www.beningpost.com

Samsung Electronics Co., Ltd. baru-baru ini mengumumkan peluncuran Samsung Space Tycoon (“Space Tycoon”), sebuah taman bermain virtual yang dibangun di dalam platform metaverse global Roblox.

Space Tycoon adalah sebuah arena virtual di mana pengguna dapat membuat dan bermain game serta berbagi pengalaman menggunakan produk-produk Samsung Electronics bersama dengan karakter alien di luar angkasa, mengambil petunjuk desain dan fungsionalitas dari genre simulasi bisnis 'tycoon'.

Samsung menciptakan layanan ini dengan menargetkan para konsumen Gen Z untuk memberi mereka pengalaman metaverse yang terintegrasi di mana mereka dapat membuat dan menikmati produk Samsung mereka sendiri. Tujuan Samsung adalah untuk memungkinkan konsumen Gen Z merasakan pengalaman dari brand dan berinteraksi satu sama lain.

Jinsoo Kim, Executive Vice President at Corporate Design Center, Samsung Electronics mengatakan, Space Tycoon dirancang untuk menjadi sebuah taman bermain dimana orang-orang dapat merasakan berbagai kemungkinan yang tidak terbatas dalam ruang virtual.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada para Gen Z untuk merasakan produk Samsung dengan cara yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Kami akan terus menampilkan konten yang dapat menghadirkan pengalaman digital yang lebih bermakna dan menghibur bagi pengguna kami saat ini dan di masa mendatang,” tambahnya.

Terletak di Samsung Space Station bersama laboratorium penelitian tempat para karakter alien melakukan penelitian pada produk-produk terbaru Samsung, Space Tycoon terdiri dari tiga area bermain spesifik: Mining Zone untuk pengadaan sumber daya, Shop untuk pembelian item game, dan Lab untuk manufaktur produk.

Di Space Tycoon, dengan memanfaatkan sumber daya hasil penggalian, pengguna dapat merancang berbagai produk Samsung — dari smartphone Galaxy hingga bermacam TV dan elektronik rumah tangga — dan membeli atau melakukan upgrade pada item game.

Pengguna pun bisa makin kreatif dengan memulai proses ini dengan produk yang telah ada di kehidupan nyata dan melakukan makeover untuk menjadikannya gadget dalam game.

Misalnya, smartphone lipat Galaxy Z Flip dapat berubah menjadi tas atau skuter, seperti halnya pengguna akan lebih imajinatif dengan vacuum cleaner Jet Bot yang berubah menjadi hoverboard atau The Sero TV menjadi helikopter.

Saat ini, lebih dari 20 produk Samsung tersedia di Shop di mana warna barang yang dibeli dapat berubah secara acak tergantung pada level yang dicapai, dan rangkaian produk baru akan diperbarui secara berkala.

Space Tycoon akan diluncurkan secara bersamaan dalam 14 bahasa, termasuk Bahasa Korea, Inggris, Cina, dan Spanyol. Fitur tambahan di mana pengguna dapat berinteraksi satu sama lain, berbagi kreasi mereka atau menghadiri pesta virtual eksklusif akan ditambahkan lebih lanjut di masa mendatang.

Selain itu, Samsung akan mengadakan acara online khusus melalui situs web Samsung.com sebagai bagian dari kampanye #YouMake yang berfokus pada pemilihan warna dan pengumpulan produk Samsung.

(rr/Syam)