir Opta Javier, bintang yang kehilangan tempat di Real Madrid sejak ditukangi Zinedine Zidane itu pun menjadi pemain yang paling banyak mengontrol bola dalam laga Kolombia versus Paraguay.

Ia tercatat melakukan 73 kali kontrol bola dalam pertandingan tersebut. Dan, tentu saja, golnya ke gawang Paraguay menempatkan Rodriguez ke lima besar topskor untuk timnas Kolombia.

Rodriguez kini telah mencetak 16 gol untuk timnas Kolombia. Ia berada di bawah Radamel Falcao (25), Arnoldo Iguaran (25), Faustino Asprilla (20), dan Freddy Rincon (17).

(rr/DZ)