www.beningpost.com

Cloudera, satu-satunya platform true hybrid untuk data, analitik, dan AI, hari ini mengumumkan pencapaian Level 1 compliance Data Security Standard (DSS) for Service Providers dari Payment Card Industry (PCI).

Sertifikasi ini menunjukkan komitmen Cloudera terhadap keamanan siber dan kepatuhan, dalam misinya untuk membantu lembaga keuangan mendapatkan value bisnis dari AI. Dengan pencapaian besar ini, Cloudera on Cloud dan Cloudera on Premise memenuhi persyaratan PCI DSS v4.0, yang merupakan versi utama dan terbaru dari framework ini.

Standar PCI DSS mendefinisikan pengendalian keamanan dan proses yang kuat untuk semua entitas yang terlibat dalam ekosistem pembayaran, serta persyaratan untuk pengembang dan penyedia solusi dalam membangun dan mengelola perangkat pembayaran, software, dan solusi untuk industri pembayaran secara aman.

Dengan kebangkitan e-commerce yang secara cepat meningkatkan jumlah data yang harus dikelola oleh lembaga keuangan, kebutuhan untuk melindungi data tersebut juga semakin besar.

Menurut laporan 2024 Global Financial Stability dari International Monetary Fund, satu dari lima serangan siber menargetkan sektor keuangan dan risiko ini sebagian besar didorong oleh ketergantungannya pada penyedia IT pihak ketiga.

Sertifikasi dengan standar keamanan terbaru untuk PCI adalah bukti kemampuan Cloudera untuk dengan cepat beradaptasi dengan persyaratan keamanan sektor keuangan terbaru, saat ancaman terus berkembang dan semakin canggih.

AI juga mentransformasi sektor keuangan dalam beberapa tahun terakhir, di mana lembaga-lembaga keuangan telah mengadopsi asisten virtual, menciptakan data sintetis untuk pelatihan model, menghasilkan laporan penelitian dan rangkuman investasi, serta memanfaatkan machine learning untuk pendeteksian penipuan atau fraud.

Sebagai vendor untuk 8 dari 10 bank global, Cloudera membantu lembaga keuangan memanfaatkan kekuatan AI dan Generative AI sekaligus menelusuri berbagai risiko terkait, menyediakan lingkungan yang aman untuk mengelola jumlah besar data yang dibutuhkan untuk melatih model AI.

“Industri layanan keuangan sedang mengalami transformasi digital yang signifikan, dan kemampuan untuk bekerja sama dengan penyedia solusi pihak ketiga yang tepercaya sangat penting untuk meraih kesuksesan,” kata analis industri, Sanjeev Mohan.

Sanjeev Mohan menjelaskan, lembaga keuangan bisa melihat compliance dengan framework yang kuat, seperti PCI DSS 4.0, sebagai indikator bahwa mitra yang mereka pilih untuk bekerja sama adalah mitra yang bisa menavigasi kompleksitas data mereka dengan aman dan berkembang di masa depan AI.

“Pencapaian Cloudera dengan sertifikasi ini adalah bukti komitmen kami terhadap pelanggan di sektor keuangan,” kata Sanjeev Mohan, Chief Information Security Officer, Cloudera.

“Kami berupaya keras menyediakan dan menjaga platform yang aman dan tepercaya untuk mendukung pelanggan kami dengan inisiatif data yang terus berkembang dan memberdayakan mereka untuk mendapatkan value AI yang lebih besar,” tutup Sanjeev Mohan.

(rr/Syam)