www.beningpost.com

Melakukan perjalanan ke Malaysia, ternyata tidak cukup satu kali bagi masyarakat Indonesia. Peringkat Return Visitor terbaru dari Agoda mengungkapkan bahwa 89% wisatawan Indonesia melakukan perjalanan kembali ke destinasi favorit mereka.

Peringkat tersebut disusun dari survei yang dilakukan oleh platform Agoda awal bulan ini, dimana Malaysia, Jepang, dan Thailand menjadi destinasi tiga teratas yang ingin dikunjungi kembali oleh para wisatawan, diikuti Arab Saudi dan Singapura.

Survei peringkat Return Visitor dilakukan melalui platform Agoda antara tanggal 1 dan 19 Agustus 2024, dengan lebih dari 4.000 peserta dari 10 pasar. Pasar tersebut meliputi Indonesia, India, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. 

Agoda mensurvei wisatawan yang baru saja melakukan pemesanan perjalanan ke destinasi favorit mereka. Sebagian besar responden Indonesia (40%) menyebutkan petualangan sebagai tujuan utama perjalanan selanjutnya. 29% ingin berkumpul dengan keluarga/teman, sedangkan 18% memilih makanan sebagai alasan utama perjalanan mereka.

Dalam satu dekade terakhir, sebanyak 57% wisatawan telah mengunjungi destinasi favorit mereka sebanyak 1-3 kali , merupakan kelompok terbesar dari pengunjung yang kembali. Bahkan 16% wisatawan telah mengunjungi destinasi favorit mereka sebanyak sepuluh kali atau lebih.

Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda untuk Indonesia mengatakan, “Saat ada wisatawan yang memilih perjalanan keliling dunia sebagai rutinitas, ada yang menemukan kebahagiaan dengan mengunjungi kembali destinasi favorit mereka. Peringkat Return Visitor Agoda menunjukkan bahwa bagi wisatawan Indonesia, negara Malaysia, Jepang, dan Thailand lebih dari sekadar destinasi, namun pengalaman yang ingin dialami kembali oleh mereka. Agoda bangga memfasilitasi perjalanan ini, menawarkan berbagai akomodasi, penerbangan, dan aktivitas untuk membuat setiap perjalanan menyenangkan, baik itu yang pertama atau yang kesepuluh."

Saat ditanya apa yang membuat Malaysia, Jepang, dan Thailand begitu menarik, hampir separuh responden Indonesia memilih "Kemudahan Perjalanan" (51%) sebagai alasan utama. Kuliner lokal (48%) berada di posisi kedua, diikuti keamanan dan kebersihan (35%), lokasi yang strategis (34%), dan peluang berbelanja (32%) melengkapi lima alasan teratas.

Jika melihat data survei dari perspektif Asia, terlihat bahwa Jepang, Thailand dan Vietnam merupakan destinasi yang paling diminati oleh para wisatawan Asia. Sebanyak 44% wisatawan menyebutkan “Kemudahan Perjalanan” sebagai alasan utama untuk kembali ke destinasi favorit mereka.

(rr/Syam)