www.beningpost.com

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) kembali menggelar kompetisi layanan penjualan dan layanan purna jual bertajuk DCVI TechMasters dan Truck SalesMasters 2022. Tahun ini merupakan kedua kalinya perhelatan kompetisi DCVI TechMasters dan Truck SalesMasters digelar pasca pandemi COVID-19.

Sebelumnya TechMasters terlaksana secara sukses pada tahun 2019-2020 dengan dua kategori, yaitu kategori bus dan truk. Juara di kategori bus diraih oleh PT Transforma Oto Prima-Surabaya dan juara kategori truk diraih oleh PT Citrakarya Pranata-Bandung.

Sementara itu, Truck SalesMasters pertama kali diadakan pada tahun 2021 secara online dengan dua kategori yaitu Truk Mercedes-Benz Axor dan Truk Mercedes-Benz Actros/Arocs. Gelar juara diraih oleh PT Hartono Raya Motor Jakarta dan PT Alun Indah Jakarta.

Tahun ini, kedua kompetisi tersebut digelar kembali dan diadakan serentak di Ciputat dan Wanaherang (6 Februari 2023). Melalui perhelatan kedua kompetisi ini, diharapkan diler resmi DCVI dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan andal bagi masyarakat.

Proses penilaian panjang

Kualifikasi kedua kompetisi yang diikuti oleh 27 diler resmi DCVI se-Indonesia ini dimulai pada bulan November 2022. Setelah melewati penilaian dan seleksi ketat selama tiga bulan, pada 6 Februari 2023 DCVI menyelenggarakan babak final kedua kompetisi secara tatap muka langsung.

DCVI TechMasters 2022/2023 merupakan serangkaian kompetisi yang ditujukan untuk mengasah kemampuan tim dari diler resmi DCVI. Berbeda dengan TechMasters terdahulu yang merupakan pertandingan antar individu, tahun ini terdapat tiga elemen job profile yang disatukan dalam satu tim, yaitu Service Advisor, Part Process Specialist, dan Technician.

Proses kompetisi sudah dimulai sejak awal bulan November 2022 hingga Februari 2023, terdiri atas rangkaian preliminary test dan final test. Terdapat 12 tim yang lolos ke babak final dan kemudian disortir menjadi tiga tim terbaik dari setiap kategori melalui tes pengetahuan job profile secara individu dan tes praktik yang dilakukan per tim.

Babak final kompetisi DCVI TechMasters 2022/2023 dilaksanakan di DCVI CSP Training, Ciputat, Tangerang Selatan. Kompetisi bertaraf nasional ini menghasilkan beberapa finalis untuk tiga kategori, yaitu Truk Mercedes-Benz Axor, Truk Mercedes-Benz Actros/Arocs, dan Bus Mercedes-Benz. Berikut list diler yang berhasil lolos ke babak final: PT Alun Indah, PT Bintang Kutai Motor, PT Citrakarya Pranata, PT Eurotruk Transindo, dan PT Hartono Raya Motor, serta PT Panji Rama Otomotif.

Pada waktu yang bersamaan, babak final kompetisi DCVI Truck SalesMasters 2022 juga dilaksanakan di Event Hall Wanaherang, Bogor. Kompetisi DCVI Truck SalesMasters untuk kedua kalinya diadakan untuk truck sales consultant di diler resmi DCVI. Terdapat dua rangkaian besar pada kompetisi ini, yaitu rangkaian screening penjualan dan pencapaian retail tiap diler, lalu dilanjutkan dengan rangkaian final yang terdiri dari studi kasus, tes pengetahuan produk, tes praktik, hingga kuis pengetahuan. Kategori yang dilombakan adalah kategori Truk Mercedes-Benz Axor dan Truk Mercedes-Benz Actros/Arocs. Setiap kategori memiliki kesempatan untuk tiga pemenang yang akan menjadi juara.

Terdapat 15 finalis yang mengikuti babak final dan dipilih sebanyak tiga finalis terbaik untuk kedua kategori. Finalis yang masuk ke babak final adalah perwakilan dari: PT Alun Indah, PT Annapurna Jaya Agung, PT Armada Trans Persada, PT Bintang Kutai Motor, PT Citrakarya Pranata, PT Eurotruk Transindo, PT Gowa Kencana Motor, PT Hartono Raya Motor, PT Kedaung Satrya Motor, PT Mitra Oto Prima, PT Panji Rama Otomotif, dan PT Star Wagen Indonesia.

“Kami berharap kedua kompetisi ini bisa menjadi ajang pembelajaran dan pengembangan diri kepada truck sales consultant dan tim purna jual dari diler resmi DCVI di seluruh Indonesia. Layaknya tahun-tahun sebelumnya, kompetisi ini bertujuan untuk menciptakan duta-duta baru dari layanan terbaik diler resmi DCVI. Dan saya percaya, kompetisi ini juga dapat meningkatkan kebanggaan dan pencapaian para peserta sebagai bagian dari keluarga besar Daimler Commercial Vehicles Indonesia,” tutur Naeem Hassim selaku Presiden Direktur PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia.

Mengamini penuturan Naeem Hassim, Faustina selaku Kepala Produk dan Pemasaran PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia juga membagikan harapannya mengenai ajang kompetisi ini. “Perkembangan dunia otomotif sangat dinamis dan berevolusi dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir dan kendaraan niaga akan mengalami siklus inovasi lebih cepat daripada rencana dan strategi yang telah disusun. Prioritas kami adalah menyediakan produk dan layanan yang tepat untuk pelanggan dan untuk mempertahankan prestasi Truk dan Bus Mercedes-Benz, kita harus mampu mengikuti perkembangan yang ada dan meningkatkan kontribusi kita di pasar. Kompetisi ini didesain untuk mengembangkan lebih banyak talenta berpengalaman dalam bisnis kendaraan niaga yang kami jalankan sehingga pelanggan dapat menerima produk truk dan bus beserta pelayanannya yang sesuai dengan aktivitas operasional.” ujarnya.

Naeem mengatakan kompetisi ini merupakan ajang peningkatan kemampuan dan improvisasi dalam bidang yang mereka geluti. ”Tentu dengan adanya kompetisi ini, para peserta bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi diler tempat mereka bekerja atau untuk peningkatan kemampuan mereka. Karena tidak hanya berkompetisi, di sini mereka bisa bertukar ilmu dengan rekan sejawat,” tegasnya.

Untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi, khususnya di bidang transportasi kendaraan niaga di Indonesia, kompetisi DCVI TechMasters 2022/2023 & Truck SalesMasters 2022 hadir sebagai bukti dari komitmen Daimler Commercial Vehicles Indonesia untuk secara konsisten berkontribusi dalam tumbuh kembang transportasi Indonesia dengan memberikan produk terbaik, suku cadang yang selalu terjaga dan pelayanan maksimal.

Berikut daftar pemenang untuk TechMasters 2022/2023 dan Truck SalesMasters 2022:

VI TechMasters 2022/2023

  • Mercedes-Benz Axor - PT CITRAKARYA PRANATA – BANDUNG
  • Mercedes-Benz Actros/Arocs - PT EUROTRUK TRANSINDO – SAMARINDA
  • Bus Mercedes-Benz - PT HARTONO RAYA MOTOR – DENPASAR

DCVI Truck SalesMasters 2022

  • Mercedes-Benz Actros/Arocs - PT ALUN INDAH – JAKARTA
  • Mercedes-Benz Axor - PT STAR WAGEN INDONESIA - BALIKPAPAN

Sebagai bentuk apresiasi, para pemenang DCVI TechMasters 2022/2023 mendapatkan total hadiah sebesar 180 juta rupiah. Sedangkan untuk kompetisi Truck SalesMasters 2022 total hadiah yang didapatkan para pemenang adalah 59 juta rupiah. Tidak hanya itu, mereka juga memperoleh piagam dan sertifikat.

(rr/Syam)