www.beningpost.com

Zoho, perusahaan teknologi global pengembang aplikasi piranti lunak mengumumkan bahwa sistem CRM berbasis pipeline untuk UMK Mini, Bigin,  telah melampaui 7.500 pelanggan dalam waktu kurang dari setahun sekaligus meluncurkan fitur baru yang meliputi tampilan pipeline untuk ponsel.

Versi baru Bigin ini juga memiliki kapabilitas yang lebih baik untuk membantu UMKM menjaga hubungan dengan pelanggan selama masa pemulihan diri dari dampak Covid-19.

Berdasarkan penelitian SMB Group baru-baru ini tentang peralihan teknologi setelah pandemi, 42% UMKM menyatakan bahwa memenuhi kebutuhan pelanggan menjadi pendorong utama untuk berinvestasi pada solusi digital baru. Dengan dirilisnya fitur baru, API publik, integrasi baru, dan peningkatan kapabilitas pada perangkat ponsel, Bigin mempermudah pelanggan menggunakan CRM untuk UMKM.

Sejak peluncuran Bigin setahun yang lalu di awal pandemi, produk ini dilaporkan mengalami peningkatan pendapatan rata-rata per kuartal sebesar 40% dengan total lebih dari 7.500 pelanggan. Sejak Mei 2020, akuisisi pelanggan baru Bigin meningkat rata-rata 32% per bulan.

Seiring pertumbuhannya, tahun ini Bigin akan dilengkapi sejumlah peningkatan baru yang meliputi automasi alur kerja lanjutan, dukungan untuk sejumlah mata uang global, dan automasi proses sederhana yang dirancang khusus untuk UMKM.

“UMKM sangat terdampak oleh pandemi, dan keberhasilan kami membantu pertumbuhan bisnis lebih dari 5.000 UMKM di masa-masa sulit merupakan kepuasan tersendiri. Dengan harga paling terjangkau di industri, jaminan waktu penyiapan kurang dari 30 menit, serta mudahnya mempelajari Bigin, tujuan kami adalah mempermudah perusahaan untuk mulai menggunakan CRM. Kami mengambil langkah besar dalam visi menawarkan pengalaman CRM terbaik kepada pelanggan UMKM,” ungkap Mani Vembu, Chief Operating Officer, Zoho.

Mobilitas, tambahnya, adalah aspek penting yang sering kali terlupakan oleh kebanyakan vendor Software as a Service (SaaS).

“Kami telah mengadopsi pendekatan aplikasi seluler untuk Bigin. Ribuan pelanggan telah memanfaatkan tampilan pipeline seragam kami yang unik dan pertama di industri ini,” paparnya.

Selain tampilan pipeline yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, fitur baru lainnya adalah kemampuan menampilkan hasil pencarian secara instan dan memungkinkan pengambilan tindakan cepat, seperti memperbarui data, mengirim email, dan menambahkan catatan baru tanpa harus masuk ke dalam dokumen satu per satu.

Selain itu dapat juga dihubungkan dengan aplikasi pihak ketiga yang  telah terintegrasi dengan Mailchimp, Zoho Books, dan Zoho Invoice. Lalu ada juga sistem telefoni Bigin yang bisa melakukan perekaman percakapan, pengalihan panggilan, dan penempatan panggilan masuk ke daftar antrean secara otomatis. Bigin juga dapat terintegrasi dengan lebih dari 85 penyedia layanan telefoni pihak ketiga.

Laurie McCabe, Co-Founder & Partner dan analis dari SMB Group Inc mengatakan bahwa sektor UMKM perlu mengelola dan mengautomasi proses penjualan agar dapat memanfaatkan dan mengembangkan peluang melalui pipeline penjualan.

Penelitian terkini SMB Group mengungkapkan bahwa usaha dengan karyawan kurang dari 100 orang memprioritaskan penjualan sebagai fungsi bisnis yang paling penting untuk diautomasi.

Namun, penelitian ini juga menunjukkan banyaknya ‘kekurangan’  dari sisi waktu, uang, dan keahlian yang menghambat jenis usaha tersebut dalam menerapkan dan memperoleh manfaat dari solusi CRM.

“Melalui Bigin, Zoho menyediakan perangkat CRM yang dibutuhkan UMKM tanpa membebani mereka dengan kompleksitas penggunaan, dan dengan harga yang terjangkau oleh hampir semua UMKM,” tuturnya.

(rr/Syam)