www.beningpost.com

Bigo Live, platform live streaming global terkemuka, memperkenalkan pembaruan (refresh) menyeluruh pada aplikasi dengan langkah penyaringan konten yang lebih ketat untuk meningkatkan pengalaman pengguna di Indonesia.

Pembaruan ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Bigo Live untuk menyediakan platform dan komunitas online yang aman dan bermartabat bagi masyarakat Indonesia.

Pembaruan ini mencakup penghapusan lebih dari 40.000 konten tidak senonoh dan 50.000 akun yang tidak mengikuti panduan komunitas aplikasi sejak awal 2024.

Hal ini juga melibatkan pengetatan moderasi Bigo Live untuk mengakhiri dan memerangi iklan click-bait, berita palsu, konten iklan yang tidak akurat atau tidak tepat, serta konten-konten yang tidak selaras dengan budaya setempat.

Selain itu, Bigo Live telah menerapkan tindakan pencegahan yang lebih ketat terhadap penyalahgunaan dan pengelolaan platform yang tidak tepat, karena Bigo Live terus berupaya menciptakan lingkungan digital yang hijau dan bersih untuk meningkatkan pengalaman pengguna bagi semua orang.

Spokesperson Bigo Live mengatakan, "Pembaruan aplikasi ini merupakan bagian dari upaya proaktif kami yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa semua konten di Bigo Live aman dan bermartabat. Kami telah meningkatkan upaya untuk menghilangkan segala bentuk konten yang tidak diinginkan, termasuk konten-konten yang tidak selaras dengan budaya setempat, yang tidak diizinkan dan tidak pernah diizinkan di platform kami.

"Bigo Live memiliki kebijakan tidak pernah mentoleransi segala konten sensitif atau menyinggung pengguna kami dan masyarakat yang lebih luas di setiap negara tempat kami beroperasi. Kami sangat memperhatikan masalah-masalah ini untuk memastikan pengalaman pengguna yang lancar. Dengan menggabungkan sistem deteksi kami dan tim moderasi, kami dapat menangani masalah-masalah ini secara efektif, cepat, dan tepat, sehingga kami dapat menghapus konten dan perilaku berbahaya untuk melindungi masyarakat"

Bigo Live selalu bekerja sama dan terus bekerjama secara penuh dengan Pemerintah Indonesia untuk menyediakan platform bagi masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang untuk bersatu, berbagi kreativitas dan bakat, serta menyebarkan kegembiraan dan hal positif. Pada tahun 2019, Bigo Live bermitra dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) untuk membantu upaya pemantauan dunia siber di berbagai platform media sosial.

Kebijakan Tanpa Toleransi

Bigo Live adalah platform untuk pengalaman yang aman, inklusif, dan terbuka, serta memiliki kebijakan tanpa toleransi terhadap konten-konten sensitif atau menyinggung di platformnya. Platform live streaming ini menjalankan proses-proses yang ketat untuk mempertahankan dan melindungi keamanan dan keselamatan semua penggunanya.

Setiap harinya, Bigo Live menghapus lebih dari satu juta konten dan perilaku yang berpotensi berbahaya dan melanggar panduan komunitas di Indonesia. Secara global, Bigo Live menghapus jutaan paket data (gambar, video, teks) dengan akurasi 99,5% dan menghapusnya dalam waktu 60 detik, mencegah puluhan juta konten berbahaya dari ditonton.

Platform live streaming ini memanfaatkan kombinasi teknologi dan sumber daya manusia untuk menghapus lebih dari 99% konten ilegal dan menyinggung sebelum terdeteksi oleh pengguna. Selain penyaringan konten yang ditingkatkan, Bigo Live terus melindungi komunitas Indonesia dengan menyediakan moderator tambahan yang berbahasa Indonesia yang memantau platform selama 24 jam.

Bigo Live bekerjasama dengan tim yang kuat, meliputi para ilmuwan dan insinyur AI untuk mengembangkan dan memelihara Sistem Manajemen Konten (CMS) berbasis AI khusus (proprietary AI). Hal ini menjadi tulang punggung sistem moderasi konten mereka. Fitur-fitur AI mencakup pengenalan gambar, pengenalan wajah, kecerdasan video, dan pemrosesan suara.

Teknologi khusus ini memiliki kemampuan untuk meninjau secara otomatis lebih dari 300 juta paket data (gambar, video, teks) untuk mendeteksi konten yang tidak sesuai dengan akurasi 99,5%, dan menghapusnya dalam waktu 60 detik. CMS memiliki library yang berisi lebih dari 200.000 kata kunci negatif yang membantu mendeteksi dan menghapus konten dan perilaku berbahaya, seperti ujaran kebencian, serta memblokir pengguna.

CMS ini juga dibangun dengan algoritma machine learning yang terus belajar saat memproses jutaan data untuk mendeteksi dan memberikan hukuman kepada pelanggar dengan akurat.

Pengguna juga diberdayakan dengan alat pelaporan online untuk melaporkan konten dan perilaku yang berbahaya, mencurigakan, atau tidak sesuai. Kecepatan konten yang ditandai oleh teknologi berarti bahwa sebagian besar konten yang dihapus diidentifikasi secara proaktif oleh CMS dan moderator keamanan sebelum dilihat atau dilaporkan oleh pengguna.

Komitmen untuk Menyediakan Platform yang Aman, Saling Menghormati, dan Inklusif

Bigo Live berada di garis terdepan dalam mendukung komunitas Bigo di Indonesia sejak masa pandemi COVID-19 yang berdampak pada semua orang. Di tengah keputusasaan, aplikasi live streaming ini menyediakan hiburan, komunitas, dan bahkan sumber pendapatan alternatif bagi masyarakat Indonesia.

Selain COVID-19, Bigo Live percaya untuk mempersatukan komunitas masyarakat baik secara online melalui aplikasinya, maupun offline melalui banyak acara dan kegiatan lokal di Indonesia. Aplikasi ini berfokus pada menyebarkan kegembiraan dan kebahagiaan bagi semua di Indonesia dan secara global. Nilai inklusi inilah yang mendorong Bigo Live untuk menyelenggarakan acara, kegiatan, dan inisiatif untuk mendukung masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang.

Hal ini mencakup kolaborasi dengan penyiar untuk menyelenggarakan kegiatan live streaming bagi komunitas lokal, seperti memasak selama Ramadan, berbagi resep untuk berbuka puasa, dan bertukar informasi yang bermanfaat dengan pengguna lain.

Baru-baru ini, Bigo Live menyelenggarakan 'Bigo Live for Good', acara amal Ramadan dimana mereka menyumbangkan Rp119 Juta kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dan Panti Asuhan Annajah sebagai bagian dari komitmen mereka untuk memberikan kembali kepada masyarakat.

Bigo Live adalah platform untuk pemberdayaan masyarakat, baik di dalam maupun di luar aplikasi. Aplikasi ini berusaha untuk mendukung hal ini melalui platform yang aman, terjamin, dan mendukung, serta melalui kegiatan dan inisiatif bagi komunitas lokal oleh komunitas Bigo Live, sejalan dengan misinya untuk menyebarkan harapan, senyum, dan kegembiraan.

Sejak didirikan pada tahun 2016, Bigo Live telah muncul sebagai pemimpin industri internasional dan kontributor utama bagi ekonomi kreator global dengan lebih dari 400 juta pengguna di 150 negara di seluruh dunia.

(rr/Syam)