www.beningpost.com

Hari ini (28/2), Intel mengumumkan serangkaian produk dan solusi yang mendorong transisi dan dukungan industri yang luas, mulai dari operator terkemuka, original equipment manufacturer (OEM), dan independent software vendor (ISV).  

“Intel memberdayakan cloud, jaringan, dan perusahaan di dunia, memberi kami insight yang unik tentang di mana harus menempatkan komputasi dan akselerasi di sepanjang rangkaian cloud-to-edge, dan membantu pelanggan melakukan pengembangan untuk memenuhi permintaan pengguna,” kata Sachin Katti, senior vice president and general manager, Network and Edge Group di Intel.

Katti menjelaskan, kemajuan yang telah kami buat dalam platform 4th Gen Intel Xeon untuk menggandakan kinerja vRAN dengan tetap berada dalam jangkauan daya yang sama, hingga menggandakan throughput UPF pada 5G Core, dan mempercepat penerapan pada berbagai jaringan, keamanan, dan layanan edge enterprise, sehingga menjadikan Intel sebagai platform bagi pelanggan kami untuk memodernisasi dan memonetisasi jaringan masa depan mereka, hari ini. 

vRAN sudah Hadir dan Hampir Semua Penerapan Berjalan di Intel

Kebutuhan akan sistem berkinerja tinggi, skalabel, fleksibel, dan hemat energi mendorong transformasi jaringan seluler dari silikon dan infrastruktur berbasis hardware dengan fungsi tetap  menjadi platform berbasis software yang sepenuhnya tervirtualisasi yang berjalan pada prosesor yang general-purpose.

Mempercepat virtualisasi RAN memposisikan communication service provider (CoSP) untuk memenuhi kebutuhan masa depan sambil meningkatkan efisiensi energi RAN dan mengurangi total biaya kepemilikan (TCO).

Dengan dukungan industri yang luas, mulai dari Advantech, Capgemini, Canonical, Dell Technologies, Ericsson, Quanta Cloud Technology, Rakuten Mobile, Red Hat, SuperMicro, Telefonica, Verizon, VMware, Vodafone dan Wind River, di antaranya, Intel meluncurkan prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable dengan Intel vRAN Boost.

Dengan mengintegrasikan sepenuhnya akselerasi vRAN ke dalam sistem-on-chip (SoC) Intel Xeon dan tidak memerlukan lagi kartu akselerator eksternal, Intel menghadirkan peningkatan kapasitas sebesar 2x lipat dari generasi ke generasi dalam jangkauan daya yang sama dan hingga penghematan daya tambahan sebesar 20% dengan akselerasi terintegrasi, yang berada di atas dan di luar peningkatan kinerja per watt platform 4th Gen Intel Xeon yang sudah luar biasa.

Dengan kombinasi inovasi pemrosesan dan integrasi fitur ini, Intel berharap performa-per-watt pada prosesor 4th Gen Xeon Scalable dengan Intel vRAN Boost akan menyamai atau bahkan lebih baik dibandingkan kartu akselerator Layer 1 SoC terbaik di pasaran saat ini, serta memberikan manfaat dari jaringan virtual yang diatur oleh software. 

Jaringan 5G Core Berjalan pada Software, Menghadirkan Agilitas Cloud-Native  

Di inti jaringan, Intel memimpin evolusi ke arsitektur cloud-native berbasis layanan dengan solusi terbuka untuk mengatasi tantangan seperti kinerja, TCO, efisiensi daya, keamanan, dan kurangnya visibilitas di seluruh stack jaringan.

Solusi hardware dan software Intel akan memungkinkan jaringan 5G Core untuk bekerja lebih keras dan lebih cerdas dalam mencapai keseimbangan antara critical business dan kebutuhan pelanggan untuk efisiensi daya, kinerja, dan latensi. 

Untuk lebih membantu operator jaringan dalam memodernisasi jaringan mereka, mengurangi total biaya kepemilikan (TCO) pada 5G Core, Intel mendemonstrasikan prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable yang kini menghasilkan kinerja 1 Tbps pertama di industri untuk beban kerja 5G UPF dalam sebuah dual-socket server⁴, selanjutnya divalidasi oleh Samsung. 

Selain itu, software referensi Intel Infrastructure Power Manager untuk 5G Core yang baru secara dinamis menyesuaikan konsumsi daya pada run-time server dengan lalu lintas data tanpa mengorbankan indikator kinerja utama seperti throughput, latensi, dan packet drop

Saat pengujian software ini dengan Casa Systems, NEC, dan Nokia, secara signifikan mengurangi waktu untuk menghadirkan solusi di pasar bagi para ISV dan operator dengan menyederhanakan akses ke kemampuan-kemampuan utama dalam prosesor Intel Xeon Scalable generasi ketiga dan keempat, termasuk telemetri daya, status kontrol daya granular, dan perubahan frekuensi latensi rendah.

Para operator dapat menggunakan software referensi untuk mengurangi TCO pada jaringan dan mempercepat kemajuan menuju target emisi net zero, karena menyadari potensi penghematan jutaan dolar dan sejumlah besar kompensasi dari pengurangan emisi CO2. 

Intel Mengatur Kecepatan di Edge 

Pertumbuhan besar-besaran di edge jaringan, sebagian besar dalam layanan video, akan menentukan sebagian besar lanskap kompetitif penyedia layanan pada dekade ini. Fasilitas di edge jaringan yang dimiliki operator memberikan mereka keunggulan kompetitif guna mencapai pertumbuhan, namun sulit untuk memprediksi layanan video spesifik mana yang akan lepas landas. 

Bersama dengan mitra Broadpeak, China Mobile, Cloudsky, Thundersoft, dan ZTE, Intel memamerkan Intel Converged Edge Media Platform, yang menghadirkan beberapa layanan video dari arsitektur multitenant bersama dan memanfaatkan skalabilitas cloud-native untuk merespons kebutuhan yang terus berubah secara cerdas.

Layanan video – seperti CDN (content delivery network), cloud gaming, mixed realty, dan rendering 3D – dapat dihadirkan dalam satu lingkungan cloud-native yang didukung oleh aplikasi yang diakselerasi oleh CPU dan GPU. Operator tidak perlu lagi berinvestasi dalam sumber daya khusus untuk layanan yang mungkin tidak berjalan. Sebagai gantinya, mereka dapat membangun arsitektur dengan general purpose di mana berbagai layanan ditempatkan bersama dan dapat memanfaatkan skalabilitas cloud-native untuk secara otomatis mengubah atau mengubah ukuran layanan sesuai dengan kebutuhan yang berubah. 

Menghadirkan Pilihan Pelanggan dalam Akselerasi 

Bersamaan dengan akselerasi jaringan terintegrasi yang ditanamkan ke dalam prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable, Intel memperluas Agilex 7 FPGA dan perangkat ASIC dengan struktur eASIC N5X untuk cloud, komunikasi, dan aplikasi yang embedded

Ketika para penyedia layanan cloud (CSP) mulai bertransisi dari jaringan 200G ke 400G pada tahun 2023, dengan CoSP akan menyusul pada tahun 2024, perangkat Intel Agilex 7 FPGA AGI 041 akan memungkinkan solusi percepatan infrastruktur 400G generasi mendatang. Perangkat AGI 041 menghadirkan keseimbangan yang tepat antara kapasitas, efisiensi daya, dan kinerja untuk Infrastructure Processing Unit (IPU) 400G dan solusi jaringan. 

Selain itu, Intel memberikan kemampuan unik untuk lebih mengoptimalkan biaya dan daya di seluruh solusi infrastruktur 400G milik pelanggan melalui ASIC terstruktur Intel eASIC. Untuk beban kerja jaringan, perangkat N5X080 mampu mengurangi daya pada inti hingga 60% dibandingkan FPGA, sekaligus mengurangi waktu pembuatan prototipe hingga 50% dibandingkan dengan ASIC8 tradisional. 

Kunjungi Intel Booth di MWC 2023 dan jangan ketinggalan berbagai demo teknologi dalam pembangunan jaringan 5G dan delivery layanan 5G, dengan paparan dari mitra industri, di antaranya Dell, Ericsson, Microsoft, dan Verizon.

(rr/Syam)