www.beningpost.com

Cloudera, satu-satunya platform true hybrid untuk data, analitik dan AI, hari ini meluncurkan Cloudera Private Link Network untuk mengatasi kekhawatiran terkait keamanan data yang sangat sensitif dan privasi di perusahaan yang highly-regulated dengan kebijakan keamanan data internal yang ketat.

Cloudera Private Link Network menyediakan konektivitas privat dari beban kerja pelanggan ke Cloudera Control Plane, memastikan data tidak menyeberang ke internet publik.

Perusahaan dalam industri keuangan, layanan kesehatan, dan farmasi seringkali menghadapi tantangan privasi karena provider kerap tidak bisa menjamin bahwa trafik antara tenant, bahkan di dalam cloud yang sama, tidak akan menyeberang ke Internet dan berisiko kebocoran data. Cloudera Private Link Network membantu memecahkan tantangan ini dengan menyediakan layanan konektivitas privat lintas cloud yang terpadu, memungkinkan enterprise mengelola beban kerja yang padat data di berbagai lingkungan cloud secara aman melalui jaringan tunggal dan khusus.

Cloudera Private Link Network mengintegrasikan seluruh penyedia cloud utama dengan memanfaatkan layanan penyedia cloud yang ada seperti AWS PrivateLink dan Azure Private Link serta infrastruktur jaringan lainnya seperti konektivitas multi-cloud. Pengaturan ini memperluas transfer data yang aman di beberapa lingkungan cloud, supaya selalu konsisten dalam keamanan dan pengelolaan yang lebih mudah. Pelanggan dapat secara efisien melayani diri sendiri dan menyediakan layanan menggunakan Cloudera Command Line Interface.

“Cloudera Private Link Network dikembangkan secara khusus dan dikelola oleh Cloudera dengan tujuan untuk menjawab masalah privasi dan konektivitas di enterprise. Dengan menyerahkan pengelolaan Private Link Network kepada Cloudera, akan menurunkan TCO (total biaya kepemilikan) untuk perusahaan Anda dan membebaskan sumber daya berharga, memungkinkan Anda untuk fokus pada inisiatif bisnis yang strategis,” kata Dipto Chakravarty, Chief Product Officer, Cloudera.

“Dengan mengelola integritas data dan kepercayaan di seluruh arsitektur, kami membantu enterprise melindungi data sensitif pelanggan mereka,” ujar Dipto Chakravarty.

“Saat perusahaan beralih ke model lintas cloud, mereka berharap bisa secara drastis mengurangi kerumitan konfigurasi multi platform sampai ke titik di mana mereka seharusnya hanya menentukan endpoint private link network antara control plane dan data plane mereka,” kata analis industri, Sanjeev Mohan.

Sanjeev Mohan mengatakan, Private Link Network membantu enterprise melindungi data mereka dengan lebih efektif dan dengan mudah memanfaatkan cloud yang berbeda untuk mengurangi total biaya kepemilikan. Kemajuan ini semakin mengukuhkan Cloudera sebagai pemimpin dalam menyediakan konektivitas lintas cloud yang aman untuk manajemen metadata.

“Industri keuangan di Indonesia berada di posisi ketiga target serangan siber tahun 2023. Beberapa insiden serangan siber dan kebocoran data di perusahaan keuangan menunjukkan betapa rentan infrastruktur data perusahaan-perusahaan ini. Penggunaan Cloudera Private Link Network akan membantu perusahaan mengelola beban kerja padat data di lingkungan multi cloud melalui jaringan privat yang sangat aman, sehingga menghindari risiko kebocoran data yang tidak perlu,” kata Sherlie Karnidta, Country Manager, Cloudera Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana Cloudera Private Link Network menjawab kebutuhan yang semakin besar akan konektivitas data privat yang aman di seluruh lingkungan multi cloud yang semakin kompleks, kunjungi blog terbaru kami.

(rr/Syam)