harianterbit.com

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan pihaknya telah mengirim tim penyidik ke Arab Saudi untuk memeriksa Ketua FPI Habib Rizieq Shihab. Habib Rizieq diperiksa dalam kasus pornografi yang diduga melibatkan dirinya dengan Firza Husein.

"Tim sudah berangkat ke sana lakukan pemeriksaan yang bersangkutan. Dan hasilnya sudah kita periksa," ujar Tito di Mapolda Metro Jaya, Jumat (18/8).

Menurut Tito, Habib Rizieq masih diperiksa sebagai saksi. Dalam perkara ini, Habib Rizieq telah ditetapkan sebagai tersangka. Dirinya juga tidak merinci apakah pemeriksaan Habib Rizieq sebagai saksi itu untuk melengkapi berkas Firza yang juga telah berstatus tersangka.

"Yang bersangkutan dipanggil kan sebagai saksi. Karena yang bersangkutan sedang ibadah (haji), daripada menunggu, anggota berangkat lakukan pemeriksaan," tutur dia.

Saat ini, hasil pemeriksaan tersebut tengah dievaluasi di internal penyidik Polri. Kendati, Kapolri tidak menutup kemungkinan Habib Rizieq bakal diperiksa kembali sepulangnya nanti dari Arab Saudi.

"Kalau yang bersangkutan pulang kita lakukan pemeriksaan juga kepada yang bersangkutan kalau diperlukan," ujar Tito.

Habib Rizieq sempat dikabarkan bakal pulang dari Arab Saudi pada pertengahan Agustus 2017 untuk menghadiri hari ulang tahun FPI yang jatuh pada 17 Agustus 2017. Akan tetapi, rencana tersebut batal.

Ketua Bantuan Hukum FPI sekaligus pengacara Habib Rizieq, Sugito Atmo Pawiro, mengatakan peluang kliennya pulang ke Tanah Air pada pertengahan Agustus mengecil. Apalagi Agustus tahun ini bertepatan dengan musim ibadah haji.

"Dulu ada rencana (pulang). Tapi karena ada persiapan ibadah haji, kemungkinan (pulang) kecil," ujar Sugito, Jakarta, Jumat (4/8).

 

(rr/HY/Lpt)