Ilustrasi | BeningPost.com

Menjadi perempuan modern yang mandiri bukan berarti absen dari aktifitas unjuk diri. Bekerja dan membangun karir membuat waktu yang dimiliki oleh para perempuan modern untuk terlibat dalam aktivitas sosial semakin berkurang.

Dunia maya pun menjadi cara untuk tetap eksis dan tampil dengan Selfie menjadi cara yang paling mudah yang dapat dilakukan oleh para perempuan untuk tetap terlihat aktif di dunia sosial.

Dikutip dari Guardian.com pada tahun 2014, project sosial Selfiecity melakukan penelitian terhadap 3200 instagram Selfie di 5 negara di dunia, New York, London, Moscow, Bangkok dan San Paolo.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa untuk setiap negara, Selfie lebih banyak dilakukan oleh perempuan daripada laki-laki, bahkan dengan rata-rata ratio 1:3 antara Selfie laki-laki dan wanita. Beberapa negara seperti Moscow dan Bangkok bahkan menunjukan rasio yang lebih tinggi. Selfie memang tidak dibatasi gender, namun Selfie sepertinya adalah aktivitas yang disukai oleh banyak perempuan.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Pew Research Center pada tahun 2014 juga menyatakan bahwa 68% dari perempuan muda usia millennial melakukan Selfie secara rutin, sedangkan untuk laki-laki muda hanya 42%.

Selfie adalah gambaran jati diri. Dengan Selfie menjadi sarana yang positif bagi para perempuan modern untuk mengekspresikan diri, smartphone pun terus berinovasi untuk menjadi rekan terbaik dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi perempuan untuk menunjukkan sisi terbaik mereka melalui kamera ponsel mereka

Walaupun penelitian dilakukan berbasis di US, Statistik ini menujukkan bahwa secara umum, fenomena selfie dan perempuan memiliki hubungan yang erat di berbaga belahan dunia. Penelitian mengenai Selfie dan perempuan modern juga dilakukan oleh Ideal to Real TODAY/AOL body Image Survey.

Penelitian yang dilakukan terhadap 2000 gadis remaja dan perempuan diatas 17 tahun tersebut menyatakan bahwa para 65% dari para perempuan saat ini senang melihat Selfie mereka sendiri di sosial media sebagai penambah rasa percaya diri 40% dari perempuan juga menyatakan bahwa Selfie menjadi sarana bagi mereka “menunjukkan wajah terbaik mereka kepada publik”

Beberapa produsen Smartphone tidak ragu berfokus pada kamera depan untuk Selfie.

Para produsen ini bahkan membuat kamera Selfie depan dengan resolusi lebih besar daripada kamera belakang, dan melengkapi berbagai fitur inovatif agar Selfie sempurna. 

Vivo Smartphone menjadi salah satu produsen smartphone yang konsisten untuk memberikan kenyamanan dalam Selfie. Vivo Smartphone Baru saja meluncurkan Vivo V5Plus yang menjadi smartphone dual camera 20MP+8MP pertama didunia.

Vivo Smartphone juga menyediakan fitur Bokeh dan Shoot Refocus untuk memberikan pengalaman Selfie terbaik. Dengan kualitas kamera smartphone setara DSLR, Selfie pun menjadi semakin mudah dilakukan, bukan hanya untuk eksistensi, namun juga membangun persepsi diri yang positif.

Dalam semangat International Women’s Day pada bulan Maret setiap tahunnya, Selfie menantang pandangan lama bahwa perempuan tidak perlu unjuk diri dan hanya berada dibelakang laki-laki.

Selfie memberikan momen dimana perempuan bebas menjadi diri sendiri dan mengatur bagaimana mereka ingin dilihat oleh publik. Selfie mengajarkan perempuan bahwa merasa nyaman dengan diri sendiri bukanlah sebuah aib atau tindakan narsistik dan perempuan berhak untuk membangun citra mereka sendiri.

(rr/DZ)