www.beningpost.com

Putaran kedua Shell Advance Asia Talent Cup (ATC) 2015 akan digelar di Sirkuit Internasional Losail, Qatar pada 27-29 Maret 2015 mendatang. Shell Advance ATC adalah sebuah kompetisi balap motor di Asia yang menjadi jembatan menuju balap motor kelas dunia.
 
Kompetisi ini bertujuan memberikan jalur resmi kepada anak muda berbakat di kawasan Asia untuk berkompetisi di balap motor yang sangat kompetitif. Putaran pertama kompetisi Shell Advance ATC 2015 yang terdiri dari dua race dan diikuti oleh 22 orang pembalap muda dari 7 (tujuh) negara di Asia baru saja digelar di Sirkuit Internasional Chang, Thailand pada 20-22 Maret 2015 lalu.
 
Hasilnya, Indonesia berhasil menempatkan dua pembalap mudanya yaitu  Gerry Salim (Jawa Timur) dan Andi Izdihar (Sulawesi) di peringkat 10 besar. Bahkan Gerry Salim  pada race pertama di Thailand berhasil menempati posisi 3 dan maju ke podium.
 
Kedua pembalap muda Indonesia ini akan terus berlaga pada putaran kedua yang juga terdiri dari dua race dan akan berlangsung di Qatar pekan ini, sebagai bagian dari putaran pembukaan kejuaraan dunia MotoGP 2015.
 
Shell Advance ATC untuk pertama kalinya digelar pada tahun 2014. Kompetisi balap motor di Asia ini  digagas dan dipimpin langsung oleh Alberto Puig, pimpinan Akademi MotoGP sekaligus mentor yang sukses mengantar pembalap-pembalap berbakat seperti Casey Stoner dan Dani Pedrosa.
 
Sementara itu, Dorna, sebagai pemegang hak penyelenggaraan Kejuaran Dunia MotoGP dan Kejuaran Dunia FIM Superbike, yang juga mitra pengelola Red Bull MotoGP Rookies Cup menjadi pihak penyelenggara kompetisi Shell Advance ATC.
 
Shell menjadi mitra utama bagi penyelenggaraan Shell Advance ATC dengan menyediakan pelumas mesin motor Shell Advance 4T Ultra dan bahan bakar Shell V-Power untuk seluruh serial dalam kompetisi ini termasuk dalam uji balap.
 
Tahun ini, Shell Advance ATC 2015 diikuti oleh 22 pembalap muda yang berasal dari 7 (tujuh) negara yang terseleksi dari ajang pra-seleksi di Sirkuit International Sepang, Malaysia Bulan Febuari lalu. Dua puluh dua orang pembalap ini terseleksi dari 174 pembalap berumur 13 – 20 tahun dari 10 (sepuluh) negara yaitu Indonesia, India, Cina, Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, Selandia Baru dan Filipina yang mengikuti pra-seleksi di Sepang.
 
Sebelumnya pihak penyelenggara telah berhasil menyaring mereka dari sekitar 700 pendaftar untuk kompetisi tahun kedua ini.
 
Adapun 22 orang pembalap yang akan mengikuti putaran kedua di Sirkuit Internasional Losail (Qatar) terdiri dari 7 (tujuh) pembalap dari Jepang, 5 (lima) pembalap Malaysia, 2 (dua) pembalap Indonesia, 3 (tiga) pembalap Thailand, 2 (dua) pembalap Australia, 2 (dua) pembalap Cina dan 1 (satu) pembalap Filipina.
 
“Kita harus menjaga momentum ini dan kami rasa tidak ada cara yang lebih baik untuk mencari pembalap muda berbakat selain melalui ajang bergengsi Shell Advance Asia Talent Cup,” kata Dian Andyasuri,  GM Marketing Shell Lubricants Indonesia.
 
Dian juga menyatakan pada musim kompetisi 2015 telah dimulai dengan putaran pertama di Sirkuit Internasional Chang, Thailand dan kami sangat bangga karena 3 pembalap muda Indonesia dapat ikut berlaga di Shell ATC 2015.
 
“Semangat dan dukungan dari masyarakat Indonesia sangatlah diperlukan dan kami mendoakan prestasi terbaik bagi kedua pembalap muda Indonesia yang masih akan berlaga di putaran kedua. Semoga dua pembalap muda Indonesia dapat membawa nama harum bangsa Indonesia dengan prestasi terbaik di setiap putaran berikutnya,” tutur Dian.
 
Alberto Puig,  Direktur Shell Advance Asia Talent Cup juga mengatakan, pada seri tahun lalu, pembalap Jepang sangat mendominasi kompetisi ini. Tetapi sekarang, pembalap dari negara lain semakin matang yang menandakan adanya perubahan besar yang terjadi di Asia.
 
Pembalap-pembalap dari Thailand, Malaysia dan Indonesia meningkatkan level permainan mereka. “Setahap demi setahap, kami mendapatkan apa yang kami harapkan dari kompetisi Shell Advance Asia Talent Cup ini, yaitu para pembalap muda berbakat dari Asia yang siap bertarung di ajang serial balap motor dunia,” paparnya.
 
(rr/Syam)