www.beningpost.com

Sebanyak 649 peserta antusias mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” yang dilaksanakan secara virtual pada 2 September 2021 di Soppeng, Sulawesi Selatan, dengan pembahasan tema “Tips dan Trik Menghindari Kejahatan di Ruang Digital”.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. 

Terdapat empat narasumber yang akan mengisi sesi webinar pada malam ini, di antaranya Mentari Rahman selaku Manager Financer.com, Founder, dan CEO Mentari Digital Media; Asmita Wulansari selaku Penyuluh Kementerian Koperasi dan UMKM; Maria Silangen selaku CINO Satu Tampa; serta Iksan Bangsawan selaku Founder dan CEO Skena.

Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Ginar Ayuningtyas. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

Pemateri pertama, Mentari Rahman, memaparkan perbedaan dompet digital berdasarkan kartu dan server disertai dengan contoh-contohnya. Ia juga menjelaskan perbedaan antara cara bank digital dengan dompet digital serta tips agar aman dalam bertransaksi digital.

Menurut Asmita Wulansari, keuntungan dan kekurangan dalam menggunakan transaksi digital, diagram alur transaksi digital, serta  kewajiban dan hak konsumen maupun pelaku usaha.

Sementara Maria Silangen mengatakan, budaya digital adalah teknologi sebagai alat bantu untuk membangun hubungan dengan manusia lainnya di dunia digital. Namun, budaya digital juga memiliki kendala, seperti adanya pelanggan yang komplain karena penjual yang tidak menepati janji dan admin yang tidak sopan dalam menjawab pertanyaan. Maka dari itu, ia memberikan sejumlah aturan dalam menghadapi pelanggan secara daring sebelum menutup seisinya.

Adapun pemateri terakhir, Iksan Bangsawan, menyajikan contoh penipuan dalam berbelanja daring dengan menayangkan video dan juga menampilkan bukti tangkapan layar. Agar hal tersebut tidak terjadi, Iksan memberikan sejumlah tips untuk menghindarinya, salah satunya dengan mengetahui reputasi penjual dan mengecek testimoni sebelum membeli. 

Setelah sesi pemaparan selesai, moderator membuka sesi tanya jawab yang kemudian disambut hangat oleh para peserta. Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. 

Salah satu peserta, Dina, bertanya mengenai bagaimana cara menghindari terjadinya perundungan siber pada anak-anak. Menurut Maria, kita sebagai orang tua dapat memberikan edukasi kepada anak dan peringatan akan bahaya perundungan siber, seperti dapat menyebabkan trauma dan lain sebagainya. 

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

(rr/Syam)