www.beningpost.com

MediaTek hari meluncurkan Dimensity 9200, cipset 5G terbaru yang mendukung smartphone unggulan ke depan. Didesain untuk kinerja luar biasa dan sangat hemat daya, SoC baru ini akal memberikan pengalaman bermain game yang imersif (3D), gambar yang tajam, dan dukungan dua konektivitas mmWave 5G juga sub-6GHZ kepada konsumen di seluruh dunia.

“MediaTek Dimensity 9200 menggabungkan performa terbaik dengan penghematan daya yang signifikan, memperpanjang daya pakai baterai, dan menjaga smartphone tetap dingin,” ujar JC Hsu, Corporate Vice President dan General Manager pada unit bisnis komunikasi nirkabel MediaTek.

JC Hsu mengatakan, dengan dukungan pengambilan gambar yang lebih cerah dan kecepatan gaming yang ditingkatkan, sekaligus peningkatan tampilan baru, Dimensity 9200 akan menghadirkan kemungkinan baru untuk smartphone generasi berikutnya yang datang dalam berbagai gaya dan bisa dilipat. 

Dimensity 9200 adalah cip smartphone pertama yang mengintegrasikan Arm Cortex X2 ultra-core dengan kecepatan operasi lebih dari 3GHz, sekaligus yang pertama menampilkan GPU Arm Immortalis dengan mesin ray tracing berbasis perangkat keras.

Cipset ini juga membawa MediaTek HyperEngine 6.0 Gaming Technology untuk aksi cepat, sehingga gamer dapat merasakan sensasi luar biasa dalam setiap detail adegan.

Selain itu, dengan dukungan tampilan gaming berkinerja tinggi, resolusi yang luar biasa, serta desain lipat yang diperluas, teknologi layar MediaTek MiraVision 890 dari cipset ini benar-benar menghadirkan konten terasa hidup. 

Dikenal hemat daya dengan teknologi eXtreme Power Saving untuk AI-super resolution dan AI-noice reduction task, Dimensity 9200 memberikan hemat daya hingga 35 persen dalam pengambilan video 4K HDR dengan AI-NR serta hemat daya AI-SR di semua aplikasi visual.

Peningkatan AI Processing Unit (APU 6.0) generasi keenam dari cipset ini mencakup kecepatan peak clock hingga 18 persen lebih cepat dan hemat daya 30 persen dibandingkan dengan APU generasi kelima. 

Dimensity 9200 adalah didesain untuk smartphone berkemampuan Wi-Fi 7 pertama, yang mendukung kecepatan data hingga 6,5 Gbps. Cipset ini mengintegrasikan antara kecanggihan modem 5G built-in dengan AI yang berguna untuk pencarian jaringan lebih cepat, pemulihan koneksi 5G dari zona tanpa sinyal (dead zones), dan peningkatan konektivitas cerdas lainnya.

Selain itu, cipset ini juga memberikan pengalaman 5G mulus saat peralihan antara sub-6Ghz jangkauan jauh dengan koneksi mmWave supercepat secara bersamaan. Pengguna juga dapat terkoneksi di mana saja berkat teknologi koeksistensi Bluetooth dan Wi-Fi MediaTek—memungkinkan Wi-Fi, audio hemat energi (low energy audio), dan periferal nirkabel, seperti gamepad bisa terhubung bersamaan tanpa gangguan.

Sementara, sistem antena ganda cipset secara cerdas beralih antara kinerja ekstrem dan antena berdaya super-rendah berdasarkan kebutuhan real time pengguna.  

Lebih jauh, pemrosesan gambar Imagiq 890 dari cipset juga mendukung pengambilan yang menakjubkan baik penggunaan dalam kondisi cahaya redup, terang, atau di antara keduanya. Dengan dukungan asli yang pertama untuk sensor RGBW, smartphone yang ditenagai Dimenisty 9200 bakal dapat menghindari konversi Bayer, hemat daya hingga 34 persen lebih banyak ketimbang solusi yang dihadirkan kompetitor.

Selain itu, pengguna bisa membuat video sinematik yang lebih baik serta menikmati teknologi AI motion unblur berkat teknologi pengambilan foto AI-NR yang cepat dan akurat dari MediaTek. Untuk perekaman video, teknologi Video Stream Engine menggabungkan APU dan ISP cipset sehingga memungkinkan produsen smartphone untuk menambahkan AI-video yang unik, tentu saja lebih cepat dan hemat energi. 

Fitur utama lainnya dari MediaTek Dimensity 9200, meliputi:

  • Proses 4nm TSMC Generasi ke-2: Dukungan ini jelas meningkatkan hemat daya, dikombinasikan dengan desain paket termal inovatif MediaTek, sehingga smartphone tetap dalam kondisi dingin.
  • Teknologi tampilan mutakhir: Mendukung Full HD+ hingga 240Hz, WHQD hingga 144Hz dan 5K (2.5Kx2) hingga 60Hz, dengan teknologi kecepatan refresh adaptif untuk pengalaman pengguna tanpa gangguan.
  • Tampilan semantik visual AI: Mengoptimalkan kualitas gambar dengan segmentasi banyak orang dan manajemen warna banyak lapisan per adegan.
  • MediaTek AI-SR/MEMC: Menghadirkan streaming video terbaik di kelasnya.
  • SGS Certified MediaTek Blulight Defender: Memastikan pengalaman menonton yang lebih nyaman.
  • Teknologi Bluetooth LE Audio-ready: Menghadirkan latensi audio terbaik di kelasnya dengan Dual-Link True Wireless Stereo Audio untuk kualitas suara yang luar biasa.
  • LPDDR5X dengan dukungan memori hingga 8533Mbps: Memberikan memori smartphone

Produsen smartphone dapat menggunakan program Dimensity Open Resource Architecture (DORA) MediaTek untuk menyesuaikan fitur Dimensity 9200 untuk pasar lokal, kebutuhan pelanggan, dan persyaratan smartphone.

Smartphone yang ditenagai oleh Dimensity 9200 akan tersedia di pasar pada akhir 2022.

(rr/Syam)