www.beningpost.com

Cisco (NASDAQ: CSCO) hari ini mengumumkan rampungnya proses akuisisi Splunk, sebagai landasan untuk menyediakan visibilitas dan insights tak tertandingi di seluruh jejak digital perusahaan.

Untuk berkembang di era digital yang baru ini, perusahaan harus menghubungkan dan melindungi semua yang mereka lakukan. Perusahaan perlu menghubungkan orang, tempat, aplikasi, data, dan perangkat yang menggerakkan bisnis mereka, sekaligus melindungi seluruh jejak digital dari berbagai ancaman keamanan siber, downtime, dan risiko bisnis yang penting lainnya.

Cisco akan membawa kekuatan penuh dari jaringan tersebut, bersama dengan solusi keamanan dan observability terbaik di pasar, untuk menyediakan tampilan lengkap dari seluruh lanskap digital secara real time, sehingga akan  membantu tim secara proaktif mengamankan infrastruktur yang penting, mencegah pemadaman, dan menyempurnakan pengalaman jaringan. 

“Kami sangat bersemangat untuk menyambut kehadiran Splunk secara resmi di Cisco,” kata Chuck Robbins, Chair dan CEO Cisco. “Sebagai salah satu perusahaan software terbesar di dunia, kami akan merevolusi cara pelanggan dalam memanfaatkan data untuk menghubungkan dan melindungi setiap aspek dalam perusahaan mereka saat kami menggerakkan dan melindungi revolusi AI.”

“Menyatukan Splunk dan Cisco akan memberikan value yang sangat besar bagi pelanggan kami di seluruh dunia,” kata Gary Steele, Executive Vice President, General Manager, Splunk.

Menurut Gary Steele, penggabungan Cisco dan Spunk akan memberikan visibilitas dan insights yang komprehensif di seluruh jejak digital perusahaan, menghadirkan ketangguhan yang luar biasa melalui portofolio produk keamanan dan observability yang paling ekstensif dan kuat di pasar.

Cisco akan Menggerakkan dan Melindungi Revolusi AI

Pengadopsian dan dampak AI melampaui semua pengenalan teknologi yang pernah kami lihat. Penggunaan data yang tepat dan masif secara efektif sangat penting untuk mendapatkan manfaat yang berarti dari AI dan membantu perusahaan mendapatkan outcomes yang belum pernah dicapai sebelumnya.

Untuk benar-benar mendapatkan manfaat dari AI, perusahaan membutuhkan infrastruktur untuk menggerakkannya, data untuk mengembangkannya, platform keamanan untuk melindunginya, dan observability platform untuk memantau dan mengelolanya secara real time. Cisco bisa melakukan itu semua.

“Cisco dan Splunk adalah kombinasi transformatif yang membuat pelanggan dapat melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan sebelumnya,” kata Stephen Elliot, Group Vice President, I&O, Cloud Operations, dan DevOps, IDC.

“Dengan akuisisi tersebut, Cisco telah menciptakan serangkaian solusi yang unik untuk para eksekutif jaringan, keamanan dan operasional di pasar. Saat Anda menambahkannya ke dalam channel dan investasi AI, pelanggan harus bersiap untuk mendapatkan nilai bisnis yang lebih besar yang kini bisa mereka peroleh,” jelas Stephen Elliot.

“Accenture mengucapkan selamat kepada Cisco atas pengakuisisian Splunk,” kata Julie Sweet, Chair dan CEO Accenture. “Kemitraan kami dengan kedua perusahaan ini sudah berjalan baik dalam jangka waktu yang lama dan kami menantikan peluang yang dihasilkan dari kolaborasi ini bagi klien kami di masa yang akan datang.”

Bersama Lebih Baik: Bagaimana Cisco dan Splunk akan Memberikan Keuntungan bagi Pelanggan, Mitra, dan Pengembang

Gabungan dari Cisco dan Splunk akan memberikan pelanggan: 

Keamanan yang lebih baik. Solusi keamanan yang sangat komprehensif bagi perusahaan dari berbagai skala untuk melakukan pencegahan ancaman, pendeteksian, investigasi dan respons, memanfaatkan cloud, jaringan, dan endpoint traffic untuk meraih visibilitas yang tak tertandingi. 

Observability yang lebih baik.  Solusi observability full stack yang sangat komprehensif untuk menyediakan pengalaman digital yang luar biasa di seluruh lingkungan multi-cloud hybrid.

Jaringan yang lebih baik. Solusi jaringan terbaik yang aman dan disediakan melalui infrastruktur jaringan yang cerdas, tangguh dan terus dioptimalkan. 

AI yang lebih baik. Portofolio jaringan Cisco – digabungkan dengan keamanan yang telah diperkuat, full-stack observability, dan platform data yang komprehensif – akan memberdayakan pelanggan untuk memanfaatkan kekuatan AI secara aman di seluruh perusahaan dan aplikasi mereka. 

Ekonomi yang lebih baik. Pendekatan platform Cisco dan Splunk akan membantu pelanggan kami mengonsolidasikan beberapa produk – meraih outcomes bisnis yang lebih baik dan mengurangi biaya. 

Cisco dan Splunk juga mengumpulkan para pengembang global dan komunitas mitra dengan pengalaman yang luas dalam meningkatkan keamanan, observability dan kemampuan platform data melalui aplikasi bawaan dan solusi untuk pelanggan. Ekosistem mitra kolektif kami bisa menciptakan aliran pendapatan baru yang menguntungkan melalui layanan bernilai tinggi dan dengan menggelar aplikasi baru yang inovatif dan solusi yang ditenagai oleh AI. 

Dalam beberapa bulan mendatang, pelanggan akan menyaksikan sejumlah produk inovasi terbaru di seluruh portofolio berkat terjadinya integrasi dengan Splunk – untuk rincian lebih lanjut silahkan lihat [tautan ke blog Chuck dan Gary]. Banyak dari inovasi ini dan yang lainnya akan ditampilkan di Cisco Live, pada 2-4 Juni 2024, dan di .conf24, pada 11-14 Juni 2024.

Rincian Transaksi

Dalam perjanjian ini, Cisco mengakuisisi Splunk dengan nilai US$157 per saham tunai, merepresentasikan  sekitar US$28 miliarjuta dalam nilai ekuitas. Transaksi ini diharapkan menghasilkan arus kas positif (tidak termasuk item terkait akuisisi tertentu dan item lainnya) dan peningkatan margin kotor non-GAAP pada tahun fiskal Cisco 2025, dan peningkatan EPS non-GAAP pada tahun fiskal 2026. Selain itu,akuisisi ini juga akan mempercepat pertumbuhan pendapatan Cisco dan ekspansi margin kotor non-GAAP.

Cisco dan Splunk melaporkan rampungnya akuisisi ini kepada NASDAQ dan meminta NASDAQ menyampaikan pemberitahuan delisting kepada Securities and Exchange Commission (the "SEC") atas nama Splunk. Penjualan saham Splunk di NASDAQ dihentikan sebelum pembukaan perdagangan hari ini.

(rr/Syam)