www.beningpost.com

2021 akan menjadi tahun untuk fokus pada orang terkasih dan melakukan hal yang bermakna. Memasuki tahun 2021, satu dari tiga orang menantikan untuk menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas bersama orang terdekat mereka.

Kemudian diikuti keinginan untuk dapat bepergian tanpa hambatan (24%) dan melakukan hal-hal bermakna atau membuat perbedaan (21%), menurut survei global dari platform perjalanan digital Agoda.

Menariknya, responden usia 55 tahun ke atas adalah yang paling menantikan untuk bepergian tanpa hambatan. Sementara mereka yang berusia 25-54 tahun ingin menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas bersama keluarga dan teman-teman, dan anak muda usia 18-24 tahun adalah yang paling semangat untuk membuat perubahan di tahun 2021.

Survei Agoda ‘What Matters 2021’ juga mendapati bahwa orang-orang secara global berkomitmen untuk berwisata dengan cara yang berbeda di tahun 2021. Merencanakan lebih banyak perjalanan bersama teman dan keluarga di tahun 2021, lebih banyak melakukan perjalanan spontan serta memilih melakukan wisata yang lebih ramah lingkungan adalah 3 prioritas perjalanan tahun ini.

“2020 adalah tahun saat kita bertahan hidup dan berusaha untuk melakukan yang terbaik. Terlepas dari semua upaya dan kendala, riset kami menunjukkan bahwa ada keinginan masyarakat dunia untuk melakukan perjalanan, berhubungan, menemukan makna, dan menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga. Pada akhirnya orang-orang akan melakukan perjalanan lagi karena keinginan manusia untuk bepergian tidak bisa dihentikan,” ucap Tim Hughes, Vice President of Corporate Development, Agoda.

“Di Agoda, kami yakin akan masa depan traveling. Riset kami mendukung hal ini dan mengonfirmasi bahwa melakukan perjalanan adalah salah satu hal yang paling dinantikan di tahun 2021. Terlebih lagi, masyarakat berkomitmen untuk membuat perubahan, bepergian dengan orang yang mereka sayangi, lebih terbuka melakukan perjalanan spontan dan mempertimbangkan dampak lingkungan saat melakukan perjalanan.”

Gambaran Data Global

Hal-hal yang paling dinantikan di tahun 2021:

-       Menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan orang terdekat adalah hal yang paling ingin dilakukan oleh responden dari Inggris, Thailand, Amerika Serikat, Filipina, Malaysia dan China di tahun 2021.

-       Melakukan perjalanan tanpa hambatan adalah hal yang paling dinantikan oleh responden dari Singapura, Korea Selatan dan Jepang di tahun baru ini.

-       Melakukan hal-hal yang bermakna atau membuat perubahan adalah yang paling ditunggu oleh responden dari Indonesia, Taiwan, dan Vietnam.

-       Semakin dekat dengan alam dan melakukan kegiatan outdoor adalah hal yang paling dinantikan kedua bagi responden Thailand, dan ketiga untuk responden dari Jepang.

-       Lebih sedikit responden menantikan untuk kembali ke kantor di tahun 2021. Responden dari China (1,2%), Jepang (1,5%) dan Inggris (2%) memiliki proporsi terkecil dari mereka yang sudah ingin kembali bekerja di kantor, sementara responden dari Filipina (9%), Vietnam (7%) dan Indonesia (7%) memiliki keinginan lebih besar untuk kembali bekerja di kantor.

-       Menghadiri acara berskala besar, menonton pertandingan atau acara besar lain secara langsung adalah poin kedua yang paling tidak populer bagi responden, tetapi responden dari Amerika Serikat (8%), Inggris (8%) dan Jepang (7%) adalah yang lebih menantikan untuk melakukan hal tersebut.

Data kelompok umur

-       Menghabiskan waktu berkualitas dengan orang terdekat menempati peringkat teratas untuk kelompok umur 25-34, 35–44 dan 45–54 tahun. Sementara mereka yang berusia 18-24 tahun paling bersemangat untuk melakukan hal-hal yang bermakna, dan responden berusia 55 tahun ke atas paling menantikan untuk dapat melakukan perjalanan tanpa hambatan.

-       Semakin dekat dengan alam dan kegiatan di luar ruangan adalah hal ketiga yang paling dinantikan responden berusia 55 tahun ke atas.

Komitmen perjalanan teratas

-       Lebih sering traveling bersama orang terdekat adalah hal yang paling ingin dilakukan responden di semua negara di tahun 2021, kecuali responden dari Inggris dan Taiwan yang lebih ingin berpetualang dan berkomitmen untuk melakukan lebih banyak perjalanan spontan, serta responden dari Jepang yang ingin berwisata dengan lebih santai.

-       Traveling dengan lebih santai adalah komitmen paling populer kedua bagi responden dari Singapura dan Malaysia.

-       Responden dari Vietnam, Korea Selatan, Filipina, Thailand dan Indonesia lebih memilih untuk melakukan perjalanan dengan lebih memperhatikan lingkungan. Komitmen untuk membuat pilihan perjalanan yang lebih ramah lingkungan adalah prioritas kedua di negara-negara tersebut.

-       Responden Indonesia (16%), Thailand (14%) dan Jepang (13%) berkomitmen untuk dengan sadar mendukung destinasi wisata yang tidak terlalu touristy di tahun baru ini.

Data Kelompok Umur

-       Lebih sering traveling dengan orang terdekat adalah komitmen terbesar di tahun 2021 untuk semua kelompok usia

-       Mereka yang berada di kelompok umur 25-34, 35-44, 45-54 tahun lebih ingin melakukan perjalanan yang ramah lingkungan yang merupakan komitmen kedua mereka.

-       Berwisata dengan lebih santai adalah prioritas kedua bagi responden berusia 55 tahun ke atas.

-       Melakukan perjalanan dengan lebih spontan adalah pilihan populer ketiga di semua kelompok umur (24-34, 35-44, 45-54, 55+) kecuali mereka yang berusia di antara 18-24 tahun yang menempatkannya di nomor dua, dan kelompok umur 45-54 tahun yang menempatkannya di nomor empat.

Data Pasar

Indonesia

-       Hampir satu dari dua responden Indonesia menantikan untuk melakukan hal-hal yang bermakna atau membuat perubahan (46%). Responden Indonesia juga ingin menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan orang terkasih (21%) dan bisa bepergian tanpa hambatan (13%).

-       Semua kelompok umur responden Indonesia, kecuali yang berusia 55 tahun ke atas, ingin melakukan hal bermakna di tahun 2021. Sementara, responden Indonesia berusia 55 tahun ke atas, mereka lebih memilih menghabiskan waktu berkualitas dengan orang terkasih.

-       3 komitmen teratas responden Indonesia di tahun 2021 adalah untuk lebih sering berwisata dengan teman atau keluarga (40%), memilih perjalanan yang lebih ramah lingkungan (22%) dan dengan sadar mendukung destinasi yang less touristy (16%).

(rr/Syam)