www.beningpost.com

Asuransi Sinar Mas (ASM) melanjutkan pelaksanaan kegiatan Literasi Keuangan di tahun 2020 yang diadakan pada tanggal 13 Februari 2020 di Sekolah Dasar Don Bosko 2 dan SD Negeri Bertingkat Naikoten di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemudian literasi dilanjutkan pada hari berikutnya tanggal 14 Februari 2020 di SMP Negeri 2 Lobalain dan SMA Negeri 1 Lobalain di Pulau Rote, NTT.

"Pelaksanaan literasi keuangan telah menjadi komitment Asuransi Sinar Mas dalam mendukung program Otoritas Jasa Keuangan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan keuangan melalui kegiatan literasi dan edukasi keuangan. Pelaksanaannya telah dilakukan secara rutin sejak tahun 2015," jelas Martin P Lalamentik, Direktur Asuransi Sinar Mas.

Pelaksanaan literasi keuangan Asuransi Sinar Mas dititikberatkan di daerah-daerah di luar Pulau Jawa dengan beragam target peserta yang terdiri dari siswa sekolah, guru, santri, petani, nelayan, wanita, ibu rumah tangga dan pegiat UMKM.

"Luar biasa, kami merasa bangga dengan kegiatan ini, luar biasa manfaat yang didapat. Awalnya kami meragukan apakah anak-anak berminat. Ternyata anak-anak tertarik, metode yang digunakan dan ceritanya menarik, masuk kepada intinya. Anak- anak sudah tertarik dan mengambil manfaat. Asuransi ternyata banyak manfaatnya. Kegiatan ini menjadi pembekalan buat kami," ujar Maria Y.A Ngura, Kepala Sekolah SD Don Bosko 2, Kupang.

"Hari ini kami mendapatkan penghargaan luar biasa dari Asuransi Sinar Mas, dimana kami mendapatkan kartu asuransi mikro gratis. Atas nama sekolah, mengucapkan terima kasih banyak, harapan kami kegiatan seperti ini tidak hanya berlangsung di sekolah kami tapi bisa dilanjutkan di sekolah-sekolah lainnya" ujar Martinha Amaral, S.Pd, Kepala Sekolah SD Negeri Bertingkat Naikoten, Kupang.

Gelaran literasi keuangan Asuransi Sinar Mas kali ini juga lebih istimewa karena terdapat sesi "Direksi Mengajar Asuransi". 2 (dua) Direktur Asuransi Sinar Mas yaitu Martin P Lalamentik dan Dumasi M M Samosir turun langsung memberikan sharing mengenai asuransi.

"Pelajar menjadi salah satu sasaran peserta literasi keuangan ASM. Kami berharap dengan memberikan edukasi keuangan sejak dini, siswa dapat mengenal perencanaan keuangan dan cara mengelola keuangan seperti menabung dan memiliki proteksi asuransi," tambah Dumasi M M Samosir, Direktur ASM.

Edukasi dilakukan dengan metode story telling/bercerita mengenai asuransi untuk siswa SD serta presentasi asuransi dengan gimmick puisi untuk siswa SMP dan SMA.

"Selain edukasi, kami juga memperkenalkan asuransi mikro yang dapat digunakan untuk proteksi keuangan dari resiko yang tidak terduga. Kami berharap masyarakat dapat menjadikan asuransi mikro sebagai pilihan untuk proteksi keuangan keluarga," jelas Martin.

Asuransi Sinar Mas juga memberikan kartu asuransi mikro dan celengan impian bagi seluruh peserta secara gratis. 2.636 orang siswa mendapatkan asuransi simas siswa mikro sementara 169 guru mendapatkan simas perlindungan.

Sejak tahun 2015, Asuransi Sinar Mas telah memberikan literasi keuangan kepada 142.000 peserta, membagikan 102.000 kartu asuransi mikro secara GRATIS serta membagikan 25.000 Celengan Impian di berbagai wilayah.

"Pada tahun 2020, kami menargetkan membagikan 38.000 kartu asuransi mikro secara GRATIS kepada peserta literasi di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Nusa Tenggara Timur. Jenis asuransi disesuaikan dengan jenis peserta. Untuk siswa akan diberikan simas siswa mikro, untuk petani diberikan simas petani, sedangkan untuk guru dan pegiat UMKM diberikan simas perlindungan," ujar Dumasi.

Komitmen pelaksanaan literasi keuangan dari Asuransi Sinar Mas ini sejalan dengan semangat MenCINTAImu INDONESIAku yang menjadi tema dari kalender 2020 Asuransi Sinar Mas serta mendukung program OJK dan Kementerian Keuangan.

Simas siswa mikro merupakan asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam kepada peserta terhadap resiko kematian, cacat tetap dan biaya pengobatan akibat kecelakaan, santunan tunai harian untuk rawat inap akibat sakit/kecelakaan maks 7 hari, serta santunan biaya pemakaman akibat sakit/kecelakaan.

Sedangkan Simas perlindungan merupakan asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam terhadap resiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin polis dan memberikan penggantian biaya perawatan atau pengobatan medis akibat kecelakaan.

Celengan Impian adalah celengan sederhana yang diinisiasi oleh Asuransi Sinar Mas untuk mengedukasi masyarakat agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung agar dapat mewujudkan impiannya.

(rr/Syam)