www.analyticsvidhya.com

Qlik (NASDAQ: QLIK), pemimpin dalam teknologi penemuan data, Kamis (28/8) telah memperkenalkan Qlik® Sense Desktop, versi gratis dari aplikasi visualisasi data generasi berikut yang menghadirkan antarmuka drag-and-drop yang sederhana untuk pengguna bisnis agar bisa dengan cepat membuat visualisasi interaktif, laporan, dan dashboard.

Qlik Sense Desktop adalah versi komersial pertama dari proyek QlikView.Next. Termasuk dalam versi ini adalah mesin pengindeks data berpaten yang memberi user kemampuan tak terbatas untuk menjelajah intuisi mereka dan hubungan antar data, menemukan asosiasi-asosiasi tersembunyi dan wawasan yang bisa saja luput dari perhatian. 

Qlik Sense Desktop menghadirkan pengalaman drag-and-drop yang intuitif untuk visualisasi dan eksplorasi data, serta kemampuan pencerita yang bisa diinstal sebagai klien Windows yang mandiri. Dengan begini penyusunan dan navigasi aplikasi visualisasi data ini dapat disimpan sebagai file lokal yang bisa dibagikan dan dibuka oleh pengguna lain.

Pengguna baru dapat memulai dengan langsung menarik dokumen Excel ke dalam aplikasi, atau dengan memanfaatkan berbagai sumber data yang digunakan di dalam bisnis. Qlik Sense Desktop gratis untuk penggunaan personal dan bisnis, tidak ada batasan jumlah aplikasi yang bisa dibuat dan tidak ada batasan untuk pembagian file.

“QlikView membawa BI keluar dari back-office, membawanya ke garis depan bisnis, karena analis membuat analisa yang kuat untuk setiap proses bisnis yang terbayang,” kata Terry Smagh, Vice President for Qlik South East North Asia.

 

“Dengan Qlik Sense, kita sekarang dapat memenuhi kebutuhan yang luas untuk visualisasi data yang cepat, dashboard, dan laporan visual. Kombinasi ini memberi bisnis akses yang lebih besar kepada visualisasi data dan penemuan yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan hasil top-line maupun bottom-line untuk perusahaan apa saja.”  ia melanjutkan.

Penawaran lengkap Qlik Sense dijadwalkan akan tersedia secara umum pada bulan September 2014, akan berbasis server untuk memampukan pengembangan di sisi server dari perangkat apa saja, penggunaan mobile yang fleksibel, kolaborasi dan berbagi, serta pengembangan sesuai pesanan (custom) dan integrasi data. Akan ada juga kemampuan enterprise utama, keamanan data, dan pengaturan aplikasi dan data. Semua produk Qlik Sense akan mengindeks data agar user bisa segera memulai menjelajah dan memvisualisasikan data.

Kemampuan Qlik Sense Desktop terdiri dari: 

  • Berbagai sumber data dari file Excel sederhana hingga database ODBC bisa dimasukkan ke dalam aplikasi Qlik Sense.
  • Dashboard Drag-and-drop tercipta dalam beberapa menit saja untuk menampilkan analisa visual.
  • Menjelajah, mengasosiasikan, dan menggabungkan informasi dengan cara yang tidak dimungkinkan dengan produk lain tanpa memulai kembali untuk membuat visualisasi baru. Karena didukung oleh mesin data indexing Qlik dan pengalaman asosiatif, user bisa menjelajah secara dinamis dan menanyakan pertanyaan apa saja.
  • Pencarian Cerdas cukup ketik kata dan angka untuk memulai analisa dari keseluruhan kumpulan data.
  • Visualiasi Intuitif Cerdas menawarkan petunjuk untuk membantu pengguna baru menjelajah pola dengan meng-update dan menyorot informasi baru dan asosiasi.
  • Penceritaan Data untuk menangkap wawasan dan membagikan dalam format presentasi. User dapat menambahkan komentar atau narasi dan menelusuri langsung dari presentasi ke data Qlik Sense untuk menjawab pertanyaan segera.

Selain menawarkan Qlik Sense untuk visualisasi interaktif, Qlik akan terus menawarkan platform-nya yang telah terbukti di pasar, QlikView, memberikan pengembangan aplikasi yang memungkinkan analis dengan keahlian pengembangan minimal bisa membangun dan mempublikasikan aplikasi analitis yang handal.

(rr)