www.beningpost.com

Seperti yang kita ketahui kecepatan berkendara di jalan tol telah diatur oleh pemerintah, khususnya tertuang dalam UU No. 22 Tahun 2009 pasal 21 ayat 4 yaitu batas kecepatan paling rendah 60 Km/Jam sampai tertinggi 100 Km/Jam, tentunya aturan  ini dibuat bertujuan untuk keselamatan pengguna jalan tol, sehingga pengemudi wajib mentaatinya.

Namun tidak memungkiri mempertahankan kecepatan dan menjaga jarak dengan kendaraan lain menjadi tantangan tersendiri terutama bagi pengemudi pemula. Kecepatan kendaraan yang umumnya lebih tinggi dibandingkan jalan biasa sering kali membuat mereka merasa cemas atau tidak nyaman.

Hyundai Gowa sebagai diler pilihan pelanggan untuk membeli dan perawatan kendaraan Hyundai memahami kondisi ini dan memberikan tips mudah agar pengendara di jalan tol dapat berkendara dengan   nyaman dan aman. Berikut tips berkendara di jalan tol dari Hyundai Gowa:

#1.  Berkendara dengan Tenang

Saat berada di jalan tol, penting bagi pengemudi untuk tetap tenang dan mengontrol emosi. Walau jalanan lengang jangan terpancing untuk memacu kendaraan dengan kecepatan maksimal/ melampaui batas, tentunya mengingat kendaraan dalam kecepatan tinggi lebih beresiko untuk dapat dikontrol bila mendadak ada situasi/hambatan yang tidak diinginkan seperti kendaraan lain yang mogok atau terdapat batu/ceceran tanah di jalan tol.

Tetap waspada terutama ketika harus berpindah jalur. Sebelum memotong jalan, pastikan untuk selalu menyalakan lampu sein dan menghindari penurunan kecepatan secara tiba-tiba. Selalu periksa kondisi di sekitar Anda dengan melihat spion guna memastikan bahwa jalur aman untuk dilalui. Perlu diingat jalur sebelah kanan adalah untuk kendaraan dengan kecepatan yang lebih tinggi atau untuk menyalip.

#2.  Berikan Tanda Lampu Sein Saat Berpindah Jalur

Perhatikan selalu lampu isyarat saat akan berpindah jalur. Semua mobil pasti memiliki kecepatan tinggi, sehingga Anda harus berhati-hati saat akan berpindah jalur. Jika berpindah jalur, maka pastikan jarak dengan mobil depan dan belakang sudah aman. Perhatikan juga mobil-mobil yang berasal dari samping kiri atau kanan, jangan sampai Anda berpindah jalur saat masih ada mobil lain di bagian samping.

#3.  Perhatikan Jarak Antar Kendaraan

Menjaga jarak yang cukup antara kendaraan Anda dan kendaraan lain, baik di depan maupun di belakang, adalah kunci penting untuk keselamatan berkendara di jalan tol. Idealnya, jarak antara kendaraan adalah sekitar 10 hingga 20 meter, atau Anda dapat mengikuti aturan 3 detik sebagai selisih waktu antara mobil Anda dan kendaraan di depan.

Khusus untuk pengemudi Hyundai Santa Fe, tidak perlu repot memikirkan hal ini karena memiliki Fitur Highway Driving Assist sebagai inovasi canggih yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra saat berkendara di jalan tol.  Dengan teknologi ini, pengemudi tidak hanya terbantu dalam mendeteksi kendaraan di jalur depan, tetapi juga dalam menjaga jarak aman dari kendaraan lain, mempertahankan kecepatan yang telah ditetapkan, serta memastikan kendaraan tetap berada di tengah jalur.

Fitur ini menjadi solusi ideal bagi mereka yang menginginkan pengalaman berkendara yang lebih tenang dan bebas stres di jalan tol/bebas hambatan. Highway Driving Assist akan beroperasi saat memasuki dan mengemudi di jalur utama di jalan tol (atau jalan bebas hambatan). Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan fitur lainnya yaitu Lane Following Assist dan Smart Cruise Control dalam keadaan aktif.  Setelah Highway Driving Assist aktif, fitur ini akan mengeluarkan suara peringatan jika terdapat kendaraan di depan jaraknya cukup dekat.

“Keselamatan berkendara menjadi prioritas utama. Hyundai Gowa memahami apa yang menjadi kebutuhan utama pelanggan, karenanya memiliki Hyundai Santa Fe jadi salah satu solusi dimana lengkap fitur keamanan dan kenyamanannya. Misalnya fitur Highway Driving Assist yang dapat membantu pelanggan mengemudi dengan aman dan nyaman di jalan tol. Anda dapat memiliki Santa Fe dengan mudah dan memilih beragam program angsuran ringan maupun promo yang Hyundai Gowa berikan. Segera booking test drive di www.hyundaigowa.com dan rasakan langsung kenyamanan dan ketangguhannya” ucap Ferry, Chief Operation Officer PT Gowa Modern Motor (Hyundai Gowa)

Hyundai Gowa merupakan diler resmi Hyundai dengan jaringan terluas di Indonesia. Sesuai dengan slogan "Your First Choice", Hyundai Gowa berkomitmen memberikan kenyamanan dan kemudahan melalui layanan bengkel resmi yang memenuhi standar Hyundai Indonesia.

(rr/Syam)