www.beningpost.com

COMSNETS Representative Indonesia (Comsnets Reps. Indonesia) menandatangani Nota kesepahaman dengan  Kamar Dagang Indonesia ( KADIN ), Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) dan Politeknik Jakarta Internasional (JIHS) untuk menyelenggarakan Comsnets  Workshop in Bali 2023 dan kegiatan-kegiatan yang berkelanjutan lainnya.

Dalam event Comsnets Workshop kali ini akan menghadirkan pembicara dari para narasumber internasional dengan keynote speaker Budi Arie Setiadi, S.Sos., M.Si, selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Ade Melita selaku Executive Director Comsnets Reps Indonesia pada bulan Oktober 2023, telah menandatangani nota kesepahaman dengan para mitra strategis, pada hari Senin, 11 September 2023 telah ditandatangani perjanjian kerjasama antara  Comsnets Reps. Indonesia  dengan Masyarakat Telematika Indonesia yang diwakili oleh Sarwoto Atmosutarno sebagai Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), pada Selasa, 10 Oktober 2023 telah ditandatangani perjanjian kerjasama dengan Politeknik Jakarta Internasional (JIHS) yang diwakili oleh Taufik Hidayat, SE, MM., dan pada 12 Oktober 2023 telah ditandatangani perjanjian kerjasama dengan  Kamar Dagang Indonesia (KADIN) yang diwakili oleh Hotasi Nababan - Executive Director Kadin.

Organisasi COMSNETS sudah lebih dari 15 tahun lalu didirikan oleh para profesional dan ahli ICT terpilih di India yang dalam perjalanannya berkembang menjadi COMSNETS Association dan secara konsisten  melakukan pertemuan International tahunan di India; dihadiri oleh para pakar terkenal di sektor ICT di dari seluruh dunia untuk berbagi penelitian terbaru, teknologi dan perkembangannya dengan perwakilan industri, pemerintah, dan akademisi yang tertarik untuk mengejar karir di sektor ini. Tujuan utamanya adalah membahas peluang, tantangan dan kemajuan dibidang IT dan computer science.

Konferensi COMSNETS saat ini telah menjadi konferensi paling bergengsi di India pada bidang Sistem Komunikasi, Jaringan, Aplikasi dan Layanan tidak hanya di India tetapi di Asia dan  sebagian besar negara maju seperti Amerika dan Eropa. Sehingga kehadiran COMSNETS ditunggu untuk menjadi trendsetter bagi para pelaku industri ICT.

Debut pertama COMSNETS Reps. Indonesia adalah menyeleggarakan Workshop di Jakarta pada tahun 2017 dilanjutkan tahun 2019 yang dihadiri oleh para pengiat IT, pakar ICT, peneliti, pemerintah, regulator dan akademisi. 

Setelah pandemi berlalu, pada tahun 2023 ini Comsnets Reps. Indonesia kembali menyelenggarakan Comsnets Workshop 2023 dengan tema utama Digital Transformation:

“How to Build Sustainable Infrastructures Through Automation and Digitalization” yang bertempat di Renaissance Hotel Uluwatu Bali pada 8-10 November 2023.

Topik-topik yang ada pada Comsnets Workshop 2023 ini mengiringi komitmen Indonesia dalam agenda Indonesia Sustainability yang erat kaitannya dengan our common future yang memberi pengaruh perubahan pada berbagai aspek kehidupan diantaranya energi, industri, keuangan dan pembayaran, pertumbuhan kota dan masyarakatnya.

Semua itu tidak akan terlepas dari kendala dan hambatan seperti cyber security dan teknologi terkini lainnya yang diperlukan untuk menjadi sebuah solusi, seperti : AI, Cyber Threat Intelligence, Manufacturing Plant Energy Systems, Green Data Centre, dll.

Business Plan Competition mengenai Smart City menjadi salah satu rangkaian pendamping kegiatan Comsnets Workshop 2023. Jumlah peserta Kompetisi sebanyak 13 kelompok mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Tim penilai kompetisi adalah akademisi, praktisi dan teknorat baik dari Indonesia maupun dari Comsnets (India). Tujuan diadakannya kompetisi adalah untuk terus menumbuhkan semangat berkompetisi secara sehat, mempertajam kreatifitas dan entrepreneurship dan peka terhadap kebutuhan masyarakat Indonesia menyongsong masa depan Indonesia di Dunia Global. 

Tindak lanjut dari Comsnets Workshop 2023 ini adalah secara konsisten melakukan  sharing technologies tidak hanya dengan mempertemukan para pakar terkenal di sektor ICT dari seluruh dunia untuk saling berbagi penelitian terbaru dan memperkenalkan perkembangan teknologi di bidang industri ICT, namun juga secara langsung melakukan edukasi-edukasi kepada masyarakat di Indonesia. Langkah-langkah yang dilakukan diatas merupakan kontribusi Comsnets Reps. Indonesia di bidang teknologi dalam mewujudkan  Visi Indonesia Digital 2045 atau Indonesia Emas 2045

“Untuk mencapai tujuan tersebut, COMSNETS Reps. Indonesia menggandeng para mitra strategis, diantaranya ; Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), dan Politeknik Jakarta Internasional (JIHS).  Karena para mitra strategis ini adalah adalah organisasi yang menjadi payung bagi dunia usaha Indonesia, wadah praktisi teknologi serta intitusi pendidikan terkait teknologi yang memiliki fasilitas dan  jaringan alumni cukup luas di LN ungkap Ade Melita.”

Organizing Committee pada Comsnets Reps Indonesia pun dilakukan melalui kolaborasi dengan mitra pendidikan dan pelatihan yang juga pegiat edukasi seperti : Chakralestari, DEI, Kulturasi dan Global Project Management.Asia untuk mengembangkan program-program edukasi masyarakat yang inovatif dan kolaborasi ini menjadi cikal bakal didirikannya Comsnets Academy di tengah-tengah masyarakat Indonesia. 

“Comsnets Reps Indonesia melalui Comsnets Academy akan langsung melakukan edukasi di tengah masyarakat dan mempersiapkan masyarakat dalam masa transformasi menuju

Indonesia Digital 2045” lanjut Ade Melita.

Comsnets Workshop 2023 yang diadakan selama 3 hari ini akan dihadiri para pembicara dari luar dan dalam negeri yang terdiri dari para ilmuwan, pimpinan perusahaan terkemuka, akademisi maupun para pejabat pemerintahan baik dari India dan Indonesia antara lain : 

Dr H. Ilham A. Habibie, Dipl.Ing., MBA - Head of Research & Technology KADIN

Brett King - International Bestselling Author, a world- renowned Futurist

Sarwoto Atmosutarno - Ketua Umum MASTEL

Prof Dr. Huzur Saran - Indian Institute of Technology (IIT) Delhi

Dr G. Venkatesh - SASKEN Technologies, Ltd, Bangalore

Dr Kishore Babu - Area Representative for SEA and other Member States in Pacific, Int'l Telecommunication Union, UN Special Agency for ICTs.

Dr Jeffrey Tew - TATA Consultancy Services (TCS), USA

Ghazanfar Iqbal - AWS (Indonesia, Malaysia, and Asia Emerging Markets)

Alfred Boediman, PhD - Partner of Jawara Ventures

Natalia Rialucky Marsudi – CEO Fairatmos

James Sun - Huawei Tech Investment

Prof Archan Misra - Singapore Management University (SMU), Singapore

National Cyber and Crypto Agency (BSSN)

(rr/Syam)