www.beningpost.com

Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) kembali menggelar acara rutin tahunan, Konvensi Nasional Humas 2020 (KNH20), yang akan dilaksanakan pada 4-5 Desember 2020 mendatang.

Konvensi dengan mengusung tema “Adaptif, Inovatif, dan Kolaboratif” ini bertujuan untuk mendorong peran humas yang lebih strategis dalam membantu seluruh stakeholder nasional terutama dalam upaya mengatasi pandemi COVID-19.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) PERHUMAS Agung Laksamana di Jakarta, Rabu (23/9), mengatakan, sebagai bagian dari elemen bangsa, PERHUMAS ikut terpanggil untuk memberikan sumbangsih dan kontribusi nyata kepada semua pemangku kepentingan (stakeholder) baik pemerintah, praktisi komunikasi, akademisi, kalangan industri maupun komponen bangsa lainnya berupa konsep strategis, saran, maupun ikut berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan kehumasan yang bisa membangun semangat optimisme nasional.

“Dalam situasi seperti sekarang ini, peran strategis Humas di masa pandemi menjadi sangat substansial.  Humas menjadi agen perubahan untuk menghadapi tantangan saat ini, agar menjawab kekhawatiran publik di tengah ketidakpastian yang sangat tinggi, melalui komunikasi yang terarah, empati dan berkelanjutan,” kata Agung Laksamana.

Agung menambahkan, Pandemi COVID-19 telah mengubah pola kehidupan masyarakat dan menciptakan instabilitas, multisektoral baik kesehatan, sosial dan ekonomi yang menuntut semua orang untuk segera beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan yang baru, agar mampu bertahan di dalam situasi ini.

“Peran strategis Humas di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini menjadi ujung tombak dalam menjawab ketidakpastian sekaligus membuka kesempatan untuk dapat mengadopsi, beradaptasi dan melahirkan kemahiran baru (Adopt, Adapt, Adept),” katanya.

Dia menegaskan, tidak ada satu formula yang pas untuk menjawab kompleksitas persoalan seperti sekarang. Praktisi Humas pemerintah, dunia akademisi maupun swasta perlu menyikapi hal ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia KNH20 Boy Kelana Soebroto menyampaikan, pelaksanaan KNH20 memiliki sejumlah keunikan dibanding dengan pelaksanaan KNH sebelumnya. KNH20 untuk pertama kalinya akan berlangsung dalam situasi virtual.

Namun, Boy Kelana berharap tidak mengurangi kualitas dan esensi dari suatu konvensi, yaitu pembahasan persoalan kehumasan secara komprehensif dan pemberian rekomendasi bagi para praktisi dan pemangku kepentingan Humas nasional.

Selain itu, konvensi ini melibatkan berbagai praktisi komunikasi lintas sektor seperti pemerintahan, konsultan komunikasi, industri, BUMN, swasta, startup, hingga akademisi. Hal ini diharapkan mampu memberikan gagasan-gagasan baru yang dapat diimplementasikan bagi praktisi Humas.

“Situasi saat ini membuat kami selaku panitia KNH20 merasa perlu mendorong praktisi Humas dan para pengambil kebijakan di segala level untuk bisa beradaptasi, berinovasi dan berkolaborasi, sehingga bisa melewati masa sulit ini dengan baik dan akhirnya menciptakan kultur baru dan kebersamaan yang semakin kuat,” kata Boy Kelana Soebroto yang juga Wakil Ketua Umum 3 BPP PERHUMAS.

Dengan konsep virtual ini, diperkirakan total lebih dari 1.000 peserta akan hadir dalam Konvensi Nasional Humas 2020. Beberapa pembicara yang diharapkan hadir adalah Ir. H. Joko Widodo (Presiden Republik Indonesia), Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI), Johnny G. Plate (Menteri Komunikasi dan Informatika RI), Sri Mulyani (Menteri Keuangan RI), Erick Thohir (Menteri BUMN RI), Jenderal TNI Andika Perkasa (Kepala Staf TNI Angkatan Darat RI), Brigjen Pol. Guntur Setyanto (Kepala Puslitbang POLRI), dan beberapa pejabat penting lainnya.

Boy mencontohkan bagaimana PERHUMAS sendiri harus belajar cepat untuk beradaptasi menyesuaikan diri dengan tuntutan yang ada. Penggunaan teknologi canggih menjadi elemen utama dalam perubahan ini, termasuk dalam pelaksanaan KNH20.

Sesuai dengan konteks yang sedang dialami bangsa Indonesia dan juga di seluruh negara di dunia, KNH20 mengangkat tema “Adaptif-Inovatif-Kolaboratif” dengan berbagai sub tema yang disiapkan yaitu (1) Tren Global; (2) Humas Pemerintah; (3) Strategi dan Integrasi Komunikasi; (4) Humas dan Kredibilitas; (5) Media dan Tanggung Jawab Sosial; dan (6) Tantangan Komunikasi.

Untuk mengawali kegiatan KNH20, panitia menyelenggarakan acara perdana Menuju KNH20 sebagai rangkaian kegiatan menuju KNH20. Konvensi secara virtual ini juga menjadi bentuk nyata dari organisasi profesi, untuk mendukung pemerintah mengurangi laju penularan COVID-19 yang sangat tinggi serta ikut berpartisipasi aktif dalam persiapan pasca pandemi di Tanah Air.

(rr/Syam)