www.beningpost.com

Lark Technologies Pte. Ltd., perusahaan teknologi berbasis di Singapura, mengumumkan bahwa platform kolaborasi digital mereka, Lark, telah tersedia secara gratis di kawasan Asia Tenggara termasuk Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Lark adalah sebuah platform kolaborasi all-in-one yang menggabungkan berbagai perangkat kerja pokok seperti Messenger, Online Docs and Sheets, Cloud Storage, Calendar dan Video Conferencing.

Saat ini, berbagai inisiatif telah diambil oleh para pelaku bisnis dan lembaga pendidikan di seluruh dunia sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah COVID-19, mulai dari kebijakan pembatasan perjalanan, kewajiban bekerja dari rumah (work from home), hingga proses belajar-mengajar jarak jauh.

Lark menawarkan solusi atas tantangan-tantangan tersebut dengan menghadirkan perangkat kolaborasi digital yang handal dan mudah digunakan untuk membantu masyarakat agar dapat tetap saling terhubung, di manapun mereka berada.

Selain mendukung kerja jarak jauh, UNESCO pun telah mengakui Lark sebagai platform yang dapat membantu para siswa-siswi, orang tua dan guru dalam memfasilitasi proses belajar-mengajar dan interaksi sosial selama periode penutupan sekolah.

Versi gratis Lark hadir dengan panggilan video unlimited (dilengkapi dengan fitur berbagi layar), 200GB cloud storage, dokumen dan lembar kerja kolaborasi online, kalender pintar, fitur messenger yang handal, layanan integrasi pihak ketiga tanpa batas serta sistem absensi atau approval yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Semua fitur tersebut telah tersinkronisasi sehingga tidak perlu lagi menggonta-ganti layanan aplikasi untuk menyelesaikan pekerjaan – yang artinya Lark mampu menawarkan berbagai fitur unik seperti pemeriksaan jadwal anggota tim melalui fitur chat, melakukan panggilan video langsung dari kalender yang telah tersedia dan melakukan perubahan dokumen melalui panggilan video secara bersama-sama.

Selain itu, Lark pun baru saja meluncurkan fitur live-streaming untuk membuka lebih banyak kemungkinan kolaborasi virtual. Pertemuan live-streaming melalui video dapat diikuti oleh banyak orang, yang sangat bermanfaat untuk melakukan pertemuan-pertemuan skala besar seperti ketika seorang Eksekutif Senior di perusahaan ingin menyampaikan sebuah pidato kepada ribuan karyawannya di seluruh dunia, atau seorang guru yang akan menyampaikan materi-materi pelajaran kepada murid-muridnya secara jarak jauh.

“Dengan adanya perangkat kerja jarak jauh ini, berbagai organisasi dapat memastikan karyawannya tetap produktif, walaupun sedang melakukan remote working. Hal yang sama juga berlaku bagi sekolah dan universitas, di mana para pendidik berusaha keras untuk memastikan siswa-siswinya dapat terus belajar di mana pun mereka berada,” ujar Joey Lim, Commercial Lead, APAC, Lark.

Joey Lim menyatakan, dalam situasi seperti ini, kami melihat pentingnya menyediakan akses ke perangkat kolaborasi digital dan mulai menawarkan Lark secara gratis, untuk memastikan semua organisasi – terlepas dari skalanya – tetap dapat beroperasi secara efektif tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Satu Perangkat Untuk Seluruh Tim

Lark dapat membantu berbagai organisasi untuk tetap terhubung, di mana pun mereka berada. Berikut merupakan fitur-fitur utama Lark:

Messenger

Dengan layanan messenger Lark yang handal, Anda dapat membentuk grup obrolan dengan lebih dari 5.000 anggota, membuat pengumuman kepada semua karyawan dan mengurangi tingkat kebisingan. Fitur-fitur lain seperti balasan emoji, percakapan dalam bentuk utas, dan tanda pesan telah dibaca untuk memastikan seluruh anggota tim dapat menerima balasan dengan cepat dan tetap terhubung di manapun mereka berada.

Para pengguna juga dapat melakukan panggilan video/audio, memeriksa jadwal anggota grup, mengirim dokumen — semua dapat dilakukan tanpa meninggalkan Messenger.

Semua riwayat chat dapat dicari kembali dan pencarian informasi dapat dilakukan dengan sangat mudah. Lark Messenger juga memungkinkan para pengguna untuk menerjemahkan pesan secara otomatis dalam lebih dari 100 bahasa, sehingga sangat bermanfaat bagi tim dalam skala global.

Video Conferencing

Dengan Lark, para pengguna dapat menikmati layanan panggilan video yang lancar, handal dan unlimited, saling berbagi layar atau Lark Doc (baik melalui desktop ataupun mobile) dan mengedit Lark Doc secara bersama-sama selama panggilan video berlangsung. Panggilan video dapat dilakukan hanya dengan satu klik dari chat atau kegiatan kalender apa pun, yang dapat diakses oleh para pengguna melalui perangkat apapun. Pengguna juga dapat mengajak orang eksternal untuk bergabung di Lark Video Conferencing.

Calendar

Calendar Lark memungkinkan para pengguna untuk menampilkan beberapa kalender dan memeriksa jadwal rekan satu tim mereka secara bersamaan. Selain dapat menambahkan kontak individual ke dalam kalender, pengguna juga dapat mengundang seluruh anggota grup chat dengan menambahkan nama grup ke dalam guest list.

Dari kegiatan kalender manapun, pengguna dapat membuat sebuah grup chat (di Lark Messenger) dan dokumen kerja (di Lark Doc) hanya dengan satu klik, sehingga percakapan dapat dimulai bahkan sebelum rapat dilaksanakan dan semua anggota tim dapat mengikuti seluruh diskusi yang terjadi.

Doc

Dengan Lark Doc, para pengguna dapat mengedit dokumen online bersama rekan satu timnya, bahkan ketika sedang melakukan panggilan video, dan seluruh perubahan tersebut tersimpan di cloud Lark Drive (cloud storage 200GB sudah termasuk dalam versi gratis tersebut).

Lark Doc juga memperbolehkan pengguna untuk memasukan konten multimedia berkapasitas besar seperti gambar, video, grafik, bahkan grup chat dan polling. Melalui fitur “Komentar”, pengguna dapat melakukan percakapan mengenai bagian-bagian spesifik yang ada di Lark Doc atau sel spesifik di Lark Sheet. Anda dapat memantau dan mengelola izin berbagi dokumen di Lark Doc, sehingga sangat mudah untuk menjaga keamanan informasi.

Workplace

Dengan Lark Workplace, para pengguna dapat mengotomatisasi dan menyesuaikan alur kerja internal organisasi mereka seperti persetujuan kerja, penggantian biaya pribadi, cuti dan sistem kehadiran tanpa harus membuat kode atau membeli perangkat lunak (software) tambahan. Mereka juga dapat mengintegrasikan Lark dengan berbagai aplikasi pihak ketiga seperti Jira, Asana atau Salesforce. Lark juga memiliki platform terbuka di mana para pengguna dapat membuat aplikasi dan bot mereka sendiri.

(rr/Syam)