www.beningpost.com

Secara global, 84% wisatawan membaca ulasan online sebelum memilih tempat menginap ketika mereka bepergian.

Demikian menurut Studi Usage & Attitude 2019 yang dilakukan Agoda. Data tinjauan yang dikumpulkan mulai dari tanggal 1 Januari 2013 hingga 31 Desember 2019 di 62 negara asal dengan lebih dari 10.000 ulasan yang terkumpul. Skor ulasan Agoda adalah antara 1-10, di mana 1 adalah skor terendah dan 10 adalah skor tertinggi.

Agoda, yang memiliki lebih dari 34 juta ulasan peer to peer untuk properti hotel dan Agoda Homes pada platform perjalanan digitalnya, hari ini mengungkapkan pemberi ulasan paling tajam dan yang paling menyenangkan berdasarkan negara asal.

Secara keseluruhan, wisatawan dari Cina, Meksiko, Hongaria, dan Taiwan lebih cenderung memberikan skor tinggi antara 8-10, dan umpan balik yang positif terhadap properti yang mereka tinggali, menurut data ulasan yang dikumpulkan Agoda.

Bahkan, data Agoda menunjukkan 77,1% pelancong dari Cina memberi skor tinggi terhadap perjalanan mereka (8-10), diikuti oleh Meksiko (76,5%), Hongaria dan Taiwan (75,9%).

Di sisi lain, para wisatawan dari India, Turki, dan Arab Saudi berada di peringkat tiga teratas negara yang memberikan skor paling rendah antara 1-3 dalam ulasan mereka.

Meskipun, wisatawan dari negara-negara ini merupakan wisatawan paling kritis, masih ada 66,2% wisatawan Turki, 63,2% wisatawan India dan 61% wisatawan Arab Saudi yang memberikan skor 8-10 untuk pengalaman perjalanan mereka.

“Ulasan mirip dengan rekomendasi pribadi dari orang-orang yang sepaham dan memiliki tujuan sama, dan ulasan-ulasan tersebut memengaruhi keputusan pelanggan ketika memilih akomodasi,” ujar Errol Cooke, Vice President of Global Partner Services, Agoda.

Mereka yang bepergian dengan keluarga tertarik pada ulasan tentang layanan, seperti area bermain anak-anak, penitipan bayi, atau fasilitas dalam kamar, seperti dapur atau tempat tidur bayi, serta lokasi terkait perjalanan dan pengalaman ramah keluarga.

Sementara wisatawan bisnis mungkin lebih tertarik pada kualitas koneksi internet, dan wisatawan yang bepergian untuk berlibur mungkin memprioritaskan pilihan sarapan atau fasilitas olahraga.

“Sebanyak 34 juta ulasan terverifikasi pada platform Agoda menyediakan sumber daya penting untuk membantu wisatawan membuat pilihan yang tepat demi kebutuhan perjalanan mereka,” jelas Errol Cooke.

(rr)