www.beningpost.com

PT Asuransi Sinar Mas (ASM) melakukan pembayaran klaim kepada nasabah yang mengalami kerugian akibat gempa bumi di Sulawesi Barat, 15 Januari 2021 lalu. Pembayaran ini dilakukan hanya dalam tempo 7 hari sejak diajukan.

“Kecepatan pembayaran ini, dilakukan sesuai dengan pesan dari Bapak Indra Wijaya selaku Komisaris PT Asuransi Sinar Mas yang meminta untuk segera melakukan pembayaran klaim kepada nasabah dalam waktu 7 hari sejak diajukan,” ujar jelas Dumasi M M Samosir, Direktur PT Asuransi Sinar Mas dalam acara seremonial penyerahan klaim yang dilakukan secara virtual hari Selasa (26/1/2021).

Dumasi menjelaskan dari pesan Bapak Indra Wijaya, bahwa pembayaran klaim harus sesegera mungkin dilakukan agar nasabah yang sedang tertimpa musibah bisa melakukan aktivitas kegiatan usahanya kembali.

Seperti diketahui, gempa berkekuatan 6,2 SR ini telah menimbulkan kerugian baik korban jiwa maupun kerugian materiil yang tidak sedikit di wilayah Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

Sesuai dengan komitment Perusahaan, Asuransi Sinar Mas melakukan tindakan proaktif dengan melakukan pendataan melalui telepon untuk mengetahui nasabah yang terkena dampak gempa dan mempercepat proses penanganan klaimnya.

Kondisi pandemi COVID-19, tidak menjadi penghalang komitmen PT Asuransi Sinar Mas untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada para nasabahnya.

Hari ini, Asuransi Sinar Mas melakukan pembayaran interim payment klaim asuransi kebakaran kepada PT Suracojaya Abadimotor sebesar Rp. 250.000.000,- dan pembayaran klaim asuransi kendaraan kepada PT Indomobil Finance Indonesia senilai Rp 234.300.000,-.

“Asuransi Sinar Mas mengucapkan dukacita yang sedalam-dalamnya kepada para korban Gempa yang terjadi di Sulawesi Barat, 15 Januari 2021 lalu. Dampak dari gempa ini tentunya kami rasakan juga khususnya di Kantor Marketing Poin Asuransi Sinar Mas di Mamuju. Namun demikian sudah menjadi komitmen kami di setiap bencana untuk mempercepat proses penanganan klaim” jelas Dumasi. Dikatakan Dumasi, perusahaan hingga saat ini telah menerima 9 laporan kerugian asuransi property nasabah akibat Gempa Sulbar. Estimasi awal total kerugian adalah sebesar Rp. 3,2 Milyar.

“1 klaim telah diproses pembayaran hari ini sedangkan 8 klaim lainnya masih diproses. Sementara untuk laporan klaim kendaraan, hari ini ada 1 (satu) yang diproses pembayaran klaimnya, sementara tim masih melakukan pendataan untuk klaim lainnya” lanjut Dumasi.

Komitmen pembayaran klaim ASM telah dibuktikan dalam berbagai peristiwa penting seperti klaim gempa Yogyakarta tahun 2006, gempa Padang 2009, klaim gempa Palu 2018, klaim banjir awal tahun 2020 lalu, dan lain-lain.

"Kami dari PT Indomobil Finance Indonesia turut bersimpati atas kejadian gempa bumi yang menimpa Mamuju, Sulawesi Barat. PT Indomobil Finance Indonesia tetap berkomitmen kepada para konsumen dan rekanan asuransi yang sudah bekerja sama sejauh ini yang terbaik. Mewakili konsumen dan manajemen kami berterima kasih kepada Asuransi Sinar Mas karena telah memproses pembayaran klaim dengan cepat, walaupun masih ada dokumennya yang kurang tetapi karena klaimnya liable maka pembayaran bisa langsung dilakukan. Semoga kerja sama Asuransi Sinar Mas dan PT Indomobil Finance Indonesia terus berjalan dengan baik." ujar Viona Tjahjono selaku Direktur PT Indomobil Finance Indonesia.

Resiko kerugian akibat gempa dapat dijamin oleh Asuransi apabila Polis nasabah memiliki jaminan asuransi gempa baik dalam bentuk Polis terpisah maupun sebagai perluasan jaminan bencana alam.

Asuransi Sinar Mas memiliki produk unggulan yang memberikan jaminan gempa bumi seperti simas mobil exclusive untuk asuransi kendaraan bermotor, simas rumah hemat ++ untuk asuransi rumah, simas ruko untuk asuransi ruko dan Simas Property All Risks untuk jaminan yg lebih lengkap.

"Dua objek pertanggungan yang kami bayarkan klaim nya hari ini, dijamin dengan perluasan Resiko Gempa Bumi. Itu sebab nya kami tak jemu mengajak masyarakat memastikan aset-asetnya terlindungi oleh berbagai jenis asuransi yang ada," jelas Dumasi.

Untuk melayani kebutuhan asuransi nasabah di wilayah Sulawesi, selain hadir di kota besar propinsi, Asuransi Sinar Mas juga membuka kantor marketing point di wilayah seperti Mamuju, Gowa, Kolaka, Palopo, Pare-Pare, Watampone, Amurang, Tomohon, dan lain-lain.

(rr/Syam)