Memanfaatkan momen Sumpah Pemuda pada tahun ini, sejumlah ikatan alumni sekolah menengah atas membuat satu terobosan event, yakni Gerakan Satu Nusantara.

Event ini mengajak pemuda Indonesia untuk mengikrarkan kembali Sumpah Pemuda agar terciptanya persatuan bangsa Indonesia yang lebih erat. Yang menjadi inisiator Satu Nusantara adalah ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara), yang juga berkolaborasi dengan beberapa ikatan Alumni SMA Terbaik di Indonesia. 

Event ini dimunculkan, karena adanya keprihatinan terhadap kondisi bangsa Indonesia saat ini yang dihadapkan pada potensi disintegrasi bangsa dan terpolarisasi-nya masyarakat berdasarkan isu perbedaan, baik politik, suku, agama, ras maupun gender.

Ketua Umum Gerakan Satu Nusantara A. Renard Widarto mengatakan “Melalui Satu Nusantara kami ingin memperkuat dan menggelorakan kembali semangat persatuan & kebangsaan. Dengan kampanye #BedaSatukanKita, generasi muda harus diberikan inspirasi untuk melihat perbedaan sebagai sumber kekuatan dan pemersatu Bangsa Indonesia yang majemuk,” ujarnya saat berbicara di hadapan audiens dalam acara Diskusi Satu Nusantara di Kantor Lemhannas RI, Selasa (29/10).

Nantinya, Gerakan Satu Nusantara memiliki dua kegiatan: offline dan online. "Untuk offline, kami akan menggelar Bara Nusantara (pawai obor), Roadshoww Satu Nusantara, dan Malam Gebyar Satu Nusantara. Sementara untuk online, kami mengadakan kampanye #BedaSatukanKita dan Aktivasi Merah Putih yang digelar melalui platform Instagram," jelas Renard.

Acara Diskusi Satu Nusantara dibuka oleh Bapak Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Dr.(H.C) Drs.H.Muhammad Jusuf Kalla. Dengan tema “Memupuk Rasa Persatuan dan Toleransi Terhadap Perbedaan”, acara Diskusi Satu Nusantara juga menghadirkan narasumber dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Pembicara yang hadir diantaranya adalah ajudan Presiden RI Kombes. Pol. Johnny Edison Isir, Chairperson of the Purnomo Yusgiantoro Center Filda Yusgiantoro, presenter TV Putri Ayudya dan Putri Handayani yang tergabung dalam Seven Summits Mountaineering Mission.

Di kesempatan yang sama, Kombes. Pol Jonny Edison Isir mengatakan “Saya sangat mengapresiasi langkah Satu Nusantara untuk membuat diskusi ini, semoga kegiatan ini menjadikan semangat persatuan Sumpah Pemuda akan terus menyala dalam jiwa raga bangsa Indonesia”.

Dalam paparan Ketua Umum tentang Satu Nusantara, salah satu rangkaian kegiatan Satu Nusantara adalah menggelar Pawai Obor Nusantara yang akan diarak di seluruh penjuru nusantara hingga bulan Juli 2020. Pawai obor ini juga akan melibatkan pemuda setempat untuk mengikrarkan kembali Sumpah Pemuda.
(rr)