www.beningpost.com

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 melangsungkan gelaran di Kota Yogyakarta, bertempat di Hartono Mall pada tanggal 31 Maret sampai 11 April 2021.

Dalam acara Konferensi Pers yang digelar pada tanggal 31 Maret 2021, dilaksanakan secara offline maupun virtual yang dihadiri oleh Wakil Ketua DEKRANASDA DIY, Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Paku Alam; Bupati Sleman, Hj. Kustini Sri Purnomo yang diwakilkan oleh Dr. Suci Iriani Sinuraya, M.Si., M.M selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman; Sekjen Indonesian Fashion Chamber (IFC), Lia Mustafa; Local Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Yogyakarta Chapter, Phillip Iswardono.

Kemudian hadir pula General Manager PT Dyandra Promosindo, Tofani Lazuardi; Asisten Direktur Bank Indonesia Yogyakarta, Andi Adityaning Palupi; Koordinator Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BBPLK Semarang, Dodi Suhardiyono; Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, La Ode Haji Polondu; Kepala DISPERINDAG DIY, Aris Riyanta; Demand Creation Officer WARDAH, Nurul Fajriyati; dan General Manager Hartono Mall Yogyakarta, Dian Widiyanti.

Dalam sambutannya, Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Paku Alam selaku Ibu Wakil Gubernur DIY dan Wakil Ketua DEKRANASDA DIY, menyambut gembira bahwa Yogyakarta dijadikan salah satu kota perhelatan MUFFEST 2021, "Semoga MUFFEST bisa mendatangkan buyer dari dalam maupun luar negeri. Semoga kita lebih mencintai produk feysen dalam negeri karena desainer kita tidak kalah bagus dengan desainer luar negeri."

Apresiasi dan dukungan terhadap penyelenggaraan MUFFEST 2021 di Yogyakarta disampaikan pula oleh Bupati Sleman, Hj. Kustini Sri Purnomo dalam sambutannya, kami berharap MUFFEST bisa terus berlanjut menjadi calender of event untuk kegiatan Ekonomi Kreatif, baik di Indonesia, Yogyakarta, dan Sleman dan menjadi trendsetter fesyen muslim global.

“Semoga MUFFEST dapat menjadi ruang kreasi penggerak mode untuk terus menciptakan dan mengembangkan produk fesyen yang tidak kalah dari segi mode maupun kualitas dengan produk bermerk dari luar negeri," ujar Hj. Kustini.

“Dengan kolaborasi ini diharapkan dapat lebih mengoptimalkan pelaksanaan MUFFEST di tengah pandemi. Antusiasme para UKM fesyen yang ada di Yogyakarta, Semarang, Solo, Kendari, dan sekitarnya, sangat kami apresiasi. Sebanyak lebih dari 50 desainer dan brand akan menampilkan koleksinya dalam pameran dan fashion show,” papar Lia Mustafa, Sekjen Indonesian Fashion Chamber (IFC).

Pameran MUFFEST yang menempati area Grand Atrium Hartono Mall akan menyertakan puluhan desainer dan jenama, baik lokal maupun nasional. Sedangkan rangkaian fashion show akan berlangsung pada tanggal 9, 10 dan 11 April 2021.

Pembukaan fashion show yang akan dihadiri oleh Hj. Kustini Sri Purnomo, Bupati Sleman, dilaksanakan pada tanggal 9 April dengan menampilkan karya dari 18 desainer kebanggaan tanah air, diantaranya Phillip, Afif Syakur, Wening Angga, Lia Mustafa, Deden Siswanto, Ohmm by BAI, Retty Selya, dan lainnya.

Dilanjutkan fashion show pada tanggal 10 April, Bank Indonesia Yogyakarta akan mempersembahkan koleksi dari 10 desainer member IFC Yogyakarta Chapter, antara lain Luffi Luvnic, Dewi Roesdji, Mia Ridwan, Sofie R, dan Lanny Amborowati, serta karya dari BBPLK Semarang dan BLK Kendari.

Pada tanggal 11 April akan digelar Inagurasi IFC Community Semarang yang menampilkan karya dari 17 members, yang dilanjutkan dengan penutupan fashion show dengan menghadirkan karya dari 8 desainer, antara lain Ina Priyono yang didukung oleh Bank Indonesia Semarang dan Tuty Adib yang didukung oleh Bank Indonesia Solo.

Penutupan fashion show MUFFEST di Yogyakarta akan dihadiri oleh Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Paku Alam, Wakil Ketua Dekranasda DIY.

Para pelaku industri fesyen muslim yang berbasis di daerah seperti Yogyakarta tentunya menyambut baik MUFFEST sebagai salah satu solusi atas masalah yang dihadapi di masa pandemi.

Seperti yang diungkapkan oleh Desainer Wening Angga, “Tentunya ini merupakan salah satu ikhtiar, upaya yang sangat bagus untuk para UKM bisa recovery atau pemulihan bisnisnya. MUFFEST memberikan kesempatan bagi para pebisnis fesyen muslim untuk tumbuh kembali dan bangkit dari masa keterpurukan saat pandemi.

Wening Angga berharap MUFFEST tahun ini memberikan dampak, setidaknya bagi pelaku UKM untuk bisa lebih maju lagi dalam mencapai tujuan utama kita, yaitu memajukan industri fesyen dan menjadikan Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia tahun 2025.

Desainer Ina Priyono pun berharap penyelenggaraan MUFFEST di Yogyakarta dapat mengangkat kembali bisnis fesyen muslim, khususnya di Yogyakarta. Apalagi dilaksanakan menjelang Ramadan dan Lebaran guna meningkatkan gairah masyarakat untuk berbelanja pakaian muslim.

“Dengan MUFFEST konsep hybrid, kami senang sekali bisa langsung ketemu dengan konsumen, tetapi juga bisa berjualan secara online. Pasca offline, konsumen masih bisa membeli secara online sehingga jangkauan penjualan lebih luas yang pada akhirnya dapat mendongkrak angka penjualan seperti sebelum pandemic,” ujar Ina Priyono.

Selain kegiatan pameran dan fashion show, MUFFEST di Yogyakarta akan menghadirkan Talkshow tentang recycle produk dari YKK serta bincang kreatif dengan para desainer dan jenama fesyen muslim. MUFFEST akan kedatangan tamu yaitu Aisha Novakovich, Modest Fashion Australia Founder yang akan berbagi pengalaman tentang perkembangan modest fashion di Australia dalam talkshow bertema “The Rise of Modest Fashion in Australia” .

Selain Yogyakarta, rangkaian MUFFEST pekan ini juga dilaksanakan di Surabaya yang bertempat di Pakuwon Mall, mulai tanggal 1-11 April 2021.

Kegiatan MUFFEST di Surabaya akan menghadirkan pameran dan fashion show yang menampilkan karya desainer serta jenama fesyen muslim lokal dan nasional, antara lain Hannie Hananto, AM by Anggiasari, Rosie Rahmadi, Emmy Thee, Rengganis, Tufiana, Yeti Topiah, Alben Ayub Andal, Alphiana Chandrajani, Andi Sugix x Hefi Rosid, serta karya siswa SMKN 3 Malang dan SMK 3 Blitar.

Serta diramaikan dengan kegiatan interaktif sekaligus informatif, yaitu Trend Forecasting Seminar oleh Dina Midiani dan Talkshow tentang Zero Waste Fashion bersama Aryani Widagdo dan Bisnis Kebaya dengan Lenny Agustin.

Secara virtual, MUFFEST 2021 dapat diakses streaming melalui www.muslimfashionfestival.com, YouTube Channel: Muslim Fashion Festival dan Instagram Live di @muslimfashionfestival. Informasi terkini dan follow akun Instagram MUFFEST @muslimfashionfestival dan website https:// muslimfashionfestival.com/

(rr/Syam)