www.beningpost.com

Sebanyak 100 inspector OLX Autos mendapatkan sertifikat kompetensi profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Otomotif Profesional Indonesia (LSP-TOP Indonesia).

OLX Autos berharap sertifikasi kompetensi yang diberikan kepada para inspector bisa semakin meningkatkan kualitas pelayanan Perusahaan kepada konsumen dan juga kualitas sumber daya manusia yang andal dan berdaya saing global.

LSP-TOP Indonesia merupakan lembaga mitra BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi terhadap petugas berprofesi teknisi otomotif di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun, BNSP adalah lembaga yang diamanatkan oleh undang-undang dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden, yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja.

COO OLX Group Indonesia Hendri Tadjuni mengatakan bahwa salah satu basis dalam bisnis saat ini adalah kepercayaan, begitu juga dengan bisnis di OLX Autos.

Menurutnya, proses inspeksi dalam kegiatan jual beli mobil adalah hal dasar yang membutuhkan kepercayaan dari konsumen sehingga dibutuhkan inspector yang berkualitas, kompeten, dan memiliki keahlian di bidangnya.

“Proses inspeksi itu adalah fondasi bisnis jual beli mobil karena keputusan konsumen dalam membeli mobil dilihat dari inspection report-nya. Tentu harus ada kepercayaan ketika konsumen membaca hasil inspeksinya, informasi harus memadai sampai konsumen memutuskan membeli atau menjual mobil. Agar konsumen percaya, tentu proses inspeksi juga harus terpercaya, apakah diinspeksi oleh tim ahlinya atau tidak, di sini dibutuhkan pembuktian bahwa para inspector kita terpercaya, kompeten, dan berpengalaman, dan salah satunya dengan adanya pengakuan kompetensi profesi melalui sertifikasi dari BNSP ini,” kata Hendri.

Hendri berharap sertifikasi yang diberikan BNSP melalui LSP-TOP Indonesia kepada 100 inspector OLX Autos bisa semakin meningkatkan kepercayaan konsumen kepada Perusahaan sekaligus menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Direktur LSP-TOP Indonesia Jumari mengatakan bahwa “LSP-TOP Indonesia mendapatkan amanat dari BNSP untuk melaksanakan sertifikasi di sektor otomotif. Kami sudah melakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan OLX Autos untuk melakukan sertifikasi para inspector. Sertifikasi kompetensi ini adalah bukti bahwa OLX Autos peduli dengan tenaga kerja yang dimilikinya sehingga diakui oleh industri. Konsumen bisa mengetahui bahwa mobil yang mereka beli berkualitas atau tidak setelah mereka mengetahui bahwa proses inspeksinya dilakukan oleh orang-orang yang bersertifikat dan kami harus berani menggaransi itu,” kata Jumari.

Sementara itu, Komisioner BNSP Mulyanto menuturkan bahwa “BNSP akan memastikan dan menggaransi bahwa tenaga kerja, inspector OLX Autos yang sudah tersertifikasi ini adalah orang-orang berkualitas dan ini bisa dibuktikan. Ke depan, tentunya ini akan menjadikan pelayanan OLX Autos lebih baik lagi, dan begitu juga hubungannya dengan konsumen karena konsumen akan senang dan puas bila mobil yang mereka beli berkualitas dan telah diinspeksi oleh orang yang kompeten. Harapannya, ini bisa menjadi dorongan bagi industri yang lain agar para tenaga kerjanya bisa tersertifikasi,” tutur Mulyanto.

Komitmen dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja terus ditunjukkan OLX Autos dari waktu ke waktu. Sebelumnya, pada 16 Juni 2021,  OLX Autos  bersama dengan sejumlah industri lainnya menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui model kerja sama antara Balai Latihan Kerja (BLK) dengan dunia usaha dan industri.

Di OLX Autos sendiri, kerja sama ini berupa pelatihan berbasis kompetensi dan sertifikasi kompetensi SDM bidang otomotif, khususnya untuk petugas inspeksi kendaraan.

(rr/Syam)