nasional.beritaprima.com

Pengamat politik dari universitas Paramadina Hendri Satrio mengungkapkan, ada tiga pejabat di Kabinet Kerja yang tidak loyal kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketiga pejabat itu, sebut Hendri, yakni Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

"Sudah rahasia umum kalau ada beberapa menterinya Jokowi yang bukan loyalis Jokowi. Menteri Rini, Menteri Andi, Menteri Yasonna adalah beberapa menteri yang dicitrakan demikian," kata Hendri kepada wartawan, Selasa (30/6).

Namun, Hendri menduga apa yang diutarakan oleh salah satu menteri Jokowi yang menghina Presiden dikarenakan program-program di kementerian yang bersangkutan sulit berjalan, lantaran ada berbagai persoalan termasuk keuangan.

"Tapi bisa jadi itu adalah ekspresi jujur Menteri Rini terhadap tantangan yang dihadapi kementeriannya dan ekspresi jujur dirinya kepada Presiden (selaku) atasannya. Sebetulnya sih hal biasa saja bila anak buah menggerutu soal bosnya," katanya.

Dia menilai, justru yang tidak tepat adalah kenapa rekaman ini sampai bergulir ke publik, sehingga mencitrakan banyak hal.

"Jokowi butuh menteri yang loyal, yang dapat mempercepat kinerjanya," tandas Hendri.

Seperti diketahui sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan ada seorang menteri yang 'mengecilkan' presiden. Hal itu, ditegaskan kembali oleh Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah yang mengaku ada rekaman suara menteri yang telah menghina Jokowi tersebut. Diduga menteri ini, berasal dari bidang perekonomian dan berjenis kelamin perempuan.

(rr/TS)