SEVA Raih Penghargaan dari Marketeers Editor's Choice Award 2024

PT Astra Auto Digital (SEVA) merupakan platform pencarian mobil yang menyesuaikan dengan kemampuan finansial konsumen, meraih penghargaan dalam Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) 2024 pada kategori “Digital Branding of The Year” untuk kampanye #JelasDariAwal. Penghargaan diserahkan oleh Marthani, Chief Operating Officer Marketeers kepada Trijoko Agung Wibowo selaku Brand & Digital Marketing Dept. Head yang diselenggarakan pada 12 September 2024 di The Djakarta Theater, Jakarta.

Lebih dari 60 HR Director Perusahaan Terkemuka di Indonesia Ramaikan “RUN TO IHCBS 2024”

Menyongsong acara puncak Indonesia Human Capital & Beyond Summit (IHCBS) 2024 yang akan dihelat pada 13-15 November mendatang, Panitia IHCBS menyelenggarakan fun run bertajuk "RUN TO IHCBS 2024" di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Pintu H, pada Sabtu 14 September 2024 mulai jam 07:00 hingga 10:00. Acara ini dirancang sebagai ajang kolaboratif dan simbol kebersamaan, diikuti oleh lebih dari 60 HR Director dari perusahaan ternama di Indonesia. Mereka yang juga secara langsung terlibat dalam perumusan blueprint Indonesia Emas 2045.

Bernadya Kejutkan Penggemar pada 'Sesi Rahasia' di Tuku Kemanggisan

Bintang penyanyi-penulis lagu Bernadya memberikan kejutan manis bagi para penggemarnya di Tuku Kemanggisan melalui sebuah sesi pertunjukan rahasia ‘Bernadya Mampir ke TUKU’ pada 11 September 2024. Selama kurang lebih satu jam Bernadya menghibur Tetangga dan Barista Tuku. Kejutan manis ini berawal dari kunjungan tim Juni Records, label rekaman Bernadya, ke Tuku Kemanggisan. Sebuah tip jar bertuliskan "Untuk Nonton Konser Bernadya!" menarik perhatian mereka. Terinspirasi dari semangat para barista untuk menyaksikan penampilan sang idola, Juni Records pun menghubungi tim Tuku untuk mewujudkan kejutan spesial ini.

Agoda Ungkap Bandung sebagai Destinasi Favorit Saat Libur Panjang Maulid Nabi

Semakin banyak banyak wisatawan yang merencanakan perjalanan domestik menjelang Maulid Nabi. Platform perjalanan digital Agoda mencatatkan peningkatan sebesar 89% dalam pencarian akomodasi domestik saat libur Maulid Nabi tahun ini, dibandingkan tahun sebelumnya. Bandung menjadi destinasi yang paling banyak dicari, disusul Yogyakarta, Bali, Jakarta, dan Malang yang berada di urutan berikutnya. Berbagai destinasi ini menawarkan beragam pengalaman, mulai dari kekayaan budaya Yogyakarta dan kehidupan perkotaan Jakarta, hingga keindahan pemandangan Bandung, daya tarik tropis Bali, dan pesona sejarah Malang. 

BJ40 Plus Mining Edition Hadir di Mining Indonesia Exhibition 2024

Memantapkan posisinya sebagai kendaraan offroad tangguh yang didesain khusus untuk penggunaan pada medan yang menantang dan tidak mudah dilalui, BAIC menampilkan BJ40 Plus Mining Edition di perhelatan Mining Indonesia 2024 - The 22nd International Mining & Minerals Recovery Exhibition yang merupakan bagian dari rangkaian Indonesia Energy & Engineering Series di JIEXPO, Kemayoran dari tanggal 11- 14 September 2024. Setelah 66 tahun sukses bergelut di dunia otomotif Internasional dengan berbagai award winning products nya dan secara resmi mengabarkan kehadirannya di Indonesia pada ajang GIIAS 2024 lalu, BAIC terus menerus berinovasi dan mempertajam posisi produk-produk yang dibawanya ke Indonesia. Salah satu produk andalan berpenampilan boxy yang memiliki daya tarik dan karakter yang sangat kuat adalah BJ40 Plus yang pada kesempatan ini tampil dengan kelengkapan khusus kendaraan untuk digunakan di lokasi pertambangan.

Benar-Benar Pro: Begini Cara Galaxy S24 Ultra Mengeluarkan Jiwa Photographer Anda

Foto berkualitas pro tidak lagi hanya untuk fotografer profesional dengan kamera besar dan lensa yang lebih besar. Hal ini karena dengan Samsung Galaxy S24 Ultra terasa seperti memiliki studio fotografer di genggaman Anda. Dengan hardware kamera canggih yang didukung oleh ProVisual Engine, teknologi Galaxy yang ditingkatkan dengan AI yang membut Galaxy S24 Ultra dapat memberikan kualitas gambar yang luar biasa saat mobile.

Back to Campus Semakin Mudah Bersama Galaxy AI di Galaxy Tab S9 FE

Tidak hanya menjadi trend semata, peran AI juga telah banyak dimanfaatkan oleh generasi muda dalam berbagai hal, seperti mengatur jadwal, melakukan pencarian, hingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal. Inovasi Circle to Search di Galaxy Tab S9 FE series pun kini mampu mendukung pengalaman belajar generasi muda. Hanya dengan software update, pengguna Galaxy Tab S9 FE series sudah bisa menikmati pengalaman Galaxy AI yang cepat dan luar biasa.

Penjualan Mobil Daihatsu Hingga Agustus Cetak Pangsa Pasar 20,1%

Daihatsu catatkan capaian penjualan positif hingga Agustus 2024. Penjualan ritel Daihatsu selama 8 bulan mencapai 117.358 unit. Secara nasional, penjualan ritel otomotif selama 8 bulan di Indonesia mencapai sekitar 580 ribu unit. Sehingga, kontribusi penjualan Daihatsu terhadap market share otomotif nasional sebesar 20,1%. Secara volume dan kontribusi model, Daihatsu masih didominasi oleh 3 model utama, seperti Astra Daihatsu Sigra sebanyak 38.837 unit, atau berkontribusi sebesar 33%; disusul Gran Max Pick Up 28.222 unit (24%); dan Terios dengan raihan 14.221 unit (12%).

ZTE dan Smartfren Hadirkan Terobosan dengan Komersialisasi Komputasi RAN berbasis Native-AI

ZTE Corporation (0763.HK / 000063.SZ), penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi terintegrasi terkemuka di dunia, bersama dengan Smartfren, perusahaan telekomunikasi dan TIK terkemuka di Indonesia, telah berhasil dalam penerapan komersial komputasi RAN berbasis Native-AI, yang menghasilkan peningkatan pengalaman pengguna sebesar 15% dan peningkatan trafik jaringan sebesar 5%. Dengan perkembangan pesat dari aplikasi layanan, jaringan seluler menghadapi tantangan yang lebih dari sekadar menangani koneksi yang masif. Menyediakan pengalaman pengguna yang berbeda, seperti throughput tinggi untuk video HD dan latensi rendah untuk online game, memerlukan strategi jaringan yang memperhatikan aplikasi layanan tertentu. Hal ini mendorong percepatan integrasi kecerdasan buatan ke dalam sistem RAN.

Optimalkan Pengalaman Pengguna Aplikasi dan Web, CleverTap Luncurkan Product Experiences

CleverTap, platform all-in-one engagement hari ini mengumumkan peluncuran Product Experiences – one-stop solution untuk bereksperimen dengan mudah dan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh web dan aplikasi untuk membantu memaksimalkan nilai seumur hidup. Dengan pendekatan no-code, UI yang ramah pengguna, dan kemampuan dan analitik segmentasi tingkat lanjut, Product Experiences memungkinkan manajer produk dan pertumbuhan mempersonalisasi serta mengoptimalkan pengalaman pengguna aplikasi dan situs web dengan mudah.

Ini Juara SIC Batch 5: Inovasi AI dan IoT Buatan Anak Bangsa

Samsung mengumumkan para pemenang Samsung Innovation Campus Batch (SIC) 5 2023/2024 untuk kategori SMA/SMK & sederajat dan universitas. Terpilih dari ribuan peserta, para pemenang merupakan para peserta dengan ide yang mengusung tema isu sosial, pendidikan, lingkungan dan energi terbarukan. Melalui SIC, keterampilan mereka diasah untuk menciptakan solusi berupa prototype AI & IoT paling inovatif dan kreatif dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Juara pertama SIC Batch 5 untuk kategori SMA, SMK, dan MA setara jatuh kepada tim Mechalvent dari MAN Insan Cendekia Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Mereka menyodorkan ide solusi Bioner-S: Smart Biomassa Energy. Prototipe ini merupakan pembangkit listrik pintar berbasis IoT yang menggunakan bahan bakar limbah biomassa dari pertanian dan mampu menganalisa arus listrik yang dihasilkan menggunakan teknologi AI. 

SEVA Bukukan Lebih dari 5.300 Instant Approval Sepanjang GIIAS 2024

PT Astra Auto Digital (SEVA), sebagai platform pencarian mobil yang menyesuaikan dengan kemampuan finansial konsumen, mencatatkan total 5.395 Instant Approval, 135% dari target di GIIAS Tangerang dan Surabaya 2024 atau meningkat 17% dibanding periode yang sama di tahun lalu sebanyak 4.618 Instant Approval. Instant Approval merupakan fitur unggulan SEVA yang memberikan kepastian persetujuan kredit mobil baru dalam waktu kurang dari 30 menit dengan melakukan proses "e-KYC" dengan mengisi sejumlah data identitas dan foto KTP.

nubia V60 Design Diluncurkan di Indonesia: Perpaduan Keanggunan dan Inovasi

ZTE Mobile Devices Indonesia, dengan bangga mengumumkan peluncuran Smartphone dengan Desain Trendi dan Performa Tanpa Batas, nubia V60 Design. Smartphone ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman mobile generasi muda dengan teknologi canggih dan desain yang estetik. Chen Xinyu, Country Manager ZTE Mobile Devices Indonesia, menunjukkan antusiasmenya atas peluncuran smartphone baru ini di Indonesia. “nubia V60 Design mewakili komitmen kami untuk menghadirkan teknologi terkini dan pengalaman pengguna yang tak tertandingi. Smartphone ini menghadirkan perpaduan antara performa luar biasa dan desain yang super trendy yang menggarisbawahi dedikasi kami terhadap inovasi dan keunggulan, serta memenuhi berbagai kebutuhan serta preferensi generasi muda Indonesia pada era digital ini.”

Teknologi e:HEV Honda Raih Penghargaan "10 Best Engines & Propulsion Systems Award"

Teknologi hybrid (e:HEV) yang digunakan pada model Honda Civic 2025 berhasil menerima penghargaan bergengsi "10 Best Engines & Propulsion Systems Award" dari WardsAuto di Amerika Serikat. Penghargaan ini merupakan kali kedua teknologi e:HEV Honda mendapatkan pengakuan dari WardsAuto. Para editor WardsAuto melakukan uji coba pada sistem hybrid Honda Civic 2025 dan menyatakan bahwa sistem ini unggul dalam hal tenaga, efisiensi dan kehalusan operasional.

nubia V60 Design Segera Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia akan segera meluncurkan salah satu smartphone andalannya yang stylish dan memiliki performa yang kuat di kelasnya, yaitu nubia V60 Design.  Dirancang untuk meningkatkan pengalaman mobile generasi muda dengan teknologi canggih dan desain yang estetik, peluncuran smartphone ini mewakili komitmen nubia untuk menghadirkan teknologi terkini dan pengalaman pengguna yang unggul. 

Mirae Asset Prediksi IHSG Bisa ke 7.915 dan Sektor Retail Akan Positif di Kuartal IV/2024

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi pasar saham terutama sektor retail akan diuntungkan dari potensi pemangkasan suku bunga oleh otoritas moneter pada kuartal terakhir tahun ini. Martha Christina, Head of Investment Information Mirae Asset, mengatakan Mirae Asset memiliki prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat naik hingga 7.915 dan sektor ritel akan menunjukkan kinerja positif di kuartal IV/2024. Prediksi itu dapat terealisasi ketika kebijakan pemangkasan suku bunga direalisasikan Bank Indonesia sebelum akhir tahun. Penurunan suku bunga tersebut diperkirakan akan memperkuat daya beli masyarakat serta mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga.

Samsung TV AI Neo QLED 8K Jadikan Standar Baru Menonton TV

Samsung Electronics memperkuat komitmennya untuk memberikan inovasi dan pengalaman menonton dengan terobosan-terobosan lebih dari sekadar kualitas gambar untuk menawarkan pengalaman menonton yang lebih berkualitas, mudah, dan sesuai preferensi gaya hidup pengguna. Kini, melalui pengintegrasian teknologi AI, Samsung makin mengukuhkan posisinya di puncak, setelah memimpin industri TV global selama 18 tahun berturut-turut.

Zebra Technologies Menambahkan Tools Deep Learning Baru ke Software Machine Vision Aurora

Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), penyedia solusi digital terdepan yang memungkinkan bisnis secara cerdas menghubungkan data, aset, dan manusia, hari ini mengumumkan jajaran fitur AI mutakhir yang meningkatkan kemampuan software machine vision Aurora-nya dalam memberikan kemampuan deep learning untuk penggunaan pemantauan visual. Sebanyak 61% pemimpin manufaktur di dunia berharap AI akan mendorong pertumbuhan hingga 2029, menurut 2024 Manufacturing Vision Study dari Zebra. Laporan Zebra lainnya mengenai AI dalam industri Otomotif menemukan bahwa AI, seperti deep learning, sedang digunakan di rantai pasokan otomotif, namun pengguna ingin AI mereka melakukan lebih banyak hal – fitur-fitur baru ini merupakan respons atas kebutuhan industri tersebut.

Didukung oleh Produk SUV Honda, Penjualan Honda pada Agustus 2024 Tumbuh 10%

PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali mencatat tren  penjualan positif, sebanyak 8.515 unit pada bulan Agustus 2024. Perolehan ini mengalami kenaikan sebesar 10% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, didukung oleh penjualan model-model SUV unggulan Honda seperti Honda HR-V, Honda BR-V dan Honda WR-V. Honda HR-V meraih penjualan SUV tertinggi dengan 1.523 unit atau meningkat sebesar 28% dari bulan sebelumnya. Kemudian Honda BR-V membubuhkan penjualan sebanyak 842 unit atau meningkat 46% dibandingkan bulan sebelumnya. Di segmen Compact SUV, Honda WR-V terjual sebanyak 1.127 unit dan Honda CR-V terjual sebanyak 220 unit.

Kini Chery TIGGO 8 SUV 7-Seater Sudah Mulai Diproduksi

Model terbaru dari seri Chery TIGGO, yaitu Chery TIGGO 8 akan segera hadir untuk konsumen otomotif Indonesia. Kini, TIGGO 8 sudah mulai diproduksi di tanah air, dan tak lama lagi siap diluncurkan secara resmi dan didistribusikan kepada konsumen. Sesuai dengan komitmen, kendaraan Chery yang dipasarkan di tanah air akan diproduksi CKD (Completely Knocked Down). Tak hanya itu, Chery akan memenuhi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sesuai dengan aturan yang berlaku.

Moxa Catatkan Lebih Dari 4.300 Pengguna Baru Selama GIIAS 2024

PT Astra Kreasi Digital (Moxa) merupakan wealth tech app yang menawarkan solusi keuangan kepada pelanggan di setiap fase kehidupan, Moxa mencatatkan lebih dari 4.300 pengguna baru, meningkat 99% dibandingkan GIIAS 2023 yang mendapatkan 2.156 pengguna baru. Lim Lizal Santoso selaku CEO Moxa, Moxa senantiasa berupaya untuk memberikan penawaran terbaik bagi pelanggan. Di GIIAS 2024, Moxa berkolaborasi dengan unit bisnis Astra Financial, yaitu FIFGROUP dan Astra Life untuk memberikan penawaran terbaik, khusus pengunjung GIIAS 2024. Harapannya, hal tersebut dapat memberikan layanan dan penawaran yang bisa lebih menguntungkan pelanggan.

Subaru Indonesia Club Campventure; Camping bareng Pemilik Subaru

Sebagai brand yang dekat dengan alam dengan daya jelajahnya melalui fitur Symmetrical All-Wheel Drive, PT Plaza Auto Mega bersama komunitas resmi Subaru Indonesia Club (SIC) mengadakan SIC Campventure. Acara camping bareng pemilik Subaru ini berlangsung selama 2 hari, melintasi jarak sejauh 360 km, mendaki hingga 1850mdpl, dan diikuti 72 peserta yang ikut di dalam 32 mobil Subaru. Acara dimulai dari Plaza Subaru Tebet, menginap di Pangalengan, dan kembali melalui rute Soreang.

Cara Efektif Menghemat Bahan Bakar dari Hyundai Gowa

Bahan bakar adalah komponen yang penting untuk sebuah kendaraan. Merujuk kepada revisi Perpres No.191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak, pemerintah akan menerbitkan kebijakan pembatasan bensin Pertalite. Adapun kebijakan ini diperkirakan dimulai per 1 Oktober 2024. Selain itu, pembatasan bahan bakar minyak juga bertujuan untuk mengurangi polusi udara, khususnya di kota-kota besar. 

TUMI Luncurkan Koleksi Terbaru Voyageur Leather dan 19 Degree Frame untuk Musim Gugur 2024

Brand travel dan gaya hidup internasional TUMI meluncurkan versi baru yang memukau dari Voyageur Leather dan 19 Degree Frame, dua koleksi TUMI yang paling disukai. Untuk merayakan koleksi Musim Gugur 2024 terbaru ini, TUMI menunjuk Mun Ka Young, aktris terkemuka asal Korea Selatan sebagai duta global untuk membintangi kampanye imersif yang membawa pemirsa ke jalanan Seoul selama sehari dalam hidupnya bersama TUMI di sisinya.


Ibrahim, Orang Dianggap “Gila” yang Jadi Nabi

Hartono Kohar, Penyuka Ziarah Kubur

Nabi Ibrahim dikenal sebagai bapaknya tiga agama Samawi: Islam, Kristen dan Judaism, maklum pembawa ketiga agama tesebut adalah keturunan nabi Ibrahim. Islam yang diterima Nabi Muhammad SAW adalah keturunan Nabi Ismail, anaknya Ibrahim lewat istrinya Siti Hajar yang konon seorang budak wanita berkulit hitam, sementara Kristiani dan Judaism diterima oleh keturunan Ibrahim lewat istrinya Siti Sarah yang seorang wanita bangsawan cantik berkulit bersih. Jangan heran, kalau sebagian penganut Kristiani dan Judaism merasa mereka lebih tinggi dan memandang rendah kaum muslimin mengingat Nabi mereka lahir dari istri Nabi Ibrahim yang seorang bangsawan.

 

Jill Abramson

Agar Menang, Clinton Harus Meniru Jiwa Perjuangan Sanders

Jill Abramson, Kolumnis politik untuk media `The Guardian`, Editor senior di `New York Times`

Apa yang Bernie Sanders perjuangkan? Selain pidato inspiratif, seorang calon presiden Amerika Serikat (AS) harus memiliki rencana kebijakan dan program kerja yang jelas. Namun, pada suatu pertemuan dengan dewan redaksi New York Daily News, Sanders tidak dapat menjelaskan rencana kebijakannya secara spesifik dan jelas, tanpa membuat negara bangkrut.


Mengapa New York Penting bagi Sanders dan Clinton?

Clinton telah memenangkan lebih banyak negara bagian, mayoritas suara, dan delegasi, namun Sanders memiliki momentum. Sanders memenangkan 7 dari 8 pemilihan pendahuluan terakhir, termasuk pemilihan pendahuluan Wisconsin dan kaukus Wyoming pekan lalu. Namun, pemilihan pendahuluan New York tanggal 19 April dan serangkaian negara bagian lainnya pada 26 April memberikan kesempatan bagi Clinton untuk mengubah wacana, baik secara praktis maupun psikologis.

Jeremy W. Peters

Pemilih Biasa Merasa Tersisihkan oleh `Superdelegate`

Jeremy W. Peters, Koresponden kanal kampanye Pilpres 2016 untuk The New York Times

Selama bertahun-tahun, baik Partai Demokrat maupun Republik telah menggunakan proses berbelit untuk memilih calon presiden, proses yang hanya melibatkan pemilih biasa secara tidak langsung. Ketika rakyat Amerika berbondong-bondong memilih kandidat dari luar partai, gerakan ini dibatasi oleh aturan main partai, dan mereka disadarkan dengan realitas. Kebingungan dan kemarahan mereka menambah kerentanan pemilihan umum atas tuntutan keadilan dan kesetaraan.

 


Tekanan Donald Trump terhadap Imigran akan Menjadi Bumerang

Bakal calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, telah mengemukakan detil rencana pembangunan tembok perbatasan antara AS dan Meksiko, jika ia menjadi Presiden AS. Trump menyampaikan, Meksiko harus membayar $5-10 millar untuk pembangunan tersebut, jika tidak, Trump berencana untuk memblokir pengiriman uang tenaga kerja Meksiko ke negara asalnya.

Nick Gass

Sanders Kalahkan Clinton di Wisconsin, Apakah Berpengaruh?

Nick Gass, Penulis di portal berita Politico.com

Bernie Sanders menang telak di pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Wisconsin, hari Selasa (05/04) lalu, yang merupakan kemenangan ketujuh dari delapan pertarungan melawan Hillary Clinton menuju pertarungan penentu di New York pada 19 April nanti. Kemenangan Sanders dalam dua minggu berturut-turut ini berperan penting untuk membuktikan bahwa ia bisa menjadi ancaman serius bagi Clinton sampai konvensi Partai Demokrat pada bulan Juli di Philadelphia.


Apakah Sanders bisa Mengejar 988 Suara Lagi untuk Memenangkan Nominasi Partai Demokrat?

Setelah kemenangan besar berturut-turut di Washington, Alaska, dan Hawaii pada Sabtu lalu—hari terbaik sepanjang masa kampanyenya—Bernie Sanders mempersempit margin dengan Hillary Clonton. Namun, Sanders masih memiliki pekerjaan rumah yang panjang. Sanders membutuh 988 suara lagi—hampir 57% untuk memenangkan mayoritas suara pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Christina Wilkie

Kartu As Donald Trump untuk Fox News

Christina Wilkie , Wartawan politik, The Huffington Post

Ketika bakal calon presiden Partai Republik Donald Trump menyerang Fox News dan pembawa beritanya, Megyn Kelly, musim panas lalu, banyak pengamat politik melihat manuver tersebut sebagai awal kampanye Trump. Mengapa orang yang mengejar nominasi presiden dari Partai Republik menyerang jaringan media yang memiliki pengaruh besar terhadap elektorat Partai Republik?

 

Dadang Kusnandar

Bukan Buih

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

SETIAP lembaga/ organisasi/ institusi pasti ada saatnya untuk memperbarui kepengurusan/ kepemimpinannya sesuai dengan AD/ART masing-masing. Pembaruan kepengurusan secara regular itu menandakan bahwa lembaga tersebut melaksanakan mekanisme kepengurusannya dengan baik. Sebaliknya jika kepengurusan suatu lembaga tidak berubah, konstan, atau tetap diisi wajah-wajah lama, mempertahankan status quo --maka lembaga tersebut mengalami stagnasi serta gagal dalam hal kaderisasi kepengurusan. Tidak terkecuali lembaga agama seumpama Muhammadiyah. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Cirebon 2010-2015 telah berakhir masa baktinya pada Sabtu 19 Maret 2016 dan Minggu 20 Maret 2016  menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di SMK Muhammadiyah Kota Cirebon di Jl. Syarif Abdurahman (dulu bernama Jl. Bahagia). 

Dadang Kusnandar

Gaduh

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

Presiden Joko Widodo disarankan untuk mengambil langkah yang bijak untuk meredam kegaduhan di kabinet. Tak perlu langsung menindak semua pihak, Jokowi harus lebih dulu menentukan mana menteri yang sebenarnya salah. Jangan sampai kegaduhan berakhir begitu saja, ya sudah yang penting diam. Atau semua yang ribut diganti, tapi perlu dicari siapa yang benar siapa yang salah, kata Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pereira awal Maret 2016 yang baru lalu.