www.beningpost.com

SehatQ melalui Aliansi Telemedika Indonesia (Atensi) menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI untuk menangani pandemi Covid-19.

Dalam hal ini, SehatQ menyediakan fitur Cek Risiko Covid-19 sebagai tes mandiri melalui situsnya (sehatq.com), yang bisa diakses secara gratis.

Untuk mengakses tes mandiri ini, pengguna cukup membuka situs SehatQ, dan bisa langsung memanfaatkan fitur Cek Risiko Covid-19. Cek Risiko Covid-19 ini merupakan tes mandiri yang dikembangkan oleh tim dokter SehatQ sesuai panduan dari Kemenkes RI.

“Fitur Cek Risiko Covid-19 ini penting untuk mengurangi kepadatan di fasilitas kesehatan, dan tentunya mendukung imbauan dari pemerintah agar masyarakat melakukan social distancing dalam memutus rantai penularan virus.” kata Direktur SehatQ, Dewi Bramono.

Setelah melakukan tes mandiri lewat fitur Cek Risiko Covid-19, pengguna akan mendapatkan rekomendasi yang sesuai, termasuk perlu atau tidaknya mengunjungi fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan selanjutnya.

Bagi yang tidak memerlukan kunjungan fisik, konsultasi online dapat dilakukan langsung dengan tim dokter SehatQ. Hal ini penting agar masyarakat tetap mendapatkan layanan kesehatan yang tepat tanpa harus keluar rumah.

Sebab, masyarakat juga memang terus-menerus mencari informasi tepercaya tentang perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air. Menurut data yang dihimpun SehatQ, jumlah pengguna yang mengajukan pertanyaan tentang virus corona Covid-19 meningkat secara signifikan.

Masyarakat ingin mencari informasi tentang gejala infeksi Covid-19, cara mencegah penularan, perbedaan status orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), hingga rekomendasi makanan serta vitamin untuk menghalau infeksi tersebut.

Melalui fitur tes mandiri Cek Risiko Covid-19, Chat Dokter, serta Portal Informasi Coronavirus, SehatQ mendukung imbauan pemerintah agar masyarakat melakukan social distancing, termasuk untuk tidak beraktivitas di luar rumah.

Namun, jika pengguna memang harus menjalani pemeriksaan fisik langsung oleh dokter, SehatQ memiliki fitur Booking Dokter yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko antrean di rumah sakit.

Sebisa mungkin, masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah, untuk menekan risiko penyebaran Covid-19. Berbagai fitur dari SehatQ sebagai platform kesehatan digital pun, diharapkan mempermudah masyarakat mengakses layanan kesehatan, sembari melakukan social distancing.

(rr/Syam)