www.mirror.co.uk

Mantan Kapten Manchester United, Roy Keane, mengkritik penampilan penyerang sekaligus kapten setan merah, Wayne Rooney, dalam pertandingan Liga Champions melawan PSV Eindhoven Kamis dini hari tadi, (26/11). Manchester United hanya bermain imbang dan belum bisa memastikan tempat di babak 16 Liga Champions.

Keane mengatakan bahwa permainan Mancheter United dini hari tadi buruk dan sebagai seorang kapten, Rooney bertanggungjawab terhadap hal itu. Dia menilai Rooney tak berada dalam kondisi fisik dan mental yang bagus saat ini.

"Atmosfer di Old Trafford saat ini sangat aneh, permainan mereka sangat miskin sayatan-sayatan di sisi lapangan. Kamu mendapatkan kesan bahwa para pemain menunggu sesuatu terjadi daripada melakukan sesuatu dan membuat hal itu terjadi," ujar asisten pelatih Republik Irlandia itu. 
 
"Wayne Rooney sangat kurang ketenangan dan dan tak berkualitas. Tetapi saya pikir dia sama bersalahnya dengan para pemain lainnya. Dia harus segera kembali berada dalam kondisi terbaiknya," lanjut Keane.

Keane menilai bahwa sebagai kapten, Rooney memiliki tanggungjawab lebih. Dia pun mengkritik tingkah laku Rooney di luar lapangan yang menurut dia tak memberikan contoh yang baik kepada seluruh anggota tim. Awal bulan lalu Rooney terlihat tampil di sebuah acara gulat bersama anaknya.

"Anda lihat apa yang sudah dilakukan Rooney di Old Trafford, itu adalah hal yang fantastis, catatan golnya luar biasa. Tetapi sekarang dia adalah kapten, ada tanggungjawab yang lebih besar dari saya pikir dia harus melakukan hal yang lebih," ujarnya.

"Saya selalu menanyakan kepada sejumlah pemain apa yang mereka lakukan di luar lapangan. Pekan lalu saya melihat di menghadiri acara gulat dan saya berfikir 'Kenapa dia mau terlibat dalam omong kosong seperti itu?' Tidak ada manfaatnya bagi dia," lanjut Keane. "Secara mental dan fisik dia terlihat sedang tidak baik. Dia harus melihat dirinya sendiri."

Penampilan Rooney musim ini memang menurun tajam. Dia hanya mampu mencetak satu gol dalam enam pertandingan terakhirnya bersama Manchester United. Sepanjang musim ini, Rooney juga baru mencetak dua gol di Liga Inggris.

Rooney menyadari bahwa Manchester United saat ini sedang berada dalam krisis. Anak asuhan Louis van Gaal hanya mencetak enam gol dalam delapan pertandingan terakhir mereka.

"Saya merasa kami kurang tenang, dan itu membuat kami dalam tekanan di berbagai waktu. Saya pikir kami harus mencetak lebih banyak gol sebagai tim," ujarnya usai pertandingan melawan PSV Eindhoven.

(rr/DailyM)