Megapolitan - Kompas.com

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al Saud baru saja mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, sekitar pukul 12.48 WIB. Selain Presiden Joko Widodo, beberapa pejabat penting juga turut menyambut, termasuk gubernur berstatus terdakwa DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Tak beberapa lama setelah menyambut Sang Raja, Ahok langsung memposting di Twitter miliknya yang beralamat di @Basuki_BTP.

Dia juga menyematkan foto saat bersalaman dengan Raja Salman diiringi dengan tulisan “Mendampingi Presiden Joko Widodo menyambut Raja Salman bin AbdulAziz al-Saud. Semoga membawa kebaikan utk hubungan kedua negara.”

Hingga pukul 14.25 WIB, postingan Ahok tersebut sudah di-reply sebanyak 237, di-retweet 700 kali dan di-like 882 kali.
 

Sebagaimana dilansir CNN Indonesia, usai proses penjemputan, Jokowi dan Raja Salman bertolak ke Istana Bogor. Mereka meninggalkan Halim pukul 12.58 WIB. Rombongan Jokowi berjalan terlebih dahulu ke Bogor.

Selama perjalanan, Raja Salman akan disambut ribuan anak sekolah yang berjejer di pinggiran jalan beberapa meter sebelum pintu masuk Istana, Bogor. Anak-anak itu menyambut kedatangan raja sambil memegang bendera Indonesia dan Arab Saudi.

Tak ketinggalan di sana pasukan berkuda dan pasukan Nusantara turut mengawal rombongan Raja Salman karena kunjungannya bersifat kenegaraan.

Sesuai rencana, Raja Salman akan mengikuti upacara penyambutan di Istana Bogor. Acara akan dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Arab Saudi dan Indonesia, berjalan bersama, dan memberikan hormat kepada bendera kebangsaan.

(rr/HY)