www.beningpost.com

Sebagai bentuk perlawanan terhadap genosida yang terjadi di Suriah beberapa pekan terakhir, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama para relawan kemanusiaan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) menggelar aksi solidaritas pedui Suriah bertema ‘Stop Memerah Darah’ di arena Car Free Day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (8/5).

Solidaritas yang bertajuk “Simphaty of Solidarity Syria” (SOS Syria) banyak menyedot perhatian peserta CFD, diantaranya datang dari Numali Tahir (21), mahasiswi Surya Global Yogyakarta yang ikut menyaksikan dan mendukung aksi SOS Syria di area Titik Nol.

Numali berharap aksi kepedulian ini bisa menggerakkan pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu Suriah.

Tak ingin ketinggalan berkomentar, Adit (12) SD kelas 6 yang ikut menandatangani spanduk dukungan mengatakan, “Sedih rasanya dengar ada banyak anak-anak di sana (Suriah) jadi korban, titip pesan buat Pak Jokowi ya…tolong (mereka) dibantu dengan uang yang banyak.” 

Sementara itu, Insan Nurrahman Vice President Aksi Cepat Tanggap (ACT), dalam orasinya, mengatakan, "Dunia sudah terlalu lama diam melihat krisis Suriah. Momentum Aleppo memerah darah menjadi saat yang tepat bagi dunia untuk ikut dalam menghadirkan perdamaian di Suriah,”

Atas nama kemanusiaan, lanjut Insan, sebaiknya berbagai pihak ikut bersimpati atas kondisi yang menimpa warga suriah, yang terluka, kehilangan anggota keluarga, kehilangan aset kehidupan bahkan ketenangan selayaknya warga negara.

Insan Nurrahman, Vice President Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Bersama masyarakat, pihaknya berharap media dan pemerintah RI ikut bersuara keras atas penderitaaan rakyat Suriah selama enam tahun terakhir ini.

Aksi solidaritas termasuk pemberian bantuan kepada warga Suriah, kata Insan, adalah aksi nyata membantu kemanusiaan. Bukan pemanfaatan situasi krisis atasnama kemanusiaan, apalagi distigma sebagai peyokong terorisme seperti yang selama ini didengungkan beberapa pihak.

Sebagai pelengkap aksi, para relawan memang menyediakan satu banner panjang sebagai media bagi para pengunjung CFD menorehkan tandatangan dukungan kepedulian untuk rakyat Suriah.

"Aksi di berbagai kota ini, akan terus berlanjut sampai pemerintah Indonesia menyatakan dukungannya kepada suriah. Dan kami juga tidak akan berhenti Aksi sampai dunia tahu dan sadar bahwa tragedi Aleppo adalah tragedi dunia," tegas Insan Nurrohman.

(rr)