Pasangan calon gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba-Muhammad Nasir Thaib menjadi pasangan pertama yang mendaftarkan diri ke KPUD Maluku Utara pada Sabtu (23/3/2013) siang.

Tiba sekitar pukul 12.00 WIT, pasangan dengan sebutan AGK-Manthab ini diterima langsung fungsionaris KPU dengan baik.

"Didukung enam partai, syarat dukungan telah memenuhi sementara pasangan calon lain masih sibuk pencari dukungan partai," ujar Ketua KPUD Malut Muliadi Tutupoho seperti keterangan yang diterima Beningpost.

Pasangan yang diusung PKS ini mendapat dukungan dari lima parpol lainnya, yaitu PPRN, PKB, PDK, Republikan, dan PKPI. Pasangan AGK-MANTHAB menyerahkan langsung berkas kepada kabag teknis KPU untuk diverifikasi.

KPU telah menetapkan masa pendaftaran calon gubernur dibuka hingga tanggal 26 Maret pukul 23.59 WIT. Masih ada 3 hari waktu tersedia untuk pasangan lain mengajukan calon untuk mengikuti pilkada gubernur yang akan dilaksanakan pada 1 Juli 2013 mendatang.

"Kami sudah menerima seluruh berkas. Kekurangan berkas dpt dilengkapi sebelum penutupan pendaftaran tanggal 26 Maret," ujar anggota KPUD Maluku Utara, Aji Deni.
 
 
 
 
(msm)