www.beningpost.com

Cloudera, inc., penyedia platform untuk machine learning, analitik dan manajemen data pada hari ini mengumumkan pembukaan kantor pertamanya di Indonesia. Agenda besar ini menghadirkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara; Vice-President, Cloudera Asia Pasifik dan Jepang, Mark Micallef; dan Country Manager, Cloudera Indonesia, Fred Groen.

Rudiantara yang berkesempatan meresmikan acara ini tak bisa menutupi rasa senang dengan hadirnya Cloudera di Indonesia. Ia mengucapkan, “Selamat bagi Cloudera. Saya senang dengan kehadiran Cloudera karena pasti akan bayar pajak di Indonesia,” ujarnya diselingi tawa audiensi saat memberikan sambutan pembukaan, di Jakarta, Selasa (29/8).

Rudiantara juga berharap komitmen Cloudera yang lebih besar terhadap Indonesia ini bisa membantu selangkah lebih dekat dalam perjalanan menuju kesuksesan melalui pemanfaatan big data.

“Pembukaan entitas resmi Cloudera di Indonesia memungkinkan kami untuk membangun kemitraan yang lebih kuat dengan perusahaan tersebut dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keahlian sumber daya Indonesia dalam bidang big data,” kata Rudiantara.

Menkominfo, Rudiantara diapit Fred Groen (kiri) dan Mark Micallef (kanan) (sumber)

Sementara itu, Vice-President, Cloudera Asia Pasifik dan Jepang, Mark Micallef, mengatakan, “Ekspansi Cloudera ke Indonesia merupakan bukti komitmen kami dalam menyediakan platform open source bagi para pebisnis yang tidak hanya mampu menangani kompleksitas big data, namun juga memungkinkan mereka mengatasi tantangan yang ada saat ini, seperti menghemat anggaran teknologi dan meningkatkan keamanan siber,”

Kami sangat antusias untuk membantu memperkuat kemampuan digital Indonesia dan berkontribusi terhadap upaya bangsa dalam membangun ekonomi digital,” ungkap Micallef.

Perlu diketahui, ekspansi Cloudera ke Indonesia secara strategis hadir untuk mendukung inisiatif kota pintar pemerintah dan meningkatkan keterampilan para profesional di industri teknologi. Kantor Indonesia ini akan mendukung prospek pertumbuhannya yang kuat, dengan karyawan Indonesia yang memegang posisi-posisi penting di berbagai fungsi seperti Penjualan, Teknis Solusi, dan Arsitektur Solusi.

Bersamaan dengan dengan peluncuran Cloudera BASE Initiative baru-baru ini, sebuah ekosistem industri yang dirancang untuk mempersiapkan tenaga profesional  di bidang data di masa yang akan datang, komitmen kuat Cloudera di kawasan ini akan mempercepat berbagai upaya untuk memperkuat komunitas big data di kawasan ini dan menghasilkan para profesional generasi baru yang terampil sebagai ujung tombak ekonomi digital Indonesia yang tengah tumbuh.

(rr)