www.total-sports.info

Orangtua Zlatan Ibrahimovic berasal dari negeri pecahan Yugoslavia. Ayahnya dari Bosnia, sedangkan sang ibu dari Kroasia. Artinya Ibra dapat saja memperkuat salah satu dari dua timnas tersebut, selain membela Swedia, yang merupakan negeri kelahirannya.

Ada berita unik pada 1999 saat Zlatan masih junior dan berusia 17 tahun. Timnas Bosnia-Herzegovina menutup pintu buatnya. Dianggap belum qualified, Ibra malah disuruh memperkuat tim lapis dua alias tim B.

Namun, kabar ini dibantah oleh yang bersangkutan. Dalam wawancara dengan harian Swedia, Expressen, ia berkata, “Aku hanya pernah ke Bosnia sekali, bersama ayahku, ketika masih berumur delapan tahun. Saat jadi pemain junior, seseorang dari Federasi Sepakbola Bosnia menanyakan apakah aku mau ikut tur dengan tim remaja. Aku tak punya keinginan untuk itu. Lagipula aku sudah memperkuat Tim U-18 Swedia. Aku lahir dan dibesarkan di Swedia. Ini rumahku.”

Anehnya, di kesempatan lain, ia bilang ingin berkostum Bosnia-Herzegovina. Dalam sebuah wawancara dengan sebuah surat kabar Bosnia pada 2003, Ibra menyatakan, “Aku punya paspor Swedia dan berdarah Bosnia. Sudah pasti Swedia takkan mengizinkan, namun andaikata aku boleh memilih, aku tentu akan bermain untuk Bosnia-Herzegovina.”

(rr/BolaN)