www.beningpost.com

Platform perjalanan digital Agoda hari ini memperkenalkan GoLocal Tonight (https://agoda.onelink.me/1640755593?pid=url_sharing&c=wcGL20201005ID&af_dp=agoda%3A%2F%2Fcampaign%3Fname%3DwcGL20201005ID&site_id=1888744&af_siteid=1888744&af_sub5=1888744&is_retargeting=true&af_click_lookback=1d&name=wcGL20201005ID) di Indonesia.

Platform ini merupakan sebuah fitur untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang saat ini bergeser dan melakukan last-minute booking atau pemesanan beberapa saat sebelum melakukan perjalanan. 

Hal ini dipicu ketidakpastian di masa pandemi seperti protokol dan kebijakan kesehatan yang terus berubah serta pembatasan perjalanan. GoLocal Tonight memastikan wisatawan yang memiliki rencana spontan mendapatkan penawaran terbaik sehingga bisa segera membuat rencana perjalanan. 

Wisatawan Indonesia dapat membuat pemesanan di hari yang sama (same-day booking) dan mendapatkan diskon hingga 30% dari akomodasi yang berpartisipasi. Penyedia akomodasi yang ikut dalam inisiatif GoLocal Tonight akan mendapatkan keuntungan karena Agoda membantu mereka menjangkau wisatawan menit akhir yang mencari penawaran menarik untuk wisata domestik.

Gede Gunawan, Country Director, Agoda Indonesia  menyatakan, GoLocal Tonight adalah lanjutan dari kampanye Agoda GoLocal yang telah sukses sebelumnya, menyoroti tempat-tempat terbaik di Indonesia untuk dikunjungi, serta mendapatkan keuntungan dari penawaran terbaik yang diberikan oleh hotel dan akomodasi.

“Kami merasa masyarakat Indonesia masih ingin bepergian, dan GoLocal Tonight menjadi hal yang menarik bagi wisatawan yang secara spontan memutuskan untuk memesan hotel di pagi hari dan menginap di malam harinya,” jelas Gunawan.

Dijelaskannya, Agoda ingin membantu wisatawan yang masih terinspirasi untuk mengeksplorasi kotanya sendiri, juga komunitas lokal dan mitra hotel yang terdampak. Dengan GoLocal Tonight, wisatawan akan gembira bisa menghemat hingga 30%, sementara mitra hotel bisa meningkatkan okupansi dan mendapatkan lebih banyak pesanan, ini solusi yang menguntungkan semua pihak.

Perjalanan berlanjut, langkah-langkah higienitas dan keamanan pun menjadi penting

Wisatawan sudah siap untuk berkemas dan memulai perjalanan, namun tidak akan melakukannya sebelum memeriksa langkah-langkah higienitas dan keamanan yang diterapkan akomodasi.

Menurut riset Agoda, beberapa faktor higienitas terpenting yang dipertimbangkan wisatawan Indonesia sebelum memesan akomodasi adalah ‘Perlengkapan Kesehatan Pribadi (masker, sarung tangan, dll.)’, ‘Sertifikasi Kebersihan dari Pemerintah’, dan ‘Pengukuran Suhu Badan Harian untuk Staf dan Tamu’. 

Untuk membantu memudahkan wisatawan menemukan cara bepergian yang lebih aman, Agoda meluncurkan HygienePlus, fitur verifikasi yang menunjukkan langkah-langkah kesehatan dan higienitas yang dilakukan para penyedia akomodasi di platform perjalanan.

Selagi kegiatan wisata berlanjut, HygienePlus semakin meyakinkan para wisatawan dalam menemukan hotel atau rumah liburan yang memenuhi daftar langkah-langkah kebersihan standar.

Berlawanan dengan ekspektasi wisatawan Indonesia, langkah-langkah higienitas yang penting bagi wisatawan global untuk diterapkan hotel dan penyedia akomodasi lain adalah ‘Desinfeksi Kamar Harian’ dan ’Desinfeksi Area Umum Harian’. Bersama-sama wisatawan dari Arab Saudi dan Korea Selatan, wisatawan Indonesia juga sangat berharap hotel ‘Menyediakan Informasi Medis di Sekitar Akomodasi’.

Senada dengan tren global, masyarakat Indonesia merasa ‘Sertifikasi Kebersihan dari Pemerintah’ menjadi faktor yang sangat penting sebelum mereka mulai bepergian lagi. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana untuk menyediakan sertifikasi kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelangsungan lingkungan hidup (CHSE) secara gratis untuk pelaku industri pariwisata di seluruh 34 provinsi di Indonesia, yang bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan publik untuk melakukan perjalanan.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya mengaku sangat mengapresiasi inisiasi terbaru yang digagas Agoda, yaitu GoLocal Tonight dan Hygiene Plus. Menurutnya, wisatawan saat ini cenderung mencari destinasi yang aman, dalam artian sudah menjalankan protokol kesehatan, serta mengutamakan fleksibilitas dalam hal transportasi dan akomodasi.

“Program Agoda ini dapat membantu industri akomodasi beradaptasi dengan kebutuhan wisatawan di masa adaptasi kebiasaan baru. Selain itu, program ini dapat membantu wisatawan agar dapat berwisata dengan lebih aman dan fleksibel,” ujarnya di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Fitur HygienePlus dari Agoda mencakup daftar panjang berdasarkan standar kesehatan internasional yang dilakukan oleh hotel. Termasuk diantaranya melatih staf untuk protokol keselamatan, check-in/out bebas kontak (contactless check-in/out), pengukuran suhu badan staf dan tamu, staf mengenakan pelindung wajah, sekat pelindung di area umum, desinfeksi harian di akomodasi dan kamar, penyediaan masker wajah, penyediaan peralatan sterilisasi dan hand sanitizer untuk tamu, pengaturan ruang makan yang aman, dan memasang petunjuk untuk memastikan jaga jarak fisik. 

(rr/Syam)