Ilustrasi | Stomp

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud direncanakan melakukan pertemuan dengan tokoh lintas agama. Pertemuan digelar di tempat Raja Salman menginap yakni Hotel Raffles, Jakarta Selatan.

Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Agama, Mastuki memastikan seluruh tokoh dari agama yang ada di Indonesia akan hadir dalam pertemuan tersebut. Dia menyebut beberapa nama tokoh. Semisal, Alwi Shihab, Dien Syamsuddin, Azyumardi Azra, Komaruddin Hidayat, Yudi Latif dan Yenni Wahid menjadi perwakilan dari tokoh Islam.

Organisasi keagamaan lain yang akan hadir yakni perwakilan dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Matakin Konghucu dan Walubi Budha.

"Dari Kristen adalah pengurus KWI dan PGI, begitu juga PHDI Hindu, Matakin Konghucu dan Walubi Budha," kata Mastuki saat dikonfirmasi, Jumat (3/3).

Pertemuan antara Raja Salman dengan tokoh lintas agama tersebut merupakan salah satu agenda yang difasilitasi oleh pemerintah. Presiden Joko Widodo akan kembali menjadi 'host'. Sebelumnya, Presiden juga menjadi 'host' saat Raja Salman melakukan pertemuan dengan tokoh agama islam di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (2/3).

Seperti dikutip dari laman Merdeka.com, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pemerintah menjadwalkan pertemuan tokoh lintas agama karena Raja Salman tak ingin hanya mendapatkan masukan dari tokoh Islam.

"Raja sendiri ingin bertemu tidak hanya dengan tokoh-tokoh Islam. Kemudian kami dan semua meminta agar juga ada pertemuan dengan tokoh-tokoh lintas agama," kata Lukman di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/3).

(rr/HY)