swellnomore.com

Banyak orang berpikir bahwa setelah mereka berusia 40-an lebih, sulit untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Padahal, banyak orang tua di sekitar kita yang memiliki kebiasaan berolahraga yang teratur, telah membuktikan bahwa mereka bisa memiliki tubuh yang sehat dan bugar pada usia berapa pun. Tentu, Anda juga pasti bisa. 

Anda harus tahu, bahwa penuaan itu tidak menyebabkan hilangnya otot dan penurunan kebugaran kardiovaskular. Kenyataannya, justru Anda sebetulnya bisa mencegah penurunan fisik Anda. Banyak ahli kebugaran mengklaim bahwa dengan membuat perubahan sederhana dalam gaya hidup, Anda dapat menurunkan 15-20 tahun usia biologis Anda.

So, jangan membatasi diri hanya karena Anda berusia lebih dari 40 tahun. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda tetap fit di usia 40 tahun lebih, seperti dilansir media online berbahasa Inggris, Women Daily Magazine:

1. Konsultasikan dengan dokter Anda 

Konsultasikan dengan dokter, jika Anda memiliki masalah kesehatan sebelum Anda mulai berolahraga.

2. Temukan tingkat kebugaran Anda saat ini 

Anda perlu mengevaluasi kekuatan otot, kebugaran kardiovaskular, komposisi tubuh, daya tahan dan fleksibilitas sebelum Anda mulai berolahraga. Pelatih berpengalaman dapat membantu Anda mengevaluasi hal-hal ini!

3. Tentukan tujuan Anda 

Anda harus menentukan tujuan Anda. Tetapkan tujuan Anda sebelum Anda mulai berolahraga!

4. Konsistensi penting 

Konsisten dan jangan menyerah!

5. Lakukan pemanasan sebelum Anda mulai berolahraga dan juga lakukan peregangan setelah Anda selesai berolahraga 

Anda perlu menghangatkan tubuh Anda karena akan merangsang aliran darah ke otot dan meningkatkan fleksibilitas Anda. Pemanasan akan membantu Anda mempersiapkan mental untuk latihan Anda. Setelah Anda selesai berolahraga, jangan lupa untuk melakukan peregangan.

6. Luangkan waktu istirahat setelah berolahraga 

Anda akan membutuhkan waktu istirahat yang lebih di usia Anda yang tak lagi muda. Beristirahat dan biarkan tubuh Anda segar kembali!

7. Pelan dan bertahap 

Jangan memaksakan diri terlalu cepat dan terlalu keras dalam berolahraga. Mulai perlahan-lahan dan bertahap!

(rr)