sigmanews.us

Presiden RI Jokowi berjanji dana talangan untuk korban lumpur Lapindo tahap II sebesar Rp164 miliar akan dibayarkan secara bertahap mulai Rabu (26/8) besok.

“Saya berharap, dana talangan dari pemerintah yang jumlahnya Rp767 miliar bisa tuntas tahun ini. Semoga akhir September nanti semua warga bisa menerima ganti rugi lumpur lapindo,” ujarnya saat menemui warga terdampak lumpur lapindo di titik 25 Lapindo, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Selasa (25/8).

Jokowi mengingatkan, kepada warga yang menerima ganti rugi agar memanfaatkan uangnya dengan baik. Terutama digunakan untuk keperluan yang utama dan penting.

“Uang ganti rugi jangan dibelikan mobil, sepeda motor, handphone atau barang-barang lain yang tidak diperlukan. Kalau bisa uang yang nantinya cair, bisa dibelikan tanah atau merenovasi bangunan rumah. Jangan dibelikan barang yang sifatnya konsumtif,” tegasnya.

Ditambahkan oleh Jokowi, ganti rugi tahap II yang akan dicairkan jumlahnya sekitar Rp164 miliar. Dana tersebut akan dibayarkan secara bertahap mulai besok, Rabu (26/8).

Jokowi minta warga yang belum menerima ganti rugi bersabar, mengingat untuk mencairkan dana yang jumlahnya Rp767 milliar tidaklah mudah dan cepat.

"Pengajuan dana tersebut harus memperoleh persetujuan dari DPR. Tapi allhamdulillah, sekarang dananya bisa cair dan dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya.

(rr/Skl)