www.beningpost.com

Setelah diluncurkan pada April 2021 lalu, Daihatsu Rocky mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, salah satunya dari Sahabat Klub yang merupakan komunitas pengguna mobil Daihatsu di seluruh Indonesia.

Dalam rangka memberikan informasi seputar teknologi terkini kepada Sahabat Klub, Daihatsu kembali selenggarakan Auto Clinic bertema “Teknologi A.S.A. dan D-CVT Daihatsu Rocky” secara virtual pada 28 Agustus 2021 lalu yang diikuti oleh pengurus dan anggotanya yang tergabung di 20 komunitas mobil Daihatsu di seluruh Indonesia.

Sesuai temanya, Daihatsu membedah teknologi baru yang terdapat di Rocky. Teknologi A.S.A (Advanced Safety Assist) merupakan fitur keselamatan aktif dan tertinggi di kelasnya, yang berfungsi memberikan bantuan bagi pengemudi untuk meminimalisir resiko kecelakaan, seperti fitur peringatan ketika terdeteksi potensi tabrakan, sistem pengereman untuk mengurangi dampak benturan.

Kemudian ada pula fitur yang mencegah tabrak depan karena salah menginjak pedal gas, memberikan peringatan saat mobil depan sudah bergerak maju, fitur peringatan ketika mobil menginjak garis marka secara tidak sengaja, serta fitur yang dapat mengembalikan posisi mobil ke jalur sebelumnya.

Secara prinsip kerja, fitur A.S.A diawali dari kamera stereo yang mendeteksi adanya objek di depan mobil, lalu sinyal kamera dikirim ke ECU, kemudian mengaktifkan sistem rem dan kemudi.

Sedangkan pada teknologi transmisi, Daihatsu Rocky dilengkapi Dual Mode CVT (Continuously Variable Transmission), yang merupakan pengembangan dari teknologi CVT yang sudah ada, melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear.

Sehingga penyaluran tenaga dari mesin mengkombinasikan antara belt dengan planetary gear yang menyebabkan pada saat kecepatan rendah terasa lebih halus dan bertenaga, sementara pada saat kecepatan tinggi bisa lebih irit.

“Kami ingin memperkenalkan teknologi terbaru Daihatsu Rocky kepada Sahabat Klub sebagai pelanggan setia dan juga merupakan bagian dari keluarga besar Daihatsu yang member-nya tersebar di seluruh Indonesia”, ujar Ben Faqih, People Development Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

(rr/Syam)