www.beningpost.com

Peran perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang disebut sebagai Tridarma Perguruan Tinggi.

Setiap dosen tidak hanya wajib melaksanakan kegiatan pendidikan berupa pengajaran dan kewajiban melaksanakan penelitian, namun dosen juga diwajibkan melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), demikian halnya kewajiban dosen-dosen Universitas Mercu Buana (UMB).

Pada pelaksanaan PKM periode tahun ajaran 2021/2022, dosen-dosen Universitas Mercu Buana khususnya bidang Ilmu Manajemen bekerjasama dengan Universitas Lampung (Unila) melaksanakan kegiatan PKM dengan tema “Keberlangsungan Usaha UMKM di Masa dan Pasca Pandemi”.

Dalam kegiatan PKM kali ini, diikuti oleh sejumlah pelaku (pemilik dan pengelola) UMKM di DKI Jakarta dan Lampung.

Kegiatan PKM ini diselenggarakan secara virtual melalui fasilitas Zoom pada 18 Pebruari 2022, dan dibuka langsung oleh Rektor UMB Bapak Prof. Dr. Ngadino Surip. Acara ini menghadirkan pemateri dari Unila Ibu Prof. Mahrinasari dan pemateri dari UMB: Dr. Indra Siswanti, Dr. Tukhas S Imaroh, Dr. Aldina Shiratina, Dr. Dipa Mulia, Dr. Asep Risman, Dr. Agustinus Hariadi dan Dr. Eddy Nugroho.

Dalam sambutannya Rektor UMB berharap kegiatan ini dapat menghasilkan output yang berarti terutama bagi UMKM dan juga bagi kampus. Sementara itu dalam presentasinya Prof Marinasari memaparkan tentang perkembangan dan kinerja UMKM selama pademi covid-19, pemateri lainnya memaparkan dan sharing tentang berbagai hal untuk membantu UMKM dari perspektif ilmu manajemen.

Kegiatan PKM ini sengaja mengambil tema UMKM, mengingat kegiatan usaha UMKM memberi kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi dan menyerap tanaga kerja yang cukup besar. Sehingga peran UMKM perlu mendapat perhatian dan harus semakin ditingkatkan.

Melalui kegiatan PKM ini, diharapkan dapat memotivasi dan membantu UMKM dalam meningkatkan kegiatan usahanya, sehingga UMKM dapat menjadi motor penggerak ekonomi nasional di masa pandemi covid-19 ini dan pasca pandemi nantinya. 

(rr/Syam)