www.beningpost.com

Sebagai wujud komitmen Shell dalam memberikan dukungan menyeluruh bagi pertumbuhan mitra bengkelnya (Branded Independent Workshop – BIWS), Shell menghadirkan Shell Workshop Academy (SWA) yang merupakan rangkaian pelatihan berbasis daring (online).

Pelatihan bertujuan untuk mendukung para pemilik bengkel dalam mengembangkan keterampilan para mekanik. Melalui SWA, Shell menjadi pelopor penyelenggara program pelatihan mekanik melalui media digital.

“Kami memperkenalkan program Shell Workshop Academy (SWA) kepada beberapa mitra bengkel Shell BIWS untuk pertama kalinya di tahun 2019 dan dalam perkembangannya, program ini telah diikuti oleh lebih dari 200 mekanik hingga saat ini,” kata Edward Satrio, Vice President Marketing Shell Lubricants.

Menurut Edward, SWA yang hadir sebagai fitur tambahan dalam aplikasi SHARE (Shell Advantage Rewards) memberikan kesempatan bagi para mekanik bengkel BIWS untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan profesional mereka melalui modul-modul pelatihan yang mudah diakses dengan beragam topik seperti Rekomendasi Produk, Layanan Pelanggan, Perawatan Kendaraan, dan pengetahuan teknis lainnya.

Sebagai bagian dari program SWA, Shell juga menyelenggarakan kompetisi SWA Master Mechanic berskala internasional di mana para mekanik dari tiap-tiap negara peserta akan berjuang untuk mendapatkan gelar sebagai International Master Mechanic.

Setelah melalui berbagai tantangan di tingkat nasional, Muslim dari bengkel BIWS Perdana Oli terpilih sebagai Indonesia Master Mechanic yang pertama dan mewakili Indonesia untuk melaju ke babak final di tingkat internasional dan bersaing bersama Mohammed Abbas, Egypt Master Mechanic dan Han Lei, China Master Mechanic.

Para perwakilan tiap negara diberikan kesempatan untuk bergabung dalam Acara Shell Helix Global Trade Reward yang diselenggarakan secara virtual dan dihadiri oleh para pemilik bengkel BIWS terbaik dari tiap negara.

Dalam kesempatan ini, kendatipun belum berhasil menjadi International Master Mechanic, Muslim mendapatkan penghargaan sebagai “Pelatih Shell Workshop Academy Terbaik”.

“Shell Workshop Academy memperkaya pengetahuan saya di bidang otomotif, meningkatkan kemampuan saya sebagai mekanik dan memberi kesempatan kepada saya untuk berkompetisi di kancah internasional. Melalui SWA, saya berharap lebih banyak mekanik Indonesia yang dapat belajar dan meningkatkan kompetensinya untuk menjadi yang terbaik,” kata Muslim.

Shell senantiasa berupaya untuk menjadi “Mitra Utama dalam Kinerja Bisnis” bagi seluruh Shell BIWS di Indonesia. “Kami tidak hanya ingin menyediakan produk terbaik dan kemitraan kelas dunia untuk para mitra bengkel kami namun juga memberikan ‘Kelas Pelatihan Terbaik’ melalui SWA untuk mendukung profesionalisme para mekanik bengkel Shell,” tambah Edward.

Progam pelatihan SWA dan kompetisi Master Mechanic ini akan terus dikembangkan dan ditargetkan untuk dapat terlaksana di seluruh bengkel BIWS pada tahun 2024. SWA juga akan terus mengembangkan kurikulumnya agar dapat mencakup  lebih banyak pengetahuan dan keterampilan manajemen bisnis yang dibutuhkan bengkel-bengkel di era dunia modern seperti pengetahuan seputar pemasaran digital.

(rr/Syam)